Yuk, Belajar Sejarah Berdirinya ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan wadah bagi negara-negara di kawasan Asia tenggara dalam membentuk kerjasama secara regional di berbagai bidang. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan lain sebagainya.

ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok, Thailand. Pendirian ASEAN tersebut melalui deklarasi Bangkok yang ditandatangani 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand sebagai tuan rumahnya. Deklarasi Bangkok kala itu ditandatangani oleh menteri setiap negara, yaitu Adam Malik mewakili Indonesia, Tun Abdul Razak mewakili Malaysia, S. Rajaratnam mewakili Singapura,  Narsisco Ramos mewakili Filipina, dan Thanat Khoman mewakili Thailand.

Tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan setiap negara yang tergabung. Juga untuk memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional.

sejarah asean
financialtribune.com

Total wilayah yang tergabung dalam organisasi ASEAN mencapai 1,7 juta mil persegi atau sekitar 4.46 juta kilometer persegi, setara dengan 3% total luas daratan bumi. Luas wilayah lautnya 3 kali luas wilayah daratan. Sedangkan populasinya mencapai 600 juta jiwa, setara dengan 8,8% total populasi di seluruh dunia.

Mengingat kepentingan geografis, ekonomi dan politik yang strategis, ASEAN terus memperluas negara keanggotaannya. Bahkan hingga saat ini ada 15 negara yang menjadi anggota ASEAN. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, Bangladesh, Palau, Papua Nugini, Republik Cina (Taiwan) dan Timor Leste.

Itulah sejarah singkat mengenai ASEAN, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kamu tentang sejarah dunia.
Semoga bermanfaat.

Leave a Comment