5 Tips Bijak Mengatur Keuangan dari Li Ka Shing, Seorang Milyader Ternama dari Hong Kong

Seorang milyader pastinya sudah melewati berbagai macam ujian, cobaan, serta suka duka dalam perjalanan menuju puncak kesuksesan. Nah, berdasarkan pengalamannya tersebut pasti ada ilmu yang dimilikinya yang bisa dia bagikan kepada orang lain.

Seorang milyader asal Hong Kong bernama Li Ka Shing, memberikan lima tips bijak tentang pengelolaan keuangan untuk bisa mewujudkan membeli rumah dan mobil impian dalam waktu 5 tahun ke depan. Adapun inti dari tips tersebut adalah seseorang wajib hukumnya untuk membagi gajinya ke dalam lima bagian.

Lantas, hal apa sajakah yang termasuk ke dalam lima bagian tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bagian Pertama: Biaya Hidup

rri.co.id

Bagian pertama tentu adalah anggaran untuk biaya hidup. Intinya kamu harus makan seperti seharusnya. Makan 3 kali dalam sehari dengan lauk yang sesuai dengan kapasitas anggaran yang dimiliki. Jangan terlalu boros dan jangan pula terlalu pelit kepada diri sendiri.

Kalau kamu masih muda, gaya hidup seperti ini masih dapat diterapkan. Yang harus kamu ingat baik-baik ketika sukses nanti, kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Karena dengan kesehatan lah kamu bisa menikmati hasil jerih payah dari usahamu.

Bagian Kedua: Menjamu teman

aulizah.blogspot.com

Kesuksesan pastinya tidak bisa diperoleh tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, jalin hubungan baik dengan orang-orang disekitarmu. Misalkan dalam sebulan kamu menganggarkan biaya untuk menjamu teman.

Anggap uang yang kamu keluarkan adalah sebuah investasi, karena dengan hal sederhana ini kamu bisa makin dikenal baik dan bisa juga memperluas jaringan pertemanan kamu.

Bagian Ketiga: Pengembangan Diri

generasibiologi.com

Dengan pengeluaran yang kini harus semakin disiplin, kamu bisa mensiasatinya dengan membeli buku dalam sebulan untuk menunjang pengembangan diri serta karir kamu. Nggak perlu banyak-banyak, satu juga cukup asal memang buku itu sangat dibutuhkan.

Nah, kalau sudah beli jangan lupa untuk dibaca, dipahami, dan kemudian dipraktekkan sesuai dengan kehidupan yang sedang kamu alami. Selanjutnya kalau masih ada sisa uang, kamu bisa menghabiskannya dengan mengikuti workshop atau training yang menunjang pengembangan dirimu.

Bagian Keempat: Liburan

gptours.cc

Banyak orang yang menganggap sepele akan liburan. Namun ternyata, dengan mengalokasikan dana untuk liburan, maka secara tidak langsung kamu sudah menghargai dirimu sendiri atas kerja kerasmu selama sebulan full.

Selain atas apresiasi kepada diri sendiri, dengan berlibur maka bisa membuat semangat kamu semakin meningkat. Kemudian ide-ide cemerlang pun biasanya hadir ketika kita sedang berlibur. Jadi mulai dari sekarang, alokasikan dana kamu untuk berlibur ya.

Bagian Kelima: Investasi

financialtribune.com

Mulai dari sekarang, alokasikan dana khusus untuk berinvestasi. Tidak usah mulai dengan yang besar, untuk meminimaisir kerugian, kamu bisa mulai dari yang kecil. Kalau pun ditengah jalan kamu mengalami kerugian, jangan terlalu dianggap beban. Anggaplah hal ini sebagai ‘uang belajar’.

Jangan kapok untuk terus berinvestasi, yang penting kamu bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang sudah kamu perbuat. Dan ketika kamu mendapatkan untung, kamu akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk meraih keuntungan yang lebih banyak. Nah, jangan lupa juga setelahnya untuk menjalankan investasi jangka panjang.

Selain tips-tips yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga perlu bisa memilih mana antara kebutuhan atau keinginan. Ingat, semua keinginan yang terngiang di kepalamu bisa kami dapatkan saat sukses nanti.

Jadi, bersabarlah sebentar lagi dan teruslah bersungguh-sungguh untuk bisa mencapai puncak kesuksesan. Termasuk mendapatkan rumah dan mobil impian kamu.

Leave a Comment