Macam-Macam Tanaman Hias Daun

Tanaman hias memiliki fungsi untuk menambah keindahan taman di rumah. Di dunia ini banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat kamu pilih sebagai penghias di taman rumah kamu. Tanaman hias dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Pemilihan jenis tanaman yang sesuai dan tepat dengan desain taman rumah merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam membuat taman yang enak dilihat dan asri.

Namun, hal ini juga membuat sebagian orang binggun memilih jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu, terkadang yang menjadi kendala juga pengetahuan tentang jenis tanaman hias membuat seseorang asal-asalan dalam menanam tanaman yang ada dan tidak mempertimbangan jenis tanaman hias yang baik untuk taman. Untuk memudahkan kamu dalam memilih jenis tanaman hias daun, di bawah ini ada beberapa jenis tanaan hias daun yang sering ditanam oleh kebanyakan orang.

 

Kuping Gajah

photobucket.com

Tanaman Kuping Gajah adalah jenis tanaman hias daun yang sangat populer. Bentuknya yang lebar dan menyerupai telinga gajah yang membuat tanaman daun ini disebut sebagai tanaman kuping gajah. Daun kuping gajah yang berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputihan, tanaman ini juga termasuk dalam jenis Anthurium.  Daun tanaman kuping gajah yang memiliki daya pikat terutama dari bentuk daunnya yang istimewa. Sehingga membuat tanaman ini mudah untuk dirawat, karena perhatian perawatannya cenderung hanya tertuju kepada daunnya saja. Jenis tanaman Anthurium ini hanya membutuhkan cahaya matahari yang sedikit, tempat yang teduh seperi beranda rumah, teras belakang rumah adalah tempat yang sangat cocok bagi Anthurium.

Aglaonema

www.kallus.com

Tanaman aglonema memiliki daun yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau, dan dihiasi bintik-bintik, garis yang berwarna abu-abu keperakan. Nama lain dari tanaman ini adalah Sri rejeki. Tanaman ini juga sangat mudah untuk ditanaman tanpa harus perawatan secara intensif, namun tanaman ini sangat membutuhkan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan lembab. Kamu juga harus berhati-hati jika ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau, karena tanaman ini akan mudah layu dan harus dibuang.

Keladi Red Star

99roots.com

Tanam Keladi Red Star terkenal akan kecantikannya pada urat didaunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daunya yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

Keladi hias termasuk tanaman yang sangat mudah ditanamn, tanaman hias ini juga cepat berkembang asal media tanamnya tetap dijaga lembab. Tanaman ini sebaiknya kamu simpan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya yang menguat. Untuk penyiramannya cukup disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya, jangan pada daun. Ketika media yang digunakan lembab, maka keladi akan tumbuh dengan cantik, lebar dan warna pada daunnya pun akan lebih cantik.

Tanaman Suplir

tamanbuahsegar.blogspot.com

Tanaman Suplir adalah jenis tanaman hias daun yang mempunyai berbagai jenis dan varietas. Walaupun begitu, suplir yang cukup cantik ini dikarenakan mempunyai daun yang kecil serta memberi suasana segar itu, tanaman ini juga sulit dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara yang bersih.

Habitat asli tanaman ini biasanya di pinggir-pinggir sungai yang ternaung di pepohonan karena suplir hanya membutuhkan sedikit cahaya. Oleh karena itu, sebagian tempatnya harus teduh. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan air, asal tempatnya lembab dan tidak basah serta tidak kering sudah dapat tumbuh dengan baik.

Dieffenbachia

wikimedia.org

Tanaman ini dikenal dikalangan para penjual tanaman hias sebgai daun bahagia. Dieffenbachia juga dikenal sangat mudah untuk perawatannya. Tanaman ini juga tahan dalam ruangan walupun untuk jangka waktu tertentu. Warnanya yang cenderung gelap jika ditempatkan di dalam ruangan atau di bawah naungan. Jadi tidak masalah jika tanaman ini dijadikan sebagai tanaman indoor.

Menempatkan tanaman ini di dalam ruangan, selain dapat mempercanti ruangan juga dapat membersihkan udara. Menanamnya di halaman juga bisa membantu mengurangi gas polutan disekitar rumah. Namun, kamu juga perlu berhati-hati terhadap getah daun ini. Karena dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan jika mengenainya.

Tanaman Saka Asparagus Plumosus

www.svetbiljaka.com

Tanaman Saka Asparagus Plumosus adalah tanaman hias daun sejenis paku yang lebat daunnya menyerupai jarum halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah beberapa bunga, dapat digunakan untuk menghias. Tanaman Asparagus sangat mudah ditanam, asal diberi cahaya matahari tidak langsung. Tanaman ini juga membutuhkan lingkungan yang lembab dan tidak kekurang air.

  • selvi

    gambar paling atas itu namanya apa ya min?

  • Julias

    Gambar paling atas sd dijelaskan itu kuping gajah, jenisnya keladi keladian.