Perbedaan antara premuim dan pertalite

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan kata premium, namun untuk kata pertalite belum tentu semua orang tau. Bagi kamu yang suka berkendara pasti sudah tidak asing dengan kedua kata ini, tapi nanti dulu, tau nama tapi belum tentu dari perbedaan dari keduanya.

Premium dan pertalite adalah dua nama jenis bahan bakar yang digunakan oleh pertamina. Pertalite adalah nama jenis bahan bakar terbaru yang dikeluarkan pertamina, sebelumnya pertamina mengeluarkan bahan bakar premium. Kedua jenis bahan bakar ini ditujukan untuk pengguna kendaraan umum dan kendaraan bermotor dengan harga yang murah.

Harga dari premium lebih murah dibanding pertalite. Meskipun premium kurang ramah terhadap mesin namun karena harganya yang murah membuat produk ini laku dipasaran. Oleh sebab itu pertamina membuat produk baru dengan kualitas sedikit lebih baik, produk itu dinamakan pertalite.

Demi kualitas bahan bakar yang baik bagi mesin dan kenyamanan dalam berkendara, kita harus tau perbedaan antara premium dan pertalite agar kamu dapat memilih dengan cerdas bahan bakar apa yang cocok digunakan untuk kendaraan kamu. Perbedaan bahan bakar ini antara lain.

Nilai oktan

kobayogas.com
kobayogas.com

Apa sih nilai oktan? Nilai oktan adalah disebut juga sebagai nilai yang menunjukan kekuatan konversi suatu bahan bakar. Ukurannya, semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakakr maka bahan bakar tersebut semakin baik bagi mesin.

Bahan bakar dengan oktan yang tinggi membuat mesin tidak kotor karena residunya relatif kecil dan tarikan kuat karena energi yang dihasilkan lebih besar. Premium memiliki nilai oktan sebanyak 88 sedangkan pertalite memiliki nilai oktan sebanyak 90 sehingga pertalite lebih baik dibanding  premium.

Warna cairan

www.indopetronews.com
www.indopetronews.com

Warna cairan dari kedua bahan bakar ini juga berbeda sebab bahan dasar atau bahan baku yang digunakan pada kedua bahan bakar ini juga berbeda. Premium memiliki warna kuning mengkilap sedangkan pertalite berwarna hijau.

Volume penjualan

www.rri.co.id
www.rri.co.id

Berdasarkan perhitungan rata-rata dari pertamina, tingkat konsumsi premium mencapai 70-80 ribu kiloliter sedangkan untuk pertalite masih dalam masa percobaan sehingga pertamina hanya menyalurkan 8 kiloliter pertalite di setiap SPBU.

Harga

pixabay.com
pixabay.com

Perbedaan selanjutnya adalah perbedaan harga. Harga dari premium Rp 6500 sedangkan harga dari pertalite adalah Rp 7500.

itulah perbedaan antara premium dan pertalite semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang kedua bahan bakar ini.

Leave a Comment