Teknik Dasar dalam Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas

Renang merupakan salah satu olahraga yang digemari semua kalangan, baik itu muda maupun yang sudah lanjut usia. Disamping renang adalah olahraga yang menyenangkan, renang juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu gaya yang masyhur dalam olahraga renang adalah renang gaya bebas. Renang gaya bebas ini pertama kali dilombakan secara resmi didalam sebuah perlombaan di London pada tahun 1844. Dalam standar olahraga renang, renang gaya bebas ini dilombakan di kolam berukuran 20 kali 50 meter yang masing-masing kolam terdiri dari 8 lintasan dengan kedalaman 180 cm.

Renang gaya bebas ini termasuk gaya renang yang sangat mudah untuk dipelajari, cara dasarnya adalah dengan meluncur pada permukaan air dengan posisi dada menempel permukaan air dan kepala masuk kedalam air dengan posisi badan dan kaki sejajar.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang teknik renang gaya bebas ini, berikut ulasan lengkapnya.

Teknik Renang Gaya Bebas

1. Posisi Tubuh

Dalam renang gaya bebas ini posisi tubuh secara keseluruhan harus sejajar dengan permukaan air atau dalam istilah ilmu renangnya Streamline.

2. Gerakan Meluncur

meluncur
via. youtube

Gerakan meluncur ini sebenarnya tidak hanya dalam renang gaya bebas, tetapi juga terdapat dalam gaya-gaya renang yang lain. Berikut cara melakukannya.

  • Berdiri ditepi kolam dengan posisi badan dibungkukkan kedepan dan tangan diluruskan.
  • Mulai melompat dengan sekuat-kuatnya dalam posisi badan tetap lurus.
  • Usahakan jangan mengambil nafas selama melakukan gerakan meluncur ini, ambillah nafas sesaat sebelum meluncur.
  • Lakukan secara berulang-ulang agar kemampuan mu meningkat.

3. Gerakan Kaki

Gerakan kaki ini mempunyai peran yang sangat penting dalam renang gaya bebas. Gerakan kaki dalam gaya bebas seperti ketika berjalan kaki. Gerakan ini dilakukan tepat setelah meluncur.

Kaki tetap lurus tidak boleh bengkok dengan gerakan awal dari pangkal paha. Jadi gerakan utama bukan dari lutut dan telapak melainkan dari pangkal paha, sehingga dorongan yang didapat sempurna dan lebih tahan lama dibanding dengan otot bawah lutut.

4. Gerakan Tangan

gerakan tangan

Sama halnya dengan gerakan kaki, gerakan tangan juga sangat berperan dalam mendorong tubuh ketika berenang.

Posisi awal tangan dalam berenang gaya bebas harus selalu lurus sejajar dengan tubuh. Kemudian gerakan tangan secara bergantian antara yang kanan dengan kiri. Gerakan yang dilakukan mirip dengan gerakan kaki ketika mengayuh sepeda.

Jadi tangan pertama ditarik kebawah sampai berada dibawah badan kemudian menekukan siku sampai tangan kembali ke posisi semula, setelah itu diikuti gerakan tangan kedua dengan gerakan yang sama.

5. Pernapasan

Teknik renang gaya bebas; dalam mengambil nafas ketika berenang sangat penting untuk dikuasai, karena ini menentukan seorang perenang dalam mengendalikan ketenangan.

Dalam gaya bebas teknik mengambil nafas dilakukan dengan cara memiringkan kepala ke kanan dan kiri hingga mulut diatas permukaan air.

Gerakan mengambil nafas ini dilakukan selalu bersamaan ketika tangan mendayung. Orang yang bukan atlet biasanya mengambil nafas setelah 3-4 kali mendayung, berbeda dengan seorang atlet renang yang rata-rata mampu mengambil nafas setelah 8 kali mendayung.

6. Kombinasi Tangan, Kaki dan Pernapasan

Setelah mengetahui gerakan masing-masing bagian tubuh secara terpisah, sekarang bagaimana menggabungkan semua gerakan tadi dalam satu kesatuan.

Pertama kali yang dilakukan dalam teknik renang gaya bebas setelah meluncur adalah gerakan kedua kaki keatas dan kebawah dengan penggerak otot pangkal paha.

Setelah itu, lakukan gerakan tangan secara bergantian seperti gerakan mengayuh atau mendayung. Setelah melakukan gerakan tangan secara berulang (sesuai kemampuan masing-masing), miringkan kepala ke kanan atau kiri untuk mengambil nafas.

Ingat, posisi tubuh harus selalu lurus, mulai dari kepala hingga kaki sejajar. Kemudian setelah mengambil nafas, hadapkan kembali kepala ke permukaan air dan hembuskan nafas. Lakukan secara terus menerus dengan urutan gerakan diatas.

Demikian ulasan tentang teknik dalam renang gaya bebas, semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment