RAGAM HIAS

Pengertian Ragam Hias Fauna beserta Contoh Gambarnya

RAGAM HIAS FAUNA – Pernah melihat baju batik dengan gambar yang jika dilihat seperti gambar hewan. Pastinya sering dong? Ya itu salah satu contoh ragam hias dari sebuah seni.

Ada banyak macam ragam hias, tidak hanya gambar binatang (fauna) saja, ada juga gambar tumbuhan (flora) dan lain sebagainya. Biar lebih paham lagi simak yuk penjelasan tentang ragam hias berikut ini!

Ragam Hias

RAGAM HIAS
http://baltyra.com

Ragam hias adalah gambar dasar hiasan yang nantinya akan menjadi pola yang diulang-ulang pada suatu karya kerajinan atau seni. Karya seni ini bisa berupa tenunan, tulisan pada kain (batik), songket, ukiran, atau pahatan pada kayu/batu. Pembuatan Ragam hias bisa juga dengan cara distilisasi (stilir) sehingga bentuknya bervariasi.

Bermacam-macamnya ragam hias biasanya memiliki suatu ke khas an terlebih pada budaya atau era tertentu, sehingga tentunya ini bisa menjadi petunjuk bagi para sejarahwan atau arkeolog untuk meneliti lebih dalam.

Ragam hias Nusantara dapat kita jumpai pada motif batik, tenunan, ukiran kayu, anyaman, tembikar, dan pahatan batu. Ragam hias ini ada pada bentuk-bentuk dasar yang sama, akan tetapi dengan variasi yang khas pada setiap daerah.

Dan biasanya Dalam karya kerajinan atau seni Nusantara tradisional, kerap kali terselip makna spiritual yang dituangkan dalam stilisasi ragam hias.

Ada banyak jenis ragam hias asli dari Nusantara, yang mana kebanyakan semua itu merupakan stilisasi dari bentuk alam ataupun makhluk hidup, serta terdapat juga ragam hias yang diambil dari pengaruh budaya luar, seperti dari daerah Tiongkok, India, Persia,.

Pola Ragam Hias

POLA RAGAM HIAS
mikirbae.com

Bentuk ragam hias kebanyakan mempunyai pola atau susunan yang berulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditunjukan bisa berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, serta memiliki keseimbangan.

Pola ragam hias geometris bisa dilihat dari bentuknya yang berbentu persegi empat, zigzag, segitiga, garis silang, ataupun lingkaran. Pola bidang tersebut adalah pola geometris yang bentuknya teratur.

Pola ragam hias merupakan hasil susunan dari suatu aturan tertentu pada bentuk dan komposisi tertentu. Penempatan pola ragam hias bergantung dari tujuan.

Beberapa bentuk pola ragam hias kebanyakan  berupa pola ragam hias tepi, memojok, memusat, bidang beraturan, komposisi, dan pengulangan. Berikut penjabaran lengkap macam-macam pola ragam hias;

– Pola Simetris merupakan pola pada ragam hias yangg terbentuk dari susunan beberapa motif ragam hias yang mempunyai keseimbangan serta bentuk sama di setiap susunannya

– Pola Asimetris adalah pola ragam hias kebalikan dari pola simetris, pola ini  terbentuk dari komposisi yang tak seimbang akan tetapi masih terlihat proporsi,Komposisi Dan Keseimbangan

– Pola Ragam Hias tepi merupakan pola ragam hias yang bentuknya menyerupai pengulangan dari bentuk sebelumnya serta dipakai untuk menghias bagian tepi pada bagian tertentu

– Pola Ragam Hias Menyudut adalah pola ragam hias yg membentuk pola segitiga dan biasanya mempunyai bentuk ragam hias yang bed serta disesuaikan pada bentuk ragam hias yang sudah ada

– Pola Ragam Hias menyusut adalah pola ragam hias yang memusat bentuk coraknya berdiri sendiri dan merupakan gabungan dari beberapa ragam hias

– Pola Ragam Hias Beraturan merupakan pola ragam hias yang bentuk bidangnya dan coraknya sama

– Pola Ragam Hias Tidak Beraturan adalah pola ragam hias hasil dari pengembangan dari beberapa motif yang berbeda serta tidak mengikuti pola proporsi dan komposisi yangg berbeda

Motif Ragam Hias

Motif Ragam Hias
pinterest.com

Ragam hias adalah karya seni rupa yang tampilannya disadur dari bentuk-bentuk flora, fauna, figuratif, ataupun bentuk geometris. Ragam hias yang seperti tadi bisa diterapkan juga pada media dua ataupun tiga dimensi.

Walaupun motif ragam hias itu ada 4 yang disebutkan di atas tadi, Akan tetapi Pada artikel kali ini fokus utamanya ialah tentang Ragam hias fauna. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini;

Ragam Hias Fauna

Ragam Hias Fauna
sen1budaya.blogspot.co.id

Ragam hias Fauna adalah ragam hias yang bentuk motifnya bertemakan hewan (fauna) sebagai objek motih ragam hias.Walaupun bertemakan hewan, tidak semua hewan yang bisa dijadikan motif. Hanya hewan tertentu yang dijadikan gambar motif.

Penggambaran fauna yang ada pada ornamen umumnya merupakan hasil gubahan atau stilirisasi, jarang berupa binatang secara natural, walau begitu hasil gubahan tersebut masih dapat dikenali bentuk dan jenis binatang yang digubah.

Dalam visualisasinya bentuk binatang tidak jarang hanya diambil pada bagian tertentu (tidak sepenuhnya), ada juga yang dikombinasikan dengan motif lain. Umumnya Jenis binatang yang dijadikan obyek gubahan ialah seperti, burung, singa, ular, kera, naga dan alin sebagainya.

Hewan yang ditampilkan pada gambar merupakan wujud ragam hias pada umumnya yang sudah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Ragam hias motif fauna sudah banyak mengalami deformasi akan tetapi tidak meninggalkan bentuk aslinya. Biasanya Ragam hias fauna dikombinasikan dengan motif flora dengan bentuk yang bervariasi.

Motif ragam hias fauna seperti ini sering dijumpai pada hasil karya batik, ukiran, sulaman, anyaman, sulaman, tenun, dan kain bordir. Ragam hias bentuk fauna sering dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan kearifan lokal dari suatu daerah tertentu yang ada di Indonesia, seperti halnya burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur, serta gajah di Lampung.

Contoh Motif Gambar Ragam Hias Fauna Yang Mudah Digambar

Contoh Motif Gambar Ragam Hias Fauna Yang Mudah Digambar
tekoneko.net

Berikut ini contoh gambarg ragam hias yang sering dijumpai dan mudah untuk digambar atau dibuat;

Ragam Hias Fauna Kupu-Kupu

Ragam Hias Fauna Kupu-Kupu
batik-nusantara-sprachklasse.blogspot.com

Bentuk gambar kupu-kupu ini umumnya ditampilkan dengan sayap terkembang dari atas,dan biasanya juga terdapat pada golongan motif semen dan ceplok

Ragam Hias Fauna Burung

Ragam Hias Fauna Burung
tempatbordir.com

Ada tiga macam ornamen burung yang sering diapakai dalam ragam hias. Contohnya yaitu yaitu burung merak, burung phoenix, yang terakhir adalah burung aneh atau burung khayalan. ornamen burung juga digunakan sebagai ornamen pengisi selain ornamen pokok

Ragam Hias Fauna Naga

Ragam Hias Fauna Naga
atakkenzha.hol.es

Naga merupakan makhluk mitologi khayalan yang berupa ular besar serta memiliki kekuatan luar biasa dan sakti. Kebanyakan ornamen naga yang digambarkan berupa bentuk seperti kepala raksasa dengan mahkota, terkadang bersayap, dan takjarang juga ada yang bersayap dan berkaki.

Ragam Hias Fauna (Binatang Berkaki Empat)

Ragam Hias Fauna (Binatang Berkaki Empat)
infoana.com

Binatang berkaki empat disini yang sering dipakai sebagai gambar adalah lembu, kijang, gajah, singa atau harimau, yang digambarkan secara unik misalnya gajah bersayap atau mempunyai ekor berbunga.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang Ragam Hias Fauna, semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian. Jangan Lupa shere kepada yang lain agar lebih bermanfaat lagi. Terimaksih.

Tinggalkan komentar