Sehat dengan Bunga Lawang

Ketika berada di lapak rempah-rempah dalam pasar tradisional mungkin Anda akan menemui jenis rempah yang menyerupai bintang. Rempah ini namanya bunga lawang atau pekak, dikenal juga dengan nama star anise. Rempah ini merupakan jenis yang paling eksotik dibanding rempah-rempah lain karena bentuknya yang indah. Bentuknya menyerupai bintang, jari-jari kelopaknya terbuka, dan terdapat biji di setiap jarinya.

Rempah ini sangat populer dalam seni memasak Cina, Thailand, Malaysia dan Sumatera. Biasanya rempah ini dijadikan bumbu dapur yang ditambahkan ke dalam masakan daging, sejenis dengan gulai. Aromanya sangat khas yaitu harum dan agak kemanis-manisan.

Khasiat Bunga Lawang

1. Baik untuk menjaga kesehatan kulit

Bunga lawang mengandung anethol yang dapat menjaga kesehatan kulit. Minyak dari bunga lawang juga berfungsi sebagai detoks pada tubuh.

2. Baik untuk kesehatan wanita

Bunga lawang dipercaya mampu meredakan kram akibat menstruasi. Cukup dengan cara mengoleskan minyak bunga lawang atau mengkonsumsinya dengan meminum bersama air hangat dan rebusan asam jawa masalah bulanan perempuan dapat diatasi. Meminum seduhan teh minyak bunga lawang juga dapat meningkatkan ASI para ibu. Menghirup aroma bunga lawang juga dapat mengurangi morning sickness ibu hamil.

3. Mampu atasi perut kembung dan sembelit

Jika rempah ini dikonsumsi paling tidak sehari sekali pada pagi hari dengan menggunakan air hangat maka pencernaan akan menjadi lancar.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Sifat analgestik alami yang dimiliki oleh rempah ini dapat membuat tekanan darah menjadi terkontrol. Jika mengkonsumsi minyak dari rempah ini maka tekanan pada jantung akan berkurang dan memperkuat jantung.

5. Mampu redakan flu dan batuk

Bunga lawang memiliki sifat antiseptik yang mampu menyembuhkan luka. Selain itu, sangat baik bagi sistem pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit batuk, flu serta meriang.

6. Mampu atasi gangguan tidur

Aroma kuat dari rempah ini dapat dijadikan obat penenang alami untuk Anda yang mengalami gangguan tidur.

Cara Menggunakan Bunga Lawang Agar Dapat Dikonsumsi

Cara menggunakan bunga lawang sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam masakan saja. Atau Anda juga dapat menumisnya terlebih dahulu bersama bumbu, lalu dimasak bersama daging sampai matang. Bunga lawang dapat disimpan dalam waktu lama. Simpanlah dalam keadaan kering dan taruh dalam keadaan tertutup.

Untuk teh bunga lawang, caranya juga sama seperti membuat teh pada umumnya. Cukup seduh dengan air panas dan biarkan 10 menit lalu saring dan tambahkan sedikit gula jika perlu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment