Jangan Sampai Kamu Melupakan 7 Hal ini Menjelang Wawancara Kerja Pertama Kamu

Menjelang hari wawancara pertama kamu, kamu mungkin mengkhawatirkan beberapa hal. Tentang bagaimana dan apa yang terjadi, apa yang kan kamu katakan hingga apa hasilnya nanti.

Tentu saja banyak yang akan kamu siapkan menjelang hari yang menentukan itu. Sudah pasti kamu telah melakukan riset tentang calon tempat kerja kamu, bagaimana background sejarahnya, apa visi misi dan filosofinya dan sebagainya.

Kamu  juga sudah beberapa kali melakukan simulasi tanya jawab di depan cermin bukan? Melihat gestur dan bahasa tubuh kamu sendiri, megatur nafas dan ketenangan kamu selama waktu wawancara yang menegangkan.

Bahkan kamu telah menyiapkan pertanyaan untuk diajukan hingga baju baru yang tepat dan pas untuk hari H wawancara nanti. Namun, lupakah kamu untuk mempersiapkan 7 hal di bawah ini?

Jaga Dokumen Penting

pixabay.com

Pastikan semua dokumen penting yang diperlukan kamu jaga dengan baik. Simpan di dalam hardcase dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak ada satu pun dokumen yang terlipat. Cetak ulang dengan jumlah berlebih sebagai antisipasi.

Meskipun kamu sudah pernah mengirikan semua dokumen dalan bentuk hardfile atau softfile sebelumnya, membawa kembali dokumen penting yang pernah kamu kirim sebelumnya adalah cara yang cerdas untuk menunjukkan bahwa dirimu memang siap.

 

Cari Tahu Lokasi Wawancara

upload.wikimedia.org

Penting bagimu untuk memastikan lokasi wawancara, kalau perlu kamu bisa mendatangi lokasinya terlebih dahulu dan melakuan bincang singkat dengan petugas keamanan di lokasi tersebut.

Jangan ragu untuk mencari penginapan yang nyaman dan dekat dengan lokasi wawancara agar persiapan dan estimasi waktu kamu dapat maksimal. Jangan berikan kemungkinan keterlambatan pada hari yang peting besok.

 

Siapa Interviewer Kamu

en.kremlin.ru

Kamu bisa melakukan riset sederhana jika pihak perusahaan tidak memberitahukan siapa interviewer kamu nanti. Kamu mungkin bisa bertanya pada teman – teman kamu yang telah bekerja dan pernah menjalani wawancara kerja.

Sangat peting untuk mengetahui siapa yang akan mewawancarai kamu. Apakah pihak HRD, manager unit, atau bahkan pimpinan perusahaan setara jajaran direksi?

 

Kemampuan, Pengalaman dan Kapabilitasmu

freestockphotos.biz

Sebenarnya apa sih kemampuan terbaik kamu? Seberapa banyak pengalamanmu? Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan? Kamu harus meyakinkan diri kamu tentang kemampuan, pengalaman dan kapabilitas kamu sendiri.

Kalau kamu tidak mengenal betul tentang dirimu sendiri, bagaimana mungkin perusahaan dapat mengenal kepribadian, kemampuan, pengalaman dan kapabilitas kamu? Jadi, jangan lupa untuk mempelajari dirimu sendiri.

 

Jangan Sombong Atau Putus Asa

freestockphotos.biz

Jawab saja apa yang ditanyakan seperlunya, tidak perlu bertele – tele dan meluaskan bahasan seperti kala kamu menjadi mahasiswa yang haus akan diskusi. Kamu bisa menunjukkan penjelasan yang lebih luas jika interviewer memintamu untuk itu.

Jangan pula terlihat putus asa dengan menjawab pertanyaan tanpa antusiame. Tunjukkan bahasa tubuh yang confidence dan siap, perusahaan selalu menginginkan orang – orang yang penuh semangat. Jangan pernah terlihat putus asa.

 

Refresh Media Sosial Kamu

pixabay.com

Pada beberapa perusahaan, tim rekrutmen yang biasanya berisi orang – orang HRD atau konsultan psikologi independen kerap melakukan checking pada sosial media kamu.

Mereka ingin tahu apa latar belakang kamu, seperti apa pribadi kamu, bagaimana kamu bersikap di media sosial, apa komentar orang tentang kamu, seberapa sering kamu aktif di media sosial dan berbagai spesifik hal lainnya.

Jadi, bersihkan media sosial kamu dari berbagai hal yang kira – kira dapat menurunkan citra dan penilaian perusahaan terhadap dirimu.

 

Perhatikan Kesehatan Kamu

pexels.com

Karena padatnya dan kerasnya segala sesuatu yang kamu persiapkan, bisa jadi kamu melupakan hal krusial yang satu ini. Kesehatan menjadi teramat sangat penting karena hanya dalam kondisi sehat dan fit kamu dapat memberikan yang terbaik.

Jadi, makanlah teratur, jangan kurang minum air putih,bila perlu konsumsi vitamin dan suplemen kesehatan yang biasa kamu gunakan. Selamat mempersiapkan diri untuk hari wawancara pertama kamu nanti!

Leave a Comment