10 Ragam Hias Flora Beserta Dengan Penjelasannya

RAGAM HIAS FLORA –  Pada artikel kami kali ini akan membahas dengan detail dang lengkap tentang ragam hias flora. Nah!! mari langsung saja kita membahasnya di bawah ini.

Sebelum kita membahas tentang ragam hias flora alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu arti ragam hias itu sendiri, ragam hias adalah sebuah pola dasar yang nantinya akan dijadikan sebagai pola yang diulang-ulang pada suatu karya seni.

Ragam hias dapat terbentuk dari tenunan, ukiran, songket, tenunan dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya contoh itu saja ragam hias juga bisa berupa kerajinan tangan atau karya seni yang lainnya.

Untuk pengertian ragam hias flora itu sendiri bisa diartikan bahwa ragam hias flora adalah sebuah desain atau pola tumbuhan yang dijadikan objek motif untuk kerajinan tangan dan karya seni lainnya.

Ragam hias flora biasanya digunakan untuk pola kain batik, guci atau pot bunga, dan kain-kain yang menjadi karya seni. Untuk memahami lagi tentang ragam hias flora mari kita lebih memahaminya dengan melihat gambar dan penjelasan dari ragam hias flora.

Contoh Ragam Flora Hias Batik

ardikaryautama.wordpress.com

Salah satu pola yang sering ditemui adalah kain batik, anda pasti akan banyak menemukan banyak sekali kain batik yang ada di Indonesia yang menggunakan pola dengan motif flora atau tumbuhan. Setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki ciri khas pola batik yang berbeda-beda.

Terdapat banyak sekali pola kain batik yang menggunakan pola seperti tumbuhan, dibawah ini ada beberapa contoh kain batik yang menggunakan corak tumbuhan pada kainnya seperti menggunakan corak bunga, daun, kecebong dan masih banyak lagi. Langsung saja mari kita lihat contoh corak batik yang menggunakan corak tumbuhan.

Ragam Hias Batik Daun Kecebong

azzamaviero.com

Ragam hias batik ini menggambarkan ragam batik yang menggunakan corak daun kecebong, daun kecebong ini biasanya tumbuhan di wilayah perairan atau lebih tepatnya lagi di wilayah danau.

Bahkan gambar motif diatas tidak hanya menggunakan motif daun kecebong saja tetapi corak batik diatas juga menggunakan corak batik flora yang lainnya.

Ragam Hias batik Bunga

azzamaviero.com

Di Indonesia jenis banyak sekali jenis-jenis bunga yang sangat indah yang dapat menyejukkan mata, maka dari itu bunga dijadikan atau diilustrasikan dengan cara dijadikan motif dimana ada banyak sekali jenis batik yang menggunakan bunga sebagai corak pada kainnya.

Bunga yang digambarkan pada batik juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan, inilah yang menjadi alasan mengapa bunga dijadikan sebagai salah satu pola atau motif pada batik-batik yang ada di Indonesia.

Ragam Hias Batik Dedaunan

azzamaviero.com

Daun juga menjadi menarik untuk dijadikan motif pada kain batik, jenis batik yang menggunakan motif bunga juga tidak sedikit. Daun memiliki warna yang hijau dan cerah membuat kesan orang memakai batik yang bercorak daun ini lebih terliaht cerah dan senang.

Batik yang memiliki corak daun lebih cocok jika digunakan acara pesta, karena memiliki warna corak indah yang dapat menyejukkan mata orang yang ada di pesta tersebut. Dan tidak hanya orang yang memakai batik yang bercorak daun saja yang terlihat ceria tetapi orang yang melihat corak batik itu akan menjadi lebih ceria.

Ragam Hias Batik Daun Paku

ragam-hias-flora
azzamaviero.com

Buat anda yang masih atau pernah merasakan duduk dikelas 1 SMA pasti anda pernah mempelajari salah satu jenis tumbuhan ini yaitu daun paku. Selain memiliki bentuk yang unik daun paku ini banyak dijadikan banyak penelitian karena banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Daun paku ini ternyata adalah salah satu daun yang sering dijadikan motif pada batik tertentu, jika anda menggunakan batik yang bercorak daun paku ini maka anda akan terlihat lebih wibawa dan keren. Harga yang ditawarkan untuk batik yang bercorak daun paku ini tidaklah murah.

Ragam Hias Bunga Merah Bercabang Daun

azzamaviero.com

Jika dilihat dengan sesama maka motif batik yang ada di atas tidak seperti ragam hias flora. Gambar batik diatas adalah gambar motif gabungan dari berbagai jenis daun sesuai dengan pembuatnya.

Ragam Hias Batik Berakar

azzamaviero.com

Untuk jenis batik dengan corak yang gambar diatas pasti anda sering melihatnya, atau bahkan anda pernah memakainya, jenis motif yang ada diatas ini sering digunakan untuk sarung atau penutup yang biasanya dipakai oleh ibu-ibu desa-desa disaat sedang santai maupun saat ingin mandi.

Untuk membuat corak ini sangatlah rumit, anda bisa melihatnya diatas betapa rumitnya motif batik jenis ini dengan banyak daun dan akar-akar yang melintang membuat batik ini sulit untuk dibuat atau membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ragam Hias Batik Paduan Bunga dan Daun

azzamaviero.com

Ragam hias flora jenis batik yang selanjutnya adalah yang ada digambar diatas, untuk hal ini pengerajin batik tulis harus menggabungkan antara bunga dan dedaunan, sehingga terlihat lebih indah dan ramai.

Bintik-bintik putih yang terdapat dicorak batik ini sengaja agar dapat menampilkan kesan yang sedikit ramai, batik yang bercorak seperti diatas ada banyak sekali orang yang memilikinya.

Contoh Ragam Hias Lukisan

amilafitriani.blogspot.com

Ragam hias flora tidak hanya ada di batik saja, ragam hias flora juga sering dijadikan lukisan atau sebagai contoh untuk model pengukiran. Tidak mudah untuk membuat ragam hias flora untuk dijadikan lukisan hanya orang yang memiliki keahlian khusus dan berpengalaman yang membuatnya.

Untuk lebih tepatnya lagi lukisan ragam hias flora bukan lukisan karena kenyataan ragam hias ini digambar di kertas. Contoh ragam hias yang ada dibawah ini bisa dijadikan referensi ketika ana ada tugas untuk membuat gambar ragam hias flora. Langsung saja berikut ini adalah beberapa contohnya.

Ragam Hias Lukisan 16 Cabang

azzamaviero.com

Ini adalah salah satu gambar dari ragam hias flora yang digambar disebuah kertas. Terdapat enam belas cabang pada setiap lingkaran, selain itu cabang yang digunakan juga disesuaikan.

Bukan itu saja, ada di setiap ragam hias enam belas cabang ini, diselingi juga dengan gamabar selingan, sehingga membuat gambar enam belas cabang ini terlihat lebih jelas dan menarik. Kamu coba deh menggambar in di buku gambar kamu.

Ragam Hias Lukisan Bunga

azzamaviero.com

Kamu pastinya pernah melihat gambar diatas bukan? atau kamu pernah membuatnya? gambar bungan merah yang berada di dalam kota ini sangat menarik dan mudah untuk di tiru. kamu bisa menggambar bungan diatas dan melengkapi bagian kosong dengan kreasimu sendiri.

Ragam Hias Lukisan Bunga Naga

azzamaviero.com

Dalam membuat gambar flora diatas memang tidak mudah, tapi kalau kamu bisa membuat polanya terlebih dahulu akan sangat mudah untuk menelesaikannya. terlihat lebih rumit dan keren, kamu juga bisa menggembangkannya lagi.

Contoh Ragam Hias Lukisan Bunga Mawar dan Kembang

azzamaviero.com

Ini adalah perkembangan dalam menggambar, dalam gambar ini awalnya kamu bisa membuat pola segi delapan terlebih dahulu. Jika gambar diatas menarik menurut kamu silahkan di jadikan referensi dalam membuat lukisan hias flora yang unik.

 

Tinggalkan komentar