Sejarah Perkembangan Radio Pertama Kali

Radio merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio. Pada awalnya gelombang radio ditransmisikan melalui data kontinyu baik melalui Modulasi Amplitudo (AM) ataupun Modulasi Frekuensi (FM). Gelombang radio melintas dan merambat lewat udara dan juga bisa melintasi ruang angkasa.

Untuk pertama kalinya dasar-dasar teori sebuah perambatan gelombang elektromagnetik dijelaskan oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1873 dalam sebuah papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik.

David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima sebuah gelombang radio. Telepon buatannya mendapat gangguan yang disebabkan oleh induksi gelombang radio pada waktu itu kurang seimbang. Menurut Royal Society pada tahun 1880 mengatakan hal tersebut Cuma induksi saja.

Kemudian antara tahun 1886 dan 1888, Heinrich Rudolf Hertz membuktikan sebuah teori dari Maxwell melalui eksperimennya yaitu memperagakan bahwa radio memiliki seluruh properti gelombang, dan Heinrich merupakan orang yang pertama membuktikkan teori Maxwell.

www.warrelics.eu
www.warrelics.eu

Semakin bertambahnya tahun ke tahun teknologi radio ini berkembang menjadi teknologi yang sangat diperlukan pada waktu itu. Seperti penggunaan pada masa awal-awal digunakan oleh para maritim untuk mengirim telegraf menggunakan kode morse antara kapal dan darat.

Salah satu penggunaanya awalnya yaitu digunakan oleh tentara Jepang untuk memata-matai armada Rusia pada saat perang Tsudshima pada tahun 1901. Kemudian salah satu penggunaanya yang paling dikenang sampai sekarang adalah pada saat tenggelamnya MRS Titanic pada tahun 1912.

Pada masa perang dunia dahulu radio merupakan sesuatu yang sangat penting untuk berkomunikasi dan mengirim suatu informasi. Karena radio pada waktu itu digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut pada Perang Dunia II.

Pada tahun 1920-an sudah dapat melakukan siaran dengan populernya pesawat radio terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Kemudian menjadi populer pada tahun 1920-an sampai 1930-an. Dan sampai sekarang pemanfaatan gelombang radio masih digunakan, bahkan berkembang ke penggunaan yang lainnya.

Leave a Comment