Mengenal Sedikit Tentang Tanaman Hias Keladi

Tanaman keladi merupakan satu kelompok tumbuhan dari genus Caladium atau dikenal dengan suku talas-talasan, Araceae. Dalam bahasa sehari-hari, tanaman keladi juga kerap dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk kedalam famili Caladium, seperti talas Colocasia.

Tumbuhan keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil, namun saat ini sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Ciri yang paling khas dari tanaman keladi ini adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati. Ciri daunnya pun biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada satu meter. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

tatakebun.blogspot.com
tatakebun.blogspot.com

Kecantikan  ini terletak pada bentuk dan warna daunnyayang unik, dari warna campur hingga menyerupai batik. Sekarang, keladi hias sedang banyak digemari.

Mengapa keladi hias digandrungi banyak orang? Karena bentuk daunnya yang bagus, dan tidak hanya berwarna hijau tapi ada juga yang merah hingga putih, membuat keladi hias menjadi orang jatuh cinta.

Keladi ini sangat menyukai cahaya, namun ia tidak terlalu menyukai cahaya matahari langsung, pada habitatnya dia lebih menyukai tempat yang berada di bawah pohon-pohon rindang, jika tidak demikian daun-daun tersebut akan gosong atau terbakar.

Keladi ini akan mudah hidup pada sarana yang tidak terlalu padat. Cara perkembangbiakan adalah dengan dua cara, vegetatif yaitu umbi, dan generatif yaitu biji.

 

Klasifikasi Ilmiah

  • Kigdom tanaman          :Plantae
  • Divisi tanaman              :Spermatophyta
  • Sub Divisi tanaman      :Angiospermae
  • Kelas tanaman               :Monocotyledonae
  • Ordo tanaman                :Araceales
  • Family tanaman            :Araceae
  • Genus tanaman              :Caladium

 

Ciri-Ciri Daun Keladi

kebunpedia.com
kebunpedia.com

Salah satu ciri khas keladi sesuai dengan ciri semua anggota Araceae adalah bentuk bunganya yang indah. Bunga keladi mempunyai tonjolan bulat memanjang dengan ujung tumpul yang disebut dengan spadiks.

Spadiks di bungkus oleh selundang yang disebut spata. Pada umumnya warna spadiks sesuai dengan spatanya. Saat masih muda spata membungkus spadiks dengan rapat yang kemudian mekar, sehingga spadiks akan terlihat muncul keluar.

Spata memiliki warna yang beragam,tetapi satu spata umumnya hanya terdiri dari satu atau dua warna

Hampir semua keladi tidak berbatang, tapi hanya membentuk pelepah atau tangkai daun. Bentuk daunnya juga sangat bervariasi,dari segitiga,oval,bulat,hingga panjang.

Pangkal daunnya yang berlekuk, tulang daun sangat menunjang keindahan daunnya, serta memiliki tepi daun yang rata, ada pula yang berlekuk ataupun bergerigi menyerupai gergaji.

Warna daun juga bervariatif, mulai dari yang hijau muda, hijau kehitaman, hijau kehitaman, hijau keunguan, kuning, putih, merah muda, merah tua, ungu, keperakan, kecokelatan, ataupun kehitaman. Serta ada pula warna daunnya yang merupakan kombinasi dari warna warna tersebut.

Leave a Comment