rumah adat jawa tengah - rumah

5 Keunikan Rumah Adat Jawa Tengah yang Akan Membuat Anda Terpesona

Indonesia mempunyai rumah adat yang berbeda – beda. Semuanya itu tersebar dari sabang sampai merauke. Dalam pembahasan ini, kita akan memberikan informasi untuk kamu mengenai Rumah adat jawa Tengah yang sudah terkenal.

Selama ini banyak yang mengenal bahwa Rumah adat Jawa tengah adalah Joglo. Padahal dalam Provinsi Jawa tengah ada beberapa rumah adat lainnya.

rumah adat jawa tengah - rumah joglo
via: acityawara.com

berikut ini adalah beberapa rumah adat Jawa Tengah yang juga popular :

  1. Rumah adat Joglo
  2. Rumah adat joglo memang paling terkenal dibandingkan rumah adat jawa tengah yang lainnya. ciri khas dari rumah adat joglo yaitu dengan teras yang luas dan tanpa sekat di bagian depan, sbentuknya persegi panjang dan pintunya terletak di bagian tengah rumah.
    Di masa lalu rumah joglo merupakan kekayaan pemiliknya. Tidak heran jika rumah ini hanya dimiliki oleh orang orang berada pada masanya.

  3. Rumah adat Panggang Pe
  4. Selain Joglo ada juga rumah adat panggang Pe yang juga popular. Rumah ini terdiri dari empat sampai enam tiang. Separuh tiang biasanya dibuat lebih pendek daripada tiang belakangnya.
    Pada zaman dahulu, pada umumnya menggunakan rumah Panggang Pe untuk didirikans ebagai kios dan juga warung.

  5. Rumah Adat Tajug
  6. Rumah tajug khusus digunakan untuk masjid dan bangunan- bangunan yang lainya.orang biasa tidak diperkenankan untuk membangun dengan bentuk ini karena rumah tajug termasuk disucikan.
    Ciri khas dari rumah tajug adalah bentuk atapnya runcing, bentuknya seperti bujur sangkar.

  7. Rumah adat kampung
  8. Rumah adat kampung Hamper memiliki kemiripan dengan rumah Panngang Pe yang disatukan. Ciri cirinya ialah rumah ini mempunyai dua teras yaitu di depan dan juga dibelakang. Ciri lainnya adalah rumah ini tiangnya terdisi dari kelipatan empat yang dimulai dari angka delapan.

  9. Rumah Adat Limasan
  10. Dinamakan rumah adat limasan karena bentuk atapnya seperti limas. Atap rumah limasan memiliki empat sisi dan rumah ini banyak sekali ditemui di Jawa. Seperti kampung, rumah ini dimiliki oleh orang kalangan biasa.

Demikianlah pengetahuan tentang rumah adat Jawa Tengah. Semoga bermanfaat bagi kamu yang membacanya dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment