50 Tanaman Hias yang Ada di Berbagai Negara

TANAMAN HIAS – Punya taman di rumah dengan tanaman hias yang mudah perawatannya merupakan salah satu idaman setiap orang. Namun, tidak semua orang dapat mewujudkan keinginan tersebut. Apalagi, tanaman yang ditanam di taman rumah memiliki harga yang sangat mahal, bahkan bisa dikatakan harganya tidak masuk akal.

Ada video keren dekorasi taman untuk bersantai, dengan tambahan tanaman hias. Ada 2 parts ya, check this out!

Terdapat beberapa tanaman hias yang memiliki harga yang sangat mahal dan hanya sedikit sekali orang yang mampu memiliki tanaman hias tersebut. Berikut beberapa tanaman hias termahal di dunia.

Bunga Lisianthus

anawalls.com
anawalls.com

Lisianthus merupakan tanaman hias yang memiliki kuntum bunga yang sangat halus dan warnanya beragam. Tanaman hias ini biasanya dihargai sekitar $15-$35 per tandan. Mungkin, harganya cukup mahal. Namun, kamu tidak akan menyesal untuk membelinya. Karena tanaman ini sangat indah dan cantik. Tanaman hias ini sangat cocok untuk menambah koleksi tanaman di halaman rumah kamu.

Lily of The Valley

stephenmorrisauthor.com
stephenmorrisauthor.com

Lily of The Valley adalah salah satu tanaman hias yang hanya bisa dipanen dalam kurun waktu setahun sekali. Salah satu tanaman hias ini biasanya hanya mekar di bulan Mei dan bunganya akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Bunga yang cantik ini biasanya dijual dengan harga diatas $50 dan akan mati setelah bunganya dipetik. Jadi, kita perlu berhati-hati ketika memetik bunga ini.

Bunga Gloriosa

wikimedia.org
wikimedia.org

Gloriosa merupakan salah satu tanaman hias terlangka di dunia. Bunga ini hanya dapat tumbuh di daerah Afrika. Proses pertumbuhan dan penyebarannya pun sangat sulit. Oleh sebab itu, tak heran jika bunga ini memiliki harga yang sangat mahal. Biasanya, bunga Gloriosa dijual dengan harga sekitar $10 per tangkai.

Bunga Hydrangea

fondecranhd.net
fondecranhd.net

Hydrangea memiliki sekitar 70-75 spesies yang tersebar di Asia dan Amerika. Namun, kebanyakan spesies tanaman ini tumbuh di negara yang ada di Benua Asia. Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi taman rumah kamu atau setidaknya untuk buket jika kamu berada di acara khusus. Bunga ini biasanya dijual dengan harga sekitar $6,5 per batang.

17th Century Tulip Bulb

lifeofbim.com
lifeofbim.com

Ketika kita mendengar nama bunga ini, kita mungkin akan merasa aneh dengan namanya. Namun, sebenarnya nama yang diberikan menjelaskan sejarah bunga ini. Pada tahun 1637, bunga langka ini memiliki harga 10.000 gulden. Harga yang sangat fantastis untuk sekuntum bunga. Kelangkaan dan keindahan yang dimiliki oleh bunga inilah yang menjadikan bunga tulip memiliki harga yang sangat mahal.

Bunga Saffron Crocus

kautahutak.blogspot.com
kautahutak.blogspot.com

Bunga Saffron Crocus merupakan bunga yang terlihat cukup sederhana, namun termasuk dalam jajaran bunga yang memiliki harga yang sangat mahal. Saffron Crocus biasanya ditanam untuk menghiasi taman dan dekorasi. Selain itu, bunga ini juga bisa berfungsi sebagai rempah-rempah dan bunga ini termasuk rempah-rempah yang paling mahal. Untuk mendapatkan bunga ini, kita harus mengeluarkan uang sekitar $1200 per pon.

Gold Kinabalu Orchid

pixgood.com
pixgood.com

Satu lagi bunga yang memiliki harga yang sangat mahal, yaitu Gold Kinabalu Orchid . Gold Kinabalu Orchid merupakan salah satu jenis bunga Anggrek. Gold Kinabalu Orchid merupakan bunga yang sangat langka dan hampir punah. Bunga ini hanya ditemukan di Taman Nasional di Malaysia. Karena kelangkaannya tersebut, bunga ini memiliki harga yang sangat mahal, yakni sekitar $6000 per potong.

Anggrek Shenzhen Nongke Orchids

samoe-interesnoe.ru
samoe-interesnoe.ru

Anggrek Shenzhen Nongke Orchids merupakan salah satu jenis bunga Anggrek yang memiliki harga yang sangat fantastis. Bunga ini pernah terjual di sebuah lelang yang diadaakan di China dengan harga sebesar lebih dari $200.000. Bunga tersebut memiliki umur sekitar 8 tahun.

Julia Rose atau Mawar Juliet

flowers-kid.com
flowers-kid.com

Julia Rose atau Mawar Juliet ini merupakan salah satu bunga yang paling langka di dunia. Tanaman ini membutuhkan waktu 15 tahun untuk dapat dimanfaatkan sebagai bunga hias. Pada tahun 2006, bunga Mawar Juliet ini terjual dengan harga $5,8 juta.

Bunga Kadupul

flickr.com
flickr.com

Bunga termahal di dunia saat ini masih disandang oleh bunga Kadupul. Bunga ini memiliki keindahan yang luar biasa, keunikan, serta mengeluarkan aroma yang menenangkan. bunga ini hanya dapat ditemukan di negara Sri Langka. Bunga ini hanya hidup beberapa jam saja setelah dicabut dan mengeluarkan aroma yang harum di malam hari.

Kamboja Adenium

www.jurnalasia.com
www.jurnalasia.com

Kamboja adenium merupakan tanaman hias yang berasal dari gurun pasir yang kering di daratan Asia Barat dan Afrika. Tanaman ini dinamakan adenium sesuai tempat asalnya yaitu dari daerah Aden ibukota Yaman. Di Indonesia sendiri bunga adenium disebut juga sebagai kamboja Jepang, walaupun tanaman ini bukan berasal dari negara Jepang.

Kamboja adenium memiliki batang yang besar dengan bagian akar yang bisa menyerupai umbi, sedangkan daunnya berbentuk kecil dan panjang. Akar adenium yang besar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan air. Kamboja adenium biasanya di jadikan bonsai dengan menampakkan akarnya yang besar sehingga membentuk bentuk-bentuk yang unik.

Kamboja adenium memiliki bunga yang bentuknya menyerupai terompet dengan 5 kelopak bunga. Adenium memiliki bunga dengan warna yang beragam sesuai dengan jenis atau varietasnya masing-masing. Adenium dibedakan menjadi dua jenis spesies, yaitu jenis asli dan jenis varietas yang dikembangkan untuk mendapatkan jenis bunga kamboja baru.

Kantong Semar (Nepenthes)

www.kapuaskab.go.id
www.kapuaskab.go.id

Kantung semar adalah jenis tanaman monotipik yang terdiri dari 130 spesies dan merupakan tumbuhan pemakan daging (karnivora). Dinamakan kantung karena tumbuhan ini memiliki sulur pada ujung daun yang membentuk seperti kantong, kantong tersebut digunakan sebagai perangkap untuk menangkap mangsa seperti serangga, semut, kodok dan hewan kecil lainnya.

Kantong semar memancing mangsanya dengan bau yang berasal dari dalm kantongnya, saat ada mangsa yang masuk ke dalam katong, secara otomatis kantong akan tertutup dan mangsa akan terperangkap di dalamnya. Kantong semar dapat tumbuh mencapai tinggi 15 hingga 20 meter dengan cara merambat. Tumbuhan ini memiliki habitat dengan spesies terbanyak adalah di pulau Sumatera dan Borneo.

Gelombang Cinta

www.indonetwork.co.id
www.indonetwork.co.id

Gelombang cinta adalah tanaman hias yan memiliki daun yang besar dengan pinggiran daun yang bergelombang. Tanaman gelombang cinta sempat populer pada tahun 2010 yang membuat harganya melonjak tinggi. Meskipun sekarang gelombang cinta sudah tidak sepopuler dulu, tapi keindahan daunnya masih menjadi primadona bagi sebagian orang. Akar tanaman hias ini mudah busuk bila mendapat banyak air, maka dari itu saat kamu menyiram tanaman ini, pastikan airnya langsung mengalir keluar pot.

Penyiraman yang baik adalah dilakukan setiap 3 kali sehari dengan media tanam menggunakan pakis cacah agar pertumbuhannya baik dan optimal. Gelombang cinta tidak bagus jika mendapat cahaya matahari secara langsung, lokasi yang bagus untuk meletakkan tumbuhan ini adalah di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa menambahkan paranet agar pertumbuhanya optimal.

Kaktus

www.bumikai-landscape.com
www.bumikai-landscape.com

Kaktus merupakan tumbuhan yang dapat bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang lama. Meskipun memiliki banyak duri, tanaman kaktus cukup digemari orang sebagai tanaman hias. Bentuknya yang unik dan perawatannya yang mudah adalah salah satu alasan mengapa tananam ini dijadikan tanaman hias. Kaktus biasa digunakan sebagai tanaman penghias ruangan, namun karena durinya yang tajam penempatan kaktuh harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Tanaman kaktus memiliki jenis yang beragam, mulai dari ball cactus (kaktus yang memiliki bentuk seperti bola) hingga kaktus mammillaria fraileana. Selain bentuknya yang berbeda-beda, setiap jenis tanaman kaktus memiliki keindahan dan keunikan sendiri-sendiri. Tanaman kaktus juga memiliki warna bunga yang bermacam-macam sehingga sangat pas untuk dijadikan tanaman hias di rumah.

Dendrobium Rantii

www.orchideenwlodarczyk.de
www.orchideenwlodarczyk.de

Dendrobium rantii merupakan tanaman anggrek hias yang berasal dari pulau Sulawesi. Dendrobium rantii memiliki bentuk bunga seperti bintang dan berwarna dasar putih dengan garis berwarna ungu di petal serta lidahnya. Bunga dendrobium memiliki ukuran yang relatif kecil yaitu sekitar 3 cm, dalam satu tanaman hias ini terdapat 3 hingga 4 tangkai dan dalam satu tangkai biasanya terdapat beberapa bunga.

Angrek dendrobium merupakan angrek yang cukup populer karena bentuknya dan warnanya yang indah. Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang dapat bertahan hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Anggrek dendrobium termasuk dalam anggrek golongan monopodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan pipih pada bagian atas. Dendrobium rantii sangat cocok dijadikan tanaman untuk menghiasi sudut-sudut rumah kamu.

Anthurium

commons.hortipedia.com
commons.hortipedia.com

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias terkenal lainnya semacam aglaonema, philodendron, keladi hias dan alokasia. Dalam keluarga Araceae, anthurium merupakan genus dengan jumlah jenis terbanyak.

Diperkirakan terdapat sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Di alam, biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel pada batang pohon. Biasa juga hidup secara terestrial pada dasar hutan.

Daya tarik utama dari anthurium yaitu bentuk daunnya yang unik, indah dan bervariasi. Daun biasanya berwarna hijau tua dengan urat serta tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat sosok tanaman ini terlihat kekar tetapi tetap memancarkan keanggunan ketika dewasa.

Tidak heran jika tanaman ini mempunyai kesan mewah dan eksklusif. Dimasa lalu, anthurium banyak digunakan untuk hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon tanaman ini dipuja sebagai tanaman para raja.

Aglaonema

selasar.com
selasar.com

Aglaonema, sri rejeki atau chinese evergreen merupakan tanaman hias terkenal dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini yaitu di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik di areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

Tanaman hias  ini memiliki akar serabut dan batang yang tidak berkambium (berkayu). Daun menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Sekarang berbagai jenis Aglaonema hibrida sudah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan berbagai jenis bentuk, warna dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami.

Puring

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Puring (Codiaeum variegatum), puding atau kroton yaitu tanaman hias pekarangan terkenal yang berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Beragam kultivar sudah dikembangkan dengan variasi warna dari kuning, ungu, jingga, hijau, merah serta campurannya.

Bentuk daunnya juga bermacam-macam seperti memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya “terputus-putus” dan lain sebagainya.

Secara botani, puring merupakan kerabat jauh singkong dan kastuba. Ciri yang sama yaitu batangnya menghasilkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang merupakan ciri khas suku Euphorbiaceae.

Puring berasal dari Kepulauan Nusantara tetapi kini sudah tersebar di seluruh daerah tropika dan subtropika, serta menjadi salah satu simbol turisme.

Philodendron

philodendron pernellgerver.com
philodendron pernellgerver.com

Philodendron merupakan sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang memiliki beragam spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo (“cinta”) dan dendron (“pohon”). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disenangi untuk tanaman penghias ruangan atau taman.

Philodendron merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Umumnya tumbuh di tempat-tempat yang lembap, di rawa, di tepi sungai, maupun di pinggir jalan. Banyak anggotanya yang hidup merambat di tumbuhan lain dengan bantuan akarnya.

Sansevieria

universalfloral.com
universalfloral.com

Sansevieria atau lidah mertua merupakan marga tanaman hias yang cukup terkenal sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria mempunyai daun keras, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tidak saja sebagai tanaman hias, namun juga mempunyai fungsi sebagai penyubur rambut, mengobati diabetes, wasir hingga kanker ganas.

Sementara seratnya dipakai sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera dipakai untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera mempunyai keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzeneformaldehyde dan trichloroethylene.

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yakni jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm.

Jenis yang panjang mempunyai daun meruncing seperti mata pedang, oleh karena itu ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Bunga Dahlia

Bunga Dahlia
laksometros.blogspot.com

Dahlia merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki proses perkembang-biakan terlambat daripada bunga-bunga lainnya. Kini, bunga dahlia sudah terdiri atas beberapa kultivar, bahkan ratusan.

Tanaman dahlia sebagian besar memproduksi bunga berwarna cerah serta mempesona. Tak heran jika bunga dahlia ini menjadi komoditas utama bagi para pelaku industri tanaman pot dan pot bunga.

Sama halnya dengan merawat tanaman hias lainnya, bunga dahlia nampaknya mudah ditanam dan berkembang biak. Kamu bisa menambah jumlah bunga tersebut dengan melakukan stek batang, pemisahan anakan atau memberi biji dan umbi di sekeliling tanaman.

Agar lekas berbunga, bibit yang telah ditanam disiram secara rutin yakni dua bulan sekali.

Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara
flickr.com

Salah satu ciri khas dari tanaman ini terdapat pada daunnya yang tersusun menyirip berselingan berbentuk bulat layaknya sebutir telur. Bunga tapak dara lebih cocok untuk di daerah terbuka, namun bukan berarti tanaman ini sulit tumbuh di daerah terlindung dan tertutup pula.

Tidak perlu perawatan secara khusus untuk merawat tanaman hias tapak dara. Cukup diberi pupuk lalu disiram secara rutin maka bunga akan mekar dengan sendirinya. Gunakan pupuk kandungan nitrogen tinggi pada saat awal pertumbuhan bunga tapak dara.

Kemudian gunakan pupuk berfosfor tinggi jika tanaman ini mulai berbunga. Hal ini disarankan agar tanaman hias tapak dara dapat merangsang proses pembungaannya secara cepat dan lancar.

Bunga Kemuning

Bunga Kemuning
wikimedia.org

Bunga Kemuning adalah salah satu tanaman hias yang memproduksi bau wangi tajam, khususnya pada malam hari. Bunga yang bernama latin murraya paniculata ini merupakan hasil tiruan dari bunga melati yang tidak hanya sekedar harum.

Selain digunakan untuk mengihiasi pekarangan yang ada di rumah, bunga kemuning biasanya juga dimanfaatkan pada saat acara perkawinan untuk mendukung daya tarik terhadap dekorasi.

Bunga kemuning cocok untuk di tanam pada bagian halaman depan rumah seperti taman dan teras. Karena pada hakikatnya tanaman hias ini sangat menyukai cahaya dari sinar matahari.

Sama seperti tanaman hias pada umumnya, perawatan bunga kemuning hanya perlu diberikan pupuk lalu disiram sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, tanaman ini akan selalu sehat dan berbunga.

Bunga Melati

Bunga Melati
manfaat.co.id

Jika dibandingkan dengan mawar dan kamboja jepang, bunga melati justru kalah saing dalam tingkat popularitasnya. Padahal jika kita lihat, bunga melati justru tidak kalah saing dari segi keindahannya dengan bunga lain apabila dijadikan sebagai tanaman penghias rumah.

Bahkan, baunya yang wangi pun bisa kamu manfaatkan sebagai alternatif dari pewangi ruangan alami.

Melati akan menghasilkan bunga jika dirawat secara baik dan rutin selama 8 bulan. Berbeda halnya jika perawatan bunga melati dilakukan secara asal-asalan, tentu tanaman ini akan memproduksi bunga yang jauh lebih lama dari biasanya.

Bunga melati akan tetap berbunga sampai 3 bulan lamanya meskipun terkadang jumlahnya akan semakin menurun secara perlahan.

Cemara Norfolk

Cemara Norfolk
sanctuarysoil.com

Dalam bahasa latin, Cemara Norfolk diartikan denganama Araucaria Heteropylla. Tanaman ini masuk dalam keluarga Araucaraceae yang berasal dari Kepulauan Norfolk di New Zealand.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dari pembuatan kosmetik.

Jika kamu mempunyai tanaman hias ini, usahakan untuk merawatnya di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung.

Cukup dengan melakukan penyiraman serta pemupukan secara teratur pada Cemara Norfolk, maka dapat dipastikan kondisi tanaman akan berangsur membaik secara keseluruhan.

Kalau suka dengan bunga dan juga tanaman hias mungkin kamu suka dengan bunga-bunga ini. Bunga cantik yang memiliki warna dan bentuk yang indah. Pemeliharaannya pun nggak terlalu sulit, bahkan cenderung mudah lho.

Dari pada banyak basa-basi mending lihat aja yuk beberapa jenis tanaman hias yang memiliki bunga yang indah dan mudah perawatannya.

Melati

lelietjevandalen.blogspot.com
lelietjevandalen.blogspot.com

Melati merupakan bunga yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, jenis melati putih (Jasminum sambac), ditetapkan menjadi salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan anggrek bulan dan Rafflesia arnoldii.

SPONSORED LINK: Jual Pupuk Organik

Melati memiliki bunga berwarna putih dan baunya sangat harum. Tanaman melati ini sangat mudah perawatannya dan paling tahan terhadap hama. Karena termasuk jenis tanaman perdu, melati tidak memerlukan perawatan khusus. Bisa ditanam di halaman atau di dalam pot. Kamu hanya perlu melakukan pemangkasan untuk merapikan rantingnya dan juga menjaga agar ukurannya tidak terlalu besar.

Bougenville

mariahardayanto.blogdetik.com
mariahardayanto.blogdetik.com

Bougenville sering juga disebut sebagai bunga kertas karena memiliki kelopak yang seperti kertas. Bougenville berasal dari Amerika Selatan. Tapi, kita mudah menjumpainya di Indonesia karena tanaman yang satu ini dapat dengan mudah berkembang di kawasan yang beriklim tropis. Perawatannya pun cukup mudah, nggak perlu perlakuan khusus untuk menanamnya.

Asoka

tenagadalam.org
tenagadalam.org

Asoka ini sebenarnya bukan bunga asli Indonesia lho. Waktu kecil pasti kemu pernah tuh memetik bunganya dan mencari yang manis-manis di dalamnya.

Bunga yang nama ilmihanya adalah Saraca indica ini perawatannya cukup mudah. Tanamannya mampu hidup dengan baik ditempat yang terik sekalipun. Kalau tempatnya teduk jangan tanya lagi, pasti tumbuh juga dengan baik.

Ada jenis asoka yang dapat memiliki berbagai macam warna dalam satu pohon. Pasti cantik banget tuh, satu tanaman warna bunganya bermacam-macam, seperti pelangi.

Kembang Sepatu

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Kembang sepatu ini dapat tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tapi, terdapat satu permasalahan, tanaman ini dapat tumbuh besar. Jadi, penanaman kembang sepatu pada pot lebih dianjurkan, agar dapat dikendalikan pertumbuhan dan juga ukuran tanamannya.

Walaupun bernama kembang sepatu, tanaman hias bunga ini bentuknya nggak mirip sama sepatu lho. Ya, hampir sama seperti bunga-bunga pada umumnya. Kembang sepatu memiliki nama latin Hibiscus rosasinensis, kalau di daerah Melayu sering disebut bunga raya, sedangkan di Jawa disebut worawari.

Kemuning

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Kemuning memiliki bunga yang tidak terlalu besar, dengan warna bunga putih dan mempunyai bau yang harum. Bunga kemuning merupakan tanaman hias yang tahan panas pada kadar panas matahari yang cukup.

Kenanga

nimadesriandani.wordpress.com
nimadesriandani.wordpress.com

Bunga kenanga merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Kenanga memiliki nama ilmiah Cananga odorata dan ditetapkan menjadi tanaman identitas Provinsi Sumatera Utara.

Kenanga memiliki kelopak bunga berwarna kuning, walaupun sebelumnya kelopak berwarna hijau. Untuk membudidayakan tanaman yang berbau harum ini tidaklah sulit, perawatannya pun cukup mudah.

Alamanda

alampedia.blogspot.com
alampedia.blogspot.com

Alamanda adalah salah satu tanaman bunga yang pemeliharaannya cukup mudah. Tanaman hias daun ini tumbuh secara bergerombol dan berkembangnya sangat cepat. Alamanda biasanya ditanam dalam pot agar mudah untuk dipindahkan.

Alamanda yang ada di Indonesia yang paling populer adalah dari spesies Allamanda cathartica. Bunga ini sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning atau golden trumpet.

Bunga alamanda berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Meskipun tidak memiliki bau harum, bunga ini mempunyai warna kuning yang sangat indah. Selain itu, ada juga beberapa jenis yang warna berbeda.

Amarilis

dewi11ipa5.wordpress.com
dewi11ipa5.wordpress.com

Amarilis adalah salah satu jenis tanaman yang paling mudah berbunga dan memiliki varian warna bunga bermacam-macam. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah yang tidak terkena panas matahari secara langsung.

Penggemar amarilis akan menanam bunga ini pada sebuah pot. Penanaman dalam pot tersebut bukan tanpa alasan ya, amarilis dipercaya dapat mengusir nyamuk atau serangga lain. Sehingga, ketika ditanam dalam sebuah pot, maka akan mudah untuk dipindahkan ke daerah lain.

Bunga Euphorbia

wikimedia.org
wikimedia.org

Bunga Euphorbia merupakan bunga yang cantik nan indah dan mempunyai banyak duri di bagian batangnya. Nama ilmiah bunga yaitu Euphorbia milii Ch.des moulins.

Biasanya bunga euphorbia ini digunakan untuk tanaman hias di halaman rumah maupun ditanam didalam pot untuk menghiasi teras rumah. Bunga Euphorbia ini merupakan kategori tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak air dan lebih menyukai sinar matahari penuh.

Bunga Euphorbia berasal dari pulau Madagaskar. Ciri-ciri bunga ini yaitu mempunyai cukup banyak duri, memiliki kelopak yang kecil, dan memiliki beragam jenis warna yaitu pink, merah, putih dan lain-lain.

Cara perawatan bunga Euphorbia ini tergolong mudah, yang harus diperhatikan yaitu media tanamnya jangan mengandung banyak air misalnya dengan cocopeat atau serbuk kulit kelapa, sekam bakar, kotoran hewan, dan pasir yang butirannya agak besar. Teknik penyiraman dilakukan satu kali dalam sehari bisa pagi hari atau sore hari.

Bunga Aster

gardeningknowhow.com
gardeningknowhow.com

Bunga Aster merupakan bunga yang cantik dan memiliki aneka ragam warna. Diantara jenis warna bunga Aster yang paling banyak disukai adalah warna ungu dan bunga ini paling banyak ditanam dipekarangan rumah.

Bentuk dan ukuran bunga Aster ini sepintas terlihat mirip seperti bunga matahari. Ciri bunga Aster ini yaitu bentuknya melingkar, atau seperti bintang, dan memiliki mahkota banyak yang terpisah.

Selain berguna sebagai tanaman hias, bunga Aster ini juga memiliki manfaat, diantaranya yaitu dapat mengusir berbagai macam serangga karena bunga ini memiliki kandungan zat pyrethrin. Zat ini biasanya digunakan sebagai campuran bahan pada obat nyamuk bakar. Sehingga jika Anda menanam bunga ini di rumah Anda maka bunga Aster dapat berguna sebagai pengusir nyamuk secara alami.

Bunga Ashar

wikimedia.org
wikimedia.org

Bunga Ashar yang lebih dikenal dengan sebutan bunga pukul empat atau Four o’clock plant, dengan bahasa ilmiah Mirabilis Jalapa L. Walaupun bunga Ashar ini bukan merupakan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari negara Meksiko, akan tetapi bunga Ashar ini telah ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung.

Dinamakan bunga Ashar atau bunga pukul empat karena rutinitas bunga ini yang selalu mekar waktu sore hari atau sekitar pukul empat. Sehingga pada jaman dulu masyarakat daerah Lampung menggunakannya sebagai tanda masuknya waktu sholat Ashar. Karena itulah bunga Ashar ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah maupun di surau.

Bunga Matahari

all4desktop.com
all4desktop.com

Bunga Matahari adalah jenis tanaman hias yang mempunyai bunga berbentuk besar nan indah. Bunga Matahari ini mempunyai nama latin Helianthus annuus L yang merupakan diantara tanaman semusim yang termasuk dalam jenis kenikir-kenikiran. Bunga Matahari ini biasanya ditanam dipekarangan rumah atau di taman-taman sebagai tanaman hias.

Bunga Matahari memiliki warna kuning yang terang, dengan kepala bunga besar (diameter hingga mencapai 30 cm). Bunga ini merupakan bunga majemuk, yang terdiri dari ratusan sampai ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Ciri tanaman hias ini memiliki bunga berwarna kuning cerah dan selalu menghadap kearah matahari. Tanaman hias bunga Matahari ini di Perancis dikenal dengan sebutan pengelana matahari. Selain itu, di Negara Amerika Serikat dan Ukraina bunga Matahari merupakan bunga Nasional.

Selain sebagai tanaman hias bunga Matahari ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil minyak dan bijinya dapat diolah sebagai makanan yaitu kwaci.

Bunga matahari tumbuh di tanah yang subur dan hangat. Tanaman hias ini menyukai cuaca yang cerah. Mengingat asalnya, tanaman hias ini sangat cocok ditanam di tempat dengan iklim subtropik.

Lidah Buaya

necturajuice.com
necturajuice.com

Tanaman lidah buaya yang memiliki nama latin Aloe Vera merupakan tanaman yang terkenal memiliki fungsi sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit.

Tanaman yang sudah terkenal sejak ribuan tahun yang lalu merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah Afrika.

Seiring berkembangnya zaman, maka para pakar telah mengembangkan manfaat tanaman lidah buaya sebagai bahan kosmetik, farmasi, dan bahan makanan serta minuman.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, di dalam lidah buaya terdapat kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantarnya polisakarida, mineral, vitamin, asam amino, enzim dan berbagai bahan lainnya.

Lidah buaya merupakan salah satu dari 10 tanaman terlaris di dunia dengan berbagai macam potensi yang baik bagi perkembangan industri dan farmasi.

Di negara India, masyarakat di sana terbiasa mengkonsumsi lidah buaya sebagai makanan ringan dan kosmetik secara alami.

Penyakit-penyakit kulit seperti jerawat dan komeda bisa diatasi hanya dengan penggunaan lidah buaya secara konsisten.

Cara yang dilakukan pun cukup mudah, yakni hanya mengupas kulit daun lidah buaya, kemudian diambil lendirnya, yang mana kemudian lendir tersebut diusapkan dibagian kulit wajah yang memiliki masalah.

Lidah buaya juga mengandung bahan-bahan penting lainnya seperti asam folik, asam ini berfungsi melindungi kekebalan tubuh manusia serta memberikan kesehatan tubuhdan melindunginya dari serangan infeksi kulit.

Dengan banyaknya manfaat dari lidah yang dapat kita ambil, rasanya sangat aneh apabila kita hanya memanfaatkannya sebagai penguat rambut, mengingat begitu banyaknya manfaat lain yang dapat kita ambil.

Spider Plant

www.thetreecenter.com
www.thetreecenter.com

Tanaman spider plant atau yang biasa disebut Chlorophytum comosum merupakan tanaman herbal yang berasal dari negara Afrika dan tropis lainnya.

Saat ini spider plant merupakan tanaman favorit indoor diantara masyarakat, hal ini disebabkan karena daun spider plant memiliki corak yang indah dan unik namun memiliki masa hidup yang baik dan mudah.

Selain biasa hidup di dalam rumah, ternyata tanaman ini juga kuat hidup di luar dengan keadaan terik matahari yang menyinarinya sepanjang hari. Selain itu tanaman ini juga bisa di letakkan pada pot gantung.

Sirih Gading

blog.umy.ac.id
blog.umy.ac.id

Tanaman Sirih Gading atau yang memiliki nama ilmiah Araceae merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai penghias ruangan dan halaman rumah.

Tumbuhan ini memiliki ciri daunnya memiliki warna kuning cerah atau kuning pucat, apabila merambat di batang pohon, maka dia akan memiliki daun yang besar dan lebar, sehingga menutupi batang pohon yang dia rambati, namu jika ditanam di media pot maka dia akan memiliki daun yang kecil.

Sirih Gading memiliki keunikan lainnya, yaitu jika pangkal batangnya dicelupkan ke air, maka potongan cabangnya akan memiliki hidup yang lama.

Sirih gading merupakan salah satu tanaman yang mampu bertahan hidup dengan baik jika diletakan pada media air putih.

Tanaman ini biasa digunakan sebagai dekorasi dan hiasan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, reuni, perpisahan, maupun wisuda.

Dragon Blood

www.reddit.com
www.reddit.com

Pohon dragon blood atau yang lebih dikenal dengan nama latin dracaena cinnabari merupakan pohon yang berasal dari kepulauan Socotra.

Penamaan pohon ini dengan juluka dragon blood disebabkan adanya getah merah yang diproduksi olehnya.

Biasanya getah merah ini bermanfaat sebagai obat dan pewarna alami.

Di negara-negara Barat, getah dari pohon dragon blood biasa digunakan sebagai pewarna alat-alat musik, seperti biola.

Bunga Krisan

bunga krisan
flowerian.com

Bunga krisan atau dikenal juga dengan bunga seruni tersebut mempunyai nama latin ialah krisantemum. Bunga krisan merupakan jenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias dipekarangan atau sebagai bunga petik.

Bunga krisan merupakan bagian dari tumbuhan bersuku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang melingkupi berbagai macam jenis Chrysanthemum.

Bunga tersebut merupakan bunga nasional di negara Jepang, dalam bahasa jepang sendiri dikenal dengan sebutan kiku. Bunga krisan yang menebarkan aroma wangi, di Jepang sering digunakan sebagai campuran kedalam secangkir agar menghasilkan teh yang lebih wangi dan nikmat.

Rhododendron

rhododendron
www.rhodoland.nl

Bunga Rhododendron aslinya berasa dari Jepang, Cina dan Amerika. Bagi para pecinta bunga rhododendron, bunga Azalea, bunga Saliyah, atau bunga Kadudampit tersebut merupakan bunga yang sangat familiar.

Masih jarang sekali yang mengetahui bahwa di Indonesia mempunyai banyak spesis dari bunga Rhododendron yang tumbuh secara endemik bahkan juga bisa dibilang tumbuh alami dibeberapa daerah.

Bunga unik tersebut hanya dapat tumbuh pada cuaca dingin, karena di Indonesia sendiri tumbuhan tersebut tumbuh secara alami di daerah puncak-puncak gunung seperti bunga edelweis.

Rodhodendron juga merupakan genus tanaman bunga dengan 800 lebih jenis spesies baik alami maupun hibrida. Bentuk pohon Rodhodendron seperti semak dengan ketinggian rata-rata dibawah satu meter, walaupun memiliki spesies yang dapat tumbuh hingga 30 meter dan berdaun kecil berwarna hijau.

Bunga Rodhodendron mempunyai daya tarik ialah memiliki aneka warna sesuai dengan spesies-spesiesnya. Struktur bunganya juga sangat cantik dan tahan rontok hingga kurang lebih satu minggu walalupun sudah dalam keadaan dipotong.

English Ivy

english ivy
www.parkswholesaleplants.com

Akhir-akhir ini terdapat beberapa peneliti dari The Ohio State University menyatakan hasil penelitian terkait senyawa bioadesif yang dihasilkan oleh tanaman English Ivy.

English Ivy merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai pembersih udara, karena kemampuannya dalam menghilangkan bermacam-macam senyawa beracun yg terdapat di udara.

Namun, pada umumnya English Ivy lebh terkenal dari fungsinya yang biasa digunakan sebagai hiasan dinding rumah atau bangunan dengan cara menempel pada permukaaan dinding.

Kelebihan English Ivy dapat melekat dengan kuat pada permukaan dinding itulah membuat ilmuwan dari The Ohio State University yaitu Mingjun Zhang, uuntuk meneliti lebih dalam lagi mengenai senyawa bioadesif yang dihasilkan oleh tanaman merambat tersebut.

English Ivy telah memikat hati Mingjun Zhang pada saat melihat betapa kuatnya tanaman English Ivy melekat pada permukaan dinding, bahkan walaupun diterpa angin yang kencang.

Agar dapat melekat dengan kuat dipermukaan dinding, tanaman English Ivy memproduksi senyawa bioadesif yang pada utamanya adalah suatu protein berinteraksi dengan pektin. Lalu diperantarai oleh mineral kalsium.

Senyawat tersebut dikeluarkan oleh English Ivy berbentuk cairan seperti gelatin yang bisa menyebar dipermukaan dinding.

Pada saat komponen air menguap, maka ikatan kimia antara senyawa bioadesif protein dengan permukaan dinding terbentuk sehingg tanaman English Ivy dapat melekat disana.

Tidak hanya permukaan dinding saja, namun senyawa tersebut juga dapat melekat diberbagai macam permukaan, seperti jembatan.

Lili Paris

lili paris
tukangtamankaryaalam.blogspot.com

Lili paris merupakan nama dari tanaman hias yang berjenis semak biasa digunakan sebagai material pembuatan taman dan dalam pengggunaanya sebagai tanaman semak, baik untuk tujuan border maupun listing.

Tanaman tersebut sebenarnya sangat mudah untuk dirawat, dan mempunyai nilai artistik sangat menarik, sehingga banyak sekali digunakan oleh para desainer taman ataupun tukang kebun dalam pembuatan taman.

Bunga Kenop

bunga-kenop

Bunga kenop adalah tanaman hias yang sangat spesial.

Tanaman ini berasal dari benua Asia, dan tumbuh pada lingkungan tropis di ketinggian kurang dari 1400 Mdpl.

Bunga kenop sangat spesial karena fungsi dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Selain sebagai tanaman hias, bunga ini mampu mengobati beberapa penyakit-penyakit pada tubuh manusia, seperti: asma bronchial, disentri, bronchitis kronis, radang pernafasan, dan penurun panas pada anak.

Tanaman ini memiliki beberapa ciri khas pada bagian bunga dan daunnya, di antaranya adalah:

  • Daun yang berbentuk bulat (telur) sungsang dengan ujung meruncing, dan
  • Bunga yang berbentuk bonggol dengan warna ungu

Tidak sulit membedakan bunga kenop dengan tanaman hias lainnya, karena keunikan-keunikan di atas.

Namun begitu, walaupun tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Anda bisa mendapatkan bibit tanaman ini dengan cukup mudah dan murah, yakni berkisar antara Rp. 1000 s/d Rp. 1.500 per biji bibitnya.
Bagaimana, tertarik untuk menanam tanaman ini di rumah Anda?

Jengger Ayam

bunga-jengger-ayam

Tanaman hias berikutnya adalah Jengger Ayam atau disebut juga Jawer Hayam di sebagian wilayah Jawa.

Tanaman Jengger Ayam termasuk ke dalam jenis tanaman tahunan, atau hanya tumbuh di musim-musim tertentu saja.

Tanaman ini menjadi menarik karena bentuk dan mafaatnya bagi tubuh manusia.

Kalau Anda perhatikan gambar di atas, maka Anda pasti setuju kalau bentuk bunga dari tanaman ini mirip seperti jengger ayam.

Lebih dari itu, tanaman cantik ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat tanaman Jengger Ayam untuk kesehatan:

  • Menjernihkan mata
  • Menghentikan pendarahan (mimisan, muntah darah, dll)
  • Menyembukan keputihan, dan
  • Mengobati penyakit disentri

Hebat bukan? Selain itu, tanaman Jengger Ayam juga terbukti dapat menghentikan pendaran pada rahim akibat menstruasi, ataupun pasca melahirkan.

Kalau Anda tertarik untuk menanam tanaman ini, Anda bisa mendapatkan bibit Jengger Ayam dengan mudah baik offline maupun secara online.

Toko-toko besar seperti Tokopedia dan Bukalapak juga menyediakan bibit tanaman ini.

Biasanya, mereka menjual bibit Jengger Ayam dengan harga paket, yakni Rp. 10.000/  satu paket (10 bibit).

Bunga Seroja

bunga-lotus

 

Tanaman hias yang tidak kalah dari tanaman-tanaman di atas lainnya adalah tanaman Bunga Lotus.

Bunga Lotus atau Bunga Seroja adalah tanaman hias favorit berbagai negara.

Tanaman ini memiliki nama latin Nelumbo Nucifera dan termasuk kedalam ordo Proteales.

Salah satu yang paling berkesan dari tanaman ini adalah bentuk dan warna bunga nya, yang sungguh indah dan sejuk dipandang.

Coba Anda perhatikan sekilas gambar di atas.

Bentuk kelopak terbuka yang menyerupai mahkota, berpadu dengan warna kuning keemasan.

Sungguh menyejukan bukan!?

Kalau dilihat sekilas, bunga dari tanaman Seroja memiliki bentuk yang cukup mirip dengan bunga dari tanaman Teratai.

Bahkan di Indonesia, orang sering menyamakan antara bunga teratai dengan bunga lotus. Padahal keduanya berbeda.

Agar lebih jelas.

Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini.

bunga-teratai

Tanaman Seroja tidak lah sama dengan tanaman Teratai.

Bahkan keduanya berasal dari kingdom atau kerajaan tanaman yang berbeda.

Secara genus atau marga, tanaman Seroja berasal dari genus Nelumbo yakni marga tanaman akuatik dengan ukuran lebar.

Sedangkan tanaman Teratai berasal dari genus Nymphaea atau marga tanaman akuatik yang relatif kecil, dan biasa dijadikan penghias akuarium.

Selain itu, bentuk fisik dari ke dua tanaman ini juga berbeda.

Tanaman Seroja memiliki tangkai pada bagian bunga, sedangkan Teratai cenderung menempel pada bagian atas daunnya.

Cukup jelas ya!?

Crossandra

tanaman hias crossandra
en.wikipedia.org

Tanaman-tanaman hias ternyata banyak juga yang berasal dari benua Afrika. Seperti tanaman hias bernama Crossandra ini. Tanaman hias jenis rambat yang masih family acantaceae ini dikenal juga dengan sebutan Firecracker flower. Asalnya dari daerah Afrika Timur dan Mozambik.

Pengelolaan tanaman ini cukup mudah. Cukup menyediakan tanah yang gembur serta lembab, dan cukup terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari disini berfungsi untuk mendorong atau menstimulasi pertumbuhan bunga. Jadi semakin terkena matahari, maka akan merangsang tumbuhnya bunga lebih banyak.

Media pot sangat direkomendasikan untuk tanaman Crossandra ini, sehingga sangat cocok bagi kamu penyuka tanaman hias untuk ditanam di pot. Tanaman hias Crossandra mampu mencapai pertumbuhan hingga 1 meter dan mampu tumbuh dengan baik di kisaran suhu 55 derajat.

Untuk perawatannya sendiri juga tergolong simpel. Jika menginginkan bunga tanaman Crossandra ini bertahan lama, maka dapat dilakukan pemangkasan atau membuang bagian tanaman yang dirasa sudah lama berbunga atau membuang bagian yang telah habis masa mekarnya.

Tanaman Crossandra seringkali berfungsi sebagai display plant. Dengan warna kuning cerah pada bagian bunganya yang berbentuk unik, mirip seperti corong. Maka aturlah sedemikian rupa dengan memainkan warna dan mengkombinasikan tanaman satu dengan tanaman lain agar tampilah terlihat lebih menarik.

Genjer (limnocharis flava)

tanaman hias genjer
thebiggestplantdictionary.blogspot.com

Tanaman genjer yang bernama latin limnocharis flava pada mulanya dikategorikan sebagai satu hama, terutama bagi para petani. Tumbuhan yang dapat tumbuh begitu masif ini seringkali dijumpai di lahan-lahan persawahan. Keberadaannya kerap mengganggu pertumbuhan padi.

Namun tanaman genjer ternyata menjadi tanaman hias di daerah Amerika. Asal tanaman ini memang bukan Indonesia. Tanaman hias yang berasal dari belahan wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini dikenal di daerahnya dengan sebutan yellow velvetleaf (daun beludru kuning).

Perjalanan tanaman hias ini ternyata sangat panjang. Tanaman hias ini diketahui masuk ke Indonesia karena dibawa oleh bangsa Portugis dan Belanda sebagai tanaman hias. Karena keindahan tanaman hias ini, bangsa Eropa membawanya dari Amerika ke benua Asia dan bahkan juga ke benua Afrika.

Daun genjer sekilas tampak mirip beludru dengan warna kekuningan, menjadikannya tanaman hias yang cantik. Selain itu, bunga tanaman genjer yang warnanya hampir serupa dengan daunnya tersebut juga dianggap eksotis bagi masyarakat luar, terutama masyarakat Eropa.

Tanaman hias genjer mempunyai beberapa sebutan nama, baik itu di Indonesia ataupun di luar negeri. Orang Batak mengenal tanaman ini sebagai haleyo. Orang melayu menyebutnya eceng. Sedangkan orang sunda menamainya saber dan orang Jawa menyebut tanaman ini dengan nama centongan.

Jika di Indonesia memiliki beberapa nama, di luar negeri tidak jauh berbeda. Tanaman hias genjer ini sering disebut dengan nama limnocharis (latin), velvetleaf (daun beludru), flower rush, yellow bur-head, lettuce, dan yang terakhir adalah cebolla de chucho.

Tanaman hias genjer dikenal dengan sebutan ”sayur orang miskin”. Hal tersebut masih terkait dengan sifat tanaman ini yang tumbuh secara masif, terutama lahan sawah yang justru menjadi pengganggu tanaman inti seperti padi. Sehingga para petani membasmi tumbuhan ini dan memanfaatkannya sebagai sayuran.

Namun jangan anggap remeh manfaat tanaman genjer ini. Dibalik sifatnya sebagai hama, didalamnya tersimpan kandungan gizi cukup banyak dan bermanfaat bagi kesehatan. Ada vitamin B1, protein, kalori, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, polifenol, flavonoida, kardenolin, dan lemak.

Selain nutrisi-nutrisi baik diatas, tanaman genjer juga kaya akan serat. Sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh, tanpa menyebabkan gangguan pencernaan. Dengan segudang manfaat yang ada pada tanaman genjer ini, maka jangan ragu lagi untuk menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di rumah kamu.

Tinggalkan komentar