Batik, Seni Lukis Indonesia Yang Mendunia

Seni batik di Indonesia usianya sudah sangat tua, namun masih belum diketahui secara pasti kapan seni lukis ini berkembang di Indonesia, khususnya di Jawa.

Beberapa Negara seperti Cina, India, Thailand dan Malaysia pernah mengakui bahwa seni batik berasal dari sana. Namun dalam kenyataannya, perkembangan batik hingga menjadi sangat populer dan juga mendunia justru berasal dari Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dengan diadopsinya istilah batik ke dalam bahasa Inggris. Jejak penggunaan kain batik itu sendiri ditemukan pada patung serta relief yang ada di candi-candi Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknik membatik telah menglami banyak perkembangan tanpa meninggalkan teknik lama yang telah diwariskan secara turun-temurun. Dari beberapa seni membatik tersebut salah satunya yang terkenal dan termahal adalah batik dengan cara melukis.

 

500px.com
500px.com

Seni lukis batik adalah teknik membatik dengan cara melukis langsung di atas kain, sama halnya seperti karya seni lukis yang menggunakna kuas. Alat yang digunakan serta motif yang dibuat pun lebih beragam dan bebas.

Prof. Soedarso SP., MA., dalam bukanya mengatakan bahwa seni lukis batik berawal dari seni membatik yang sudah sangat tua usianya. Namun tidak seorang pun yang tahu secara pasti kapan dan dimana orang mulai menggunakan teknik seni lukis batik ini.

Walapun asal muasal serta riwayatnya masih kurang jelas, tetapi sudah sejak lama seni batik ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat Indonesia.

Faktor agama juga berpengaruh banyak pada perkembangan seni batik, khususnya dalam hal perkembangan motif. Misalnya motif bunga dan daun teratai yang dipengaruhi oleh agam Budha dan Hindu, sedangkan motif-motif geometris dan tumbuhan adalah pengaruh dari agama Islam.

 

travelblog.ticktac.com
travelblog.ticktac.com

Selain motif-motif yang dipengaruhi oleh faktor agama tadi. Ada juga motif batik kreasi baru yang merupakan sebagian usaha dari seniman seni rupa dengan pihak -pihak lain yang bergerak secara khusus dalam perbatikan.

Motif batik kreasi baru tersebut muncul seiring dengan ditemukannya alat serta bahan untuk membatik yang lebih baru. Demikianlah sedikit ulasan tentang seni lukis batik yang dapat kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

 

Tinggalkan komentar