5 Sosok Perempuan Muda Paling Inspiratif di Indonesia

Hai, para perempuan Indonesia! Apakah kamu salah satu perempuan yang ingin menjadi inspirasi bagi Indonesia? Bercita-cita tinggi untuk memberikan kontribusi terbaik?

Tepat sekali jika kamu baca artikel ini. Supaya dapat menjadi perempuan yang penuh inspirasi atau ibu rumah tangga yang berpendidikan tinggi, harus ada tangga perjuangan yang kamu lewati lho. Tidak serta merta semudah membalikan telapak tangan.

Mungkin saat aral rintangan begitu berat, kamu nyaris menyerah. Tapi, ingatlah bahwa perempuan-perempuan ini juga pernah melewati tantangan yang mungkin saja lebih berat dari kamu.

Yuk, simak jejak langkah para perempuan inspiratif berikut ini.

1

Najwa Shihab, Berjuang Dari Nol

soloraya.com

Kamu tentu tidak asing dengan sosok Najwa Shihab. Para penonton televisi seringkali dibuat terperangah dengan pertanyaan dan analisisnya yang sangat tajam menghujam narasumber yang diwawancarainya.

Gaya bicara Najwa Shihab sangat cerdas dengan sorot matanya yang penuh selidik. Beberapa tokoh besar di negeri ini bahkan sempat kelabakan ketika disodori pertanyaan dari Najwa Shihab.

Nama besar Najwa Shihab kini bukan karena ketenaran nama ayahnya, Quraish Shihab. Dia justru bekerja keras dengan menjadi jurnalis sehingga karirnya sangat cemerlang seperti sekarang.

Nama Najwa Shihab mulai dikenal masyarakat saat membawakan berita di lokasi bencana Tsunami Aceh tahun 2004. Emosinya yang meluap seketika itu menyentuh perhatian masyarakat Indonesia.

Sampai akhirnya Najwa pun terpilih menjadi jurnalis terbaik Metro TV pada tahun 2006. Karir Najwa kian menanjak dan menginspirasi banyak orang sehingga ia pun meraih penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 (WEF Swiss).

2

Dian Pelangi

klikkabar.com

Jagad fashion sedang diguncang dengan karya besar sosok Dian Pelangi. Wanita kelahiran Pekalongan ini mampu memberikan warna baru dalam tren busana muslimah di Indonesia dan bahkan di dunia.

Rancangan busana muslimah dan hijab khas Dian Pelangi digemari ratusan juta wanita muslimah di seluruh dunia. Perjuangannya yang panas perih telah membuahkan hasil. Kini, Dian Pelangi menjadi salah satu ikon perempuan muda Indonesia yang paling menginspirasi.

3

Merry Riana, Tidak Pernah Menyerah

alinbuku.blogspot.com

Belakangan ini, pemuda pemudi Indonesia sedang digemparkan dengan novel Mimpi Sejuta Dolar. Novel tersebut bercerita tentang Merry Riana yang kini menjadi salah satu perempuan inspiratif di Indonesia.

Merry Riana juga merupakan motivator wanita pertama yang paling nge-top dan sejajar dengan motivator pria kenamaan di negeri ini. Selain sebagai motivator, Merry Riana juga seorang pengusaha.

Karir Merry Riana yang cemerlang tidak diraihnya dengan mudah. Ia melewati perjuangan yang sangat keras dan sukar.

Pada saat kerusuhan tahun 1998, Merry Riana dilarikan orang tuanya ke Singapura untuk melanjutkan pendidikan di sana. Ia kuliah di Nanyang Technology University (NTU) dan mengambil jurusan Electrical and Electronics Engineering (EEE).

Namun, Merry Riana tersandung masalah. Tes bahasa asingnya gagal dan biaya hidupnya menipis. Ia pun mencari pinjaman agar bisa tetap bertahan hidup di sana. Tak hanya itu, Merry Riana pun bekerja sebagai penyebar pamphlet, penjaga kios sampai pelayan hotel.

Kondisi ekonomi yang kian terpuruk di sana, nyaris menikam mental Merry. Tapi, ia tidak menyerah. Sesudah ulang tahunnya ke-20, Merry mencoba membangun bisnis kecil.

Merry menjajal beberapa bisnis, seperti MLM produk, pembuatan skripsi dan bisnis saham, akan tetapi ia malah kehilangan dana sebesar $ 10.000. Tuhan Mahaadil, Merry pun mengalami titik balik kehidupannya tatkala lepas menamatkan kuliahnya.

Merry mengambil bisnis perencanaan keuangan. Hampir semua orang terdekatnya merasa risau dengan keputusan Merry. Namun, Merry membuktikan bahwa pilihannya untuk tidak terikat itu tepat.

Usaha Merry pun tidak sia-sia. Sampai akhirnya pada tahun 2003, Merry mendapatkan gelar sebagai agen terbaik di perusahaan. Hanya dalam waktu setahun, Merry menduduki posisi manajer. Selain itu, Merry juga mendapatkan banyak penghargaan.

Ingin menyaksikan perjuangan Merry Riana? Segera beli dan baca buku Mimpi Sejuta Dolar.

4

Dian Sastro, Inspiratif Sepanjang Masa

indra15deviantart.com

Siapapun pasti berpikir, kecantikan yang dimiliki Dian Sastro sudah cukup untuk membuatnya menjadi terkenal. Namun, tidak demikian yang ada di pikiran pemeran utama Film AADC ini.

Dian Sastro justru memilih untuk menjadi sosok yang berpendidikan tinggi. Kecerdasannya tercermin dari IPKnya yang berpredikat cumlaude pada saat lulus S2 di jurusan Manajemen Keuangan Universitas Indonesia.

Ibu dua anak ini bahkan masuk dalam jajaran artis kelas A di Indonesia karena sangat selektif dalam memilih peran. Tindakannya tersebut sukses membawanya di festival Film Cannes di Prancis.

5

Agnez Mo, Bintang yang Kian Bersinar

ronykeintjemdeviantart.com

Agnez Mo kini telah membuktikan kecerdasannya yang luar biasa. Kegigihannya dalam meraih mimpi patut diacungi jempo.

Agnez Mo bukan sekedar artis biasa yang populer karena keseksian atau kecantikannya. Agnez Mo merupakan seorang pejuang mimpi yang pantang menyerah.
Tahukah kamu? IPK terakhir Agnez Mo saat kuliah di Universitas Pelita Harapan adalah 3,67. Keren bukan? Tidak hanya itu, Agnez Mo juga pernah lolos dua kali kelas akselerasi saat masih SMP.

Kegigihan, kecerdasan dan sikap pantang menyerah Agnez Mo lah yang harus kamu teladani. Meski banyak yang mengejeknya, Agnez Mo terus melaju. Perjuangan Agnez Mo pun berbuah manis. Kini ia menjadi salah satu artis internasional yang berkiprah di luar negeri.

Hujatan yang datang tidak lantas membuat Agnez Mo mundur. Ia justru makin terpacu dan menjadikannya cambuk untuk melesat lebih jauh dalam menggapai mimpinya.

Leave a Comment