5 Tips Sukses Berwirausaha Ala Siti Khadijah

Wahai sahabat insan, sudahkah engkau mengenal wanita berkarir yang sukses dalam agama islam? Pasti banyak yang mengenal dengan istri baginda kita Nabi Muhammad SAW, yang bernama Siti Khodijah. Istri yang pertama dan wanita pertama yang sukses di dalam karirnya.

Memang dalam kisahnya Siti Khodijah terlahir dari keluarga yang mampu, usahanya berada dibanyak teman, namun istri baginda ini tidak mau berdiam diri dan memfoya-foyakan usaha yang dirintis oleh keluarganya, seperti wanita yang ada di zaman ini.

Dan sepeninggal ayah dan ibundanya, Siti Khadijah mulailah melangkah untuk awal belajar berdagang, dan untuk mempertahankan usaha keluarganya. Bahkan Siti Khadijah mampu mensukseskan dan mengembangkan usahanya tersebut. Di bawah ini ada beberapa wasiat dari Siti Khodijah bagaimana cara sukses mengembangkan usahanya tersebut:

 

1

Mampu Mengelola Manajemen Wirausaha

sukseskampus.blogspot.com
sukseskampus.blogspot.com

Siti khadijah merupakan sesosok wanita yang mampu dalam mengelola manajemen dengan baik, dalam usahanya ataupun kemanusiaan. Bahkan istri baginda nabi Muhammad SAW, mengangkat seseorang untuk merintis usahanya.

Salah satunya merupakan suaminya sendiri Nabi Muhammad SAW yang menjadi seorang manajer penjualan serta investasi. Namun Siti Khodijah pun tetap mengawasi pekerjaan melalui orang kepercayaannya. Pengawasan ini membuat Siti Khadijah mampu mengoptimalkan baik dalam usahanya atau orang yang menjalankannya.

2

Dapat Melihat Peluang Usaha

clarendonregis.rs
clarendonregis.rs

Siti khadijah memiliki jiwa wirausaha, dan ini kemungkinan bakat yang diturunkan oleh ayahnya. Ayah beliau merupakan saudagar kaya dan dipelajarinya dari suaminya yang terdahulu. Mampu melihat peluang usaha merupakan jiwa wirausaha yang dimiliki oleh Siti Khadijah.

Bahkan istri baginda Nabi Muhammad SAW ini juga mengetahui peluang usaha di Mesir dimana letak Mesir yang strategis untuk menjalankan sebuah usahanya tersebut.

3

Dermawan

akbaralatas.com
akbaralatas.com

Siti Khadijah sendiri melanjutkan usaha keluarganya dengan niatan dan tujuan agar tidak menghabiskan harta keluarganya serta membuka usaha untuk orang lain. Niatan seperti ini bisa meningkatan perekonomian orang lain dengan begitu juga dengan perekonomian keluarganya sendiri. Sikap seperti inilah yang membuatnya terkenal dimata kaum Quraisy sampai-sampai Siti Khadijah dikenal sebagai sebutan At-Thahirah (Dermawan).

4

Amanah

serinco.co
serinco.co

Seseorang yang menjalankan wirausaha harus amanah, dimana hal ini akan bertujuan membuat orang percaya pada usaha yang kita jalankan dan dipertahankan selama ini. Begitu pula yang dilakukan oleh Siti Khadijah hingga usahanya itu terus berkembang pesat ke semua penjuru Mesir.

5

Jujur

jujur
www.legacy.com

Sosok wirausahawan sejati adalah harus jujur, dan jangan sekalli-kali berbohong. Karena hal seperti ini bisa merusak kepercayaan konsumen atau pelanggan. Jujur juga merupakan salah satunya kunci kesuksesan Siti Khadijah dalam menjalankan usahanya. Sehingga banyak orang yang berani berkerjasama untuk mengembangkan usahanya bersama beliau.

Baca Juga: Keutamaan dari Kejujuran

 

Leave a Comment