3 Jenis Aliran Seni Lukis yang Paling Terkenal di Dunia

Seni lukis adalah salah satu contoh seni rupa murni yang mengutamakan nilai estetika daripada nilai guna. Sebuah karya seni pada umumnya merupakan suatu gambaran atau ungkapan ekspresi dari seorang pelukis.

Kebanyakan pelukis akan menemukan kepuasan tersendiri dengan hasil dari karya yang dia hasilkan. Para seniman secara bebas dapat mengekspresikan diri mereka ke dalam lukisan sehingga menghasilkan suatu karya dengan nilai estetika yang tinggi.

Seiring dengan perkembangannya, seni lukis memunculkan aliran-aliran yang berpengaruh di dunia. Berikut ini adalah beberapa aliran seni lukis yang terkenal di dunia :

Realisme

xfree.hu
xfree.hu

Aliran ini cenderung menghasilkan karya yang mampu mengungkapkan fenomena nyata yang terjadi di alam dan juga di kehidupan yang dialami secara objektif. Aliran realisme bisa dibilang bentuk sanggahan terhadap aliran klasisme yang bersifat statis dan romatisme yang berlebihan. Ciri-ciri aliran realisme :

  1. Cenderung sesuai dengan fakta yang ada serta perbuatan alam
  2. Dalam hal warna dan keindahan seni tidak berlebihan
  3. Lebih cenderung meniru bentuk yang ada di alam secara akurat menyerupai benutk aslinya

Romantisme

1freewallpapers.com
1freewallpapers.com

Aliran ini adala aliran seni lukis yang mengungkapkan suatu kejadian maupun peristiwa yang dianggap menarik dan juga istimewa. Karya aliran romatisme cenderung bersifat kaku dan statis. Ciri-ciri aliran romantisme adalah sebagai berikut :

  1. Tema kejadian yang diambil mengenaskan
  2. Cenderung didramatisir
  3. Diungkapkan dengan penuh gerak serta berlebihan
  4. Warna-warna yang digunakan cenderung cerah

Klasisme

huffingtonpost.fr
huffingtonpost.fr

Aliran seni lukis yang satu ini lahir pada zaman Renaisance abad ke-14. Waktu itu adalah awal mula kembalinya sebuah pandangan serta kekaguman kaum bangsawan, penguasa, dan istana terhadap seni klasik Yunani dan Romawi. Ciri-ciri aliran klasisme adalah sebagai berikut :

  1. Penggambaran sebuah objek dibuat-buat dengan sendirinya
  2. Menerapkan teknik dekoratif agar memperoleh objek
  3. Objek lukisannya terkesan indah dan sopan

Selain beberapa aliran yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa aliran seni lukis yang lainnya. Demikianlah sedikit ulasan tentang seni lukis yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar