Bikin Sambal Terasi yang Tentunya Bikin Kamu Pengen Makan Lagi

Indonesia merupakan negeri yang kaya. Ada banyak hal yang akan kamu temui di Indonesia. Mulai dari orangnya, kebudayaan, wisata, sampai kulinernya.
Nah, salah satu hal yang menarik di Indonesia adalah tentang kulinernya. Tiap daerah di Indonesia ternyata punya makanan khas sendiri-sendiri. Walaupun punya makanan yang sama namanya, tapi rasa dari makanan itu berbeda-beda lho di tiap derah.
Salah satu makanan yang ada di berbagai daerah contohnya adalah soto. Kamu hampir bisa menemukan makanan ini ketika berkunjung ke kota mana saja. Ada soto Betawi, soto Banjar, soto Lamongan, soto Kudus, dan masih banyak lagi soto-soto lainnya yang tentu memiliki rasa khasnya.
Makan soto, tentu paling enak kalau pakai sambal dong? Nah, salah satu sambal yang paling digemari di negeri ini adalah sambal terasi. Kamu pasti juga suka kan sama sambal yang satu ini? Sambal terasi itu ternyata sangat menambah cita rasa dari suatu masakan.
Tentu, membuat sambal terasi nggak bisa sembarangan dong, agar menghasilkan rasa yang mantab dan nendang. Kamu pengen tahu gimana cara membuat sambar terasi yang enak? Yuk, baca artikelnya sampai habis!
 

Pilih Bahan Terbaik untuk Membuat Sambal Terasi

Naga Bhut Jolokia
wikipedia.org

Bahan itu sangat memengaruhi hasil akhir suatu makanan. Kamu nggak akan mendapatkan rasa yang enak dari bahan yang sudah busuk atau tidak layak konsumsi lagi. Gunakanlah bahan yang baik dan kalau bisa segar.

Agar hasil sambal terasi kamu nantinya lebih mantab. Untuk membuat sambal terasi, kamu harus menyiapkan cabe merah keriting, cabe rawit merah, terasi, dan garam. Jumlah cabe yang digunakan sesuai selera ya. Kalau kamu suka banget sama pedes, banyakin aja tuh cabenya.

Terasi Nomor 1 Wajib Hukumnya

deetz13.wordpress.com
deetz13.wordpress.com

Bahan pendamping yang sangat memengaruhi rasa dari sambal terasi adalah terasi. Pilih terasi yang mempunyai kualitas yang nomor satu. Kalau bisa, jangan gunakan terasi yang dibuat di pabrik.

Tetapi, gunakanlah terasi buatan industri rumahan yang kualitasnya baik. Menggunakan terasi pun jangan banyak-banyak ya. Gunaka secukupnya saja, asal rasa terasinya sudah bisa kamu rasakan itu sudah cukup. Soalnya, kalau kebanyakan pakai terasi, nanti rasa sambalnya jadi kurang enak.

Nah, ada satu hal lagi nih, sebelum kamu gunakan, terasi bisa kamu bakar terlebih dahulu diatas api yang membara. Atau, bisa juga kamu goreng, pilih salah satu yang menurut kamu paling enak hasilnya yang mana.

Gunakan Cabe Pilihan

wikipedia.org
wikipedia.org

Pilihlah cabe dengan kualitas yang baik, tidak ada bagian yang busuk. Cabe yang digunakan pun terserah mau seberapa banyaknya dan apa jenisnya. Kalau ingin mendapatkan rasa yang super pedas, kamu bisa menggunakan cabe rawit yang banyak.

Tapi, kalau yang kamu inginkan rasa pedas yang normal, banyakin aja cabe keritingnya. Sebelum digunakan, buang dulu tangkainya dan cuci sampai bersih.

Mengulek Sambel pun Ada Seninya

bundatwinskitchen.wordpress.com
bundatwinskitchen.wordpress.com

Mengulek sambel itu ternyata butuh ketrampilan tersendiri lho. Nggak bisa sembarangan asal ngulek aja, harus tahu seni dan caranya. Saat akan mulai mengulek, pertama-tama kamu harus memotong cabe menjadi berukuran kecil. Hal ini dimaksudkan agar cabe lebih mudah dihaluskan.

Cara menguleknya pun perlu keahlian, tekan ulekan kemudian dorong cabainya di dalam ulekan. Jadi kuncinya mengulek itu tekan dan dorong ya. Kamu bisa menambahkan garam saat mengulek agar air dari cabe bisa keluar dengan sempurna.

Penambahan Bahan Disaat yang Tepat

Sayuran Cabai
dailyinbox.com

Saat mengulek, penambahan bahan yang dimasukkan itu waktunya harus tepat. Kalau yang pertama tadi itu mengulek cabe sampai semua bagian halus. Ingat ya, semua bagian cabe harus terulek dengan baik, baru setelah itu masukkan terasi. Ulek lagi sampai terasi dan cabe berpadu dan tercampur rata.

Jika sudah, kamu bisa tambahkan bahan pamungkas yang bisa bikin sambal terasi jadi makin mantab rasanya, jeruk nipis. Cukup sedikit saja air jeruk nipis yang ditambahkan, jangan lupa ulek lagi sampai semua tercampur rata.

Bahan Pelengkap untuk Rasa yang Mantab

informasiteraktual.com
informasiteraktual.com

Kalau makan pakai sambel, tentunya harus ada pelengkap yang membuat makan kamu jadi lebih berselera. Biasanya sih temennya sambel ya lalapan. Pakai lalapan yang masih segar agar rasanya lebih enak.

Kamu bisa menggunakan timun, tomat, daun kemangi, dan daun selada. Sebelum digunakan, cuci bersih semua bahan, kemudian potong ukurannya sesuai selera. Tinggal sajikan deh bareng sambel terasi yang begitu menggoda.