Fungsi dan Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat vitamin C adalah sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang dan sebagainya.
Kandungan vitamin C banyak ditemukan di buah-buahan dan sayur-sayuran. Senyawa pembentuk kolagen tersebut hanya satu dari sekian banyak manfaat yang dihasilkan dari vitamin C. Masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dengan mengonsumsi vitamin C. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa penjelasannya.

 

1

Melawan Kanker

tradisioanal-obat.blogspot.com
tradisioanal-obat.blogspot.com

Salah satu fungsi dari vitamin C adalah dapat melawan kanker. Bagi beberapa wanita yang rutin mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran, maka mereka memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah.

Bahkan, menurut penelitian mengenai fungsi dari vitamin C ini menyatakan bahwa vitamin C dapat berfungsi sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.

2

Memperbaiki Kulit

www.rumahku.com
www.rumahku.com

Kulit manusia membutuhkan antioksidan. Nah, vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak dimana antioksidan ini mampu untuk menetralisir radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dengan mengonsumsi vitamin C dengan campuran bahan lainnya dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, warna kulit, pigmentasi yang tidak merata, dan juga tekstur.

3

Meningkatkan Mood

cosmomom.net
cosmomom.net

Seseorang cenderung bad mood jika kekurangan vitamin C. Perubahan psikologis tersebut dikarenakan kekurangan vitamin C. Hal seperti ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C, seperti sayur-sayuran atau buah-buahan.

Menurut sebuah penelitian dari McGill University menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C sekitar 500 mg dua kali dalam sehari dapat pada pasien yang mengalami kekurangan vitamin C dapat memperbaiki suasana kondisi hati mereka. Bagi kamu yang suka gelisah, mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin C sangat dianjurkan.

4

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

jamutradisionalmujarab.com
jamutradisionalmujarab.com

Salah satu fungsi dari vitamin C adalah dapat menghilangkan aterosklerosis yang ada di dalam jantung. Apa itu aterosklerosis? Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana arteri jantung menjadi tebal. Hal ini menyebabkan aliran darah tidak lancar. Akibatnya adalah meningkatkan terjadinya serangan jantung.

5

Mengontrol Tekanan Darah

pedulisehat.info
pedulisehat.info

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya adalah darah tinggi. Karena tekanan darah tinggi ini dapat menyebabkan seseorang yang menderita penyakit darah tinggi mati mendadak. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin dengan dosis yang dianjurkan dapat mengontrol tekanan darah.

6

Mencegah Stroke

med-fom-millerresearch-med.sites.olt.ubc.ca/
med-fom-millerresearch-med.sites.olt.ubc.ca/

Pola diet dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu menangkal atau menekan penyakit kardiovaskular.

Namun, beberapa penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin C tinggi di dalam tubuh akan memiliki resiko terserang stroke lebih rendah, khususnya wanita, daripada mereka yang memiliki kada vitamin C di dalam tubuh rendah.

7

Mencegah Diabetes

egginfo.co.uk
egginfo.co.uk

Satu lagi manfaat dari mengonsumsi vitamin C, yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan dapat mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Oleh karena itu, bagi kamu yang suka dengan makanan camilan yang manis-manis, alangkah baiknya diganti dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

8

Mencegah Katarak

sumutpos.co
sumutpos.co

Apakah kamu memiliki permasalahan terhadap mata kamu? bagi kamu yang memiliki permasalahan tersebut, mungkin saja kamu kekurangan vitamin C. Untuk itu, perbanyak mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, dan sebagainya

Leave a Comment