Teknik Wawancara yang Baik dan Benar

Ini! Teknik Wawancara Yang Baik dan Benar Dalam Penelitian Jurnalistik

Teknik wawancara adalah suatu teknik dalam mencari suatu informasi yang biasanya dilakukan oleh seorang wartawan. Wawancara dalam  berita merupakan suatu bagian yang penting dalam sebuah proses pencarian suatu berita. Maka karena itu, bagi seorang wartawan memang harus menguasai bagaimana teknik wawancara yang baik dan benar.

Wawancara berita sendiri merupakan suatu teknik atau juga keterampilan yang wajib untuk dimiliki oleh wartawan. Biasanya wawancara sangat sering di hubungkan dengan seseorang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

Dalam teknik wawancara berita setidaknya seorang jurnalistik/wartawan harus memiliki beberapa keterampilan dasar dalam wawancara, seperti:

  • Memahami akan maksud dan juga tujuan dari wawancara.
  • Menguasai sebuah topik dan materi dalam wawancara.
  • Mampu menata oraganisasi wawancara, termasuk juga waktu berlangsungnya wawancara.
  • Mampu mendeteksi kesesuaian dari hasil wawancara dengan sebuah proyeksi.
  • Berita yang hendak akan ditulis.

Teknik Wawancara yang Baik dan Benar Dalam Jurnalistik (Tips Wawancara Efektif)

Teknik Wawancara yang Baik dan Benar

Wawancara adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk menggali suatu informasi tertentu yang dibutuhkan dari salah seorang narasumber secara langsung. Dari seorang narasumber ini secara langsung akan memberikan sebuah informasi yang sedang kita butuhkan dan  tanyakan dengan perasaan senang hati dan dengan informasi yang sebenar- benarnya. Apabila kita mampu untuk melakukan sebuah wawancara dengan teknik yang baik dan benar.

Maka dari itu sebagai pembelajaran untuk anda yang akan melakukan sebuah wawancara. Berikut ini adalah teknik wawancara yang baik dan benar yang bisa saya rangkum dan bagikan kepada anda dari berbagai sumber yang ada:

1. Meminta Izin Kepada Orang yang Diwawancarai

Menghubungi atau meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang hendak kita wawancarai, apakah orang tersebut akan bersedia atau tidak bersedia untuk kita wawancara. Untuk menghubungi orang yang hendak kita wawancarai ini bisa dilakukan dengan cara langsung ataupun dengan cara yang tertulis. Seperti membuat surat permohonan untuk melakukan sebuah wawancara.

2. Mempersiapkan Pertanyaan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan wawancara persiapkan dahulu pertanyaan yang akan kita tanyakan kepada narasumber kita. Pertanyaan tersebut juga harus sesuai dengan topik pembahasan yang ingin kita dapatkan. Usahakan dalam pertanyaan-pertanyaan yang akan kita ajukan kepada narasumber itu singkat, padat dan jelas.

3. Memberi Kesan yang Baik Kepada Narasumber

Saat melakukan wawancara berikanlah kesan yang baik kepada narasumber. Seperti : datang dengan tepat waktu apabila melakukan sebuah perjanjian pertemuan pada suatu tempat, menyambut akan kedatangan narasumber dengan ramah, dan lain sebagainya.

4. Berpakaian yang Rapi dan Sopan

Sebagai menghormati dan menghargai narasumber pakailah pakaian yang rapi dan sopan agar si narasumber lebih merasa terhormat.

5. Perhatikan dan Tanggapi Pembicaraan Narasumber

Dalam melakukan wawancara perhatikan cara berbicara dan juga cara menanggapi sebuah pembicaraan dari narasumber supaya terlihat antusias dengan penjelasan dari narasumber. Dengarkan penjelasan dari narasumber dengan seksama dan dengan antusias, jangan sampai meminta narasumber untuk mengulang jawabannya.

6. Perkenalkan Identitas Diri

Jelaskanlah identitas diri anda atau perkenalkan diri anda terlebih dahulu supaya si narasumber menjadi merasa nyaman dalam berbicara dengan anda.

7. Jelaskan Tujuan Wawancara

Agar narasumber tidak merasa was-was dan curiga, jelaskanlah terlebih dahulu akan tujuan yang anda lakukan dalam wawancara.

8. Memulai Pembicaraan Dengan Pertanyaan Ringan

Untuk memulai wawancara, ajukan terlebih dahulu pertanyaan yang ringan dan umum. Namun pertanyaan yang memang tidak keluar dari topik pembahasan yang sedang anda inginkan.

9. Siapkan Alat Tulis

Jangan lupa untuk mesnyiapkan alat tulis atau alat perekam agar informasi yang didapat dari narasumber tidak mudah hilang.

1o. Hindari Pertanyaan yang Rumit

Hindarilah akan pertanyaan yang rumit dan juga berbelit- belit agar si narasumber tidak bingung dan supaya merasa nyaman.

11. Pandai-pandai Mengambil Kesimpulan

Ketika melakukan wawancara pandai- pandailah anda untuk mengambil suatu kesimpulan. Jangan mencatat akan semua jawaban dari narasumber. Pilihlah jawaban narasumber yang memang dirasa penting untuk laporan wawancara kita.

12. Ucapkan Terimakasih

Ucapkanlah terima kasih dan kalimat penghargaan yang lainnya setelah kegiatan wawancara selesai.

Demikianlah teknik wawancara yang baik dan benar yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Semoga teknik wawancara yang baik dan benar ini bisa bermanfaat bagi anda semua.
Terima kasih.

Leave a Comment