Berikut 4 Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Tidak Kita Ketahui

Gusi berdarah memang sangat mengganggu bagi kamu yang mengalaminya. Suatu ketika jika kamu menyikat gigi yang terdapat darah yang bercampur dengan busa pasta gigi atau mungkin menempel pada gigi. Itulah yang disebut dengan gusi berdarah.

Jika kamu mengalami ini, maka kamu bisa membaca cara mengobati gusi berdarah, atau kamu harus segera mencari tahu apa saja penyebab gusi berdarah yang sedang kamu alami. Dengan mengetahui penyebabnya akan mempermudah dalam melakukan perawatan serta dapat mengatasi dengan tuntas agar tidak terjadi hal tersebut dikemudian hari.

Baca juga 4 penyebab gusi bengkak.

klinikjoydental.com
klinikjoydental.com

Penyebab gusi berdarah bisa disebabkan oleh masalah lokal pada gigi dan gusi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan hal penyebab gusi berdarah :

1. Kebersihan Gigi dan Mulut yang buruk

Jika kamu malas menggosok gigi maka akan mempermudah terbentuknya Plak, tartar, dan karang gigi dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi.

2. Trauma pada Gusi

Hal ini dapat terjadi  karena terlalu bersemangat menyikat gigi atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras juga dapat menimbulkan trauma pada gusi.

3. Gigi miring atau mal posisi

Gigi miring atau posisi gigi yang tidak semestinya akan membuat makanan mudah terjebak disana untuk dibersihkan. Hal ini terjadi pada gigi graham paling belakang atau Molar 3.

4. Penyakit Periodontal

Radang gusi yang tidak di obati dengan baik juga dapat berpotensi menyebabkan penyakit periodontal dimana penyebarannya ke jaringan tulang  yang menyokong gigi.

Ada beberapa penanggulangan sederhana untuk menanggulangi Gusi berdarah ini antara lain dengan membersihkan gigi dan mulut yang baik dan benar untuk meminimalisir terkena Gusi berdarah.

baca cara-cara menjaga kesehatan di dalam tips kesehatan.

Mengunakan sikat gigi yang lembut jika gusi sedang meradang dan terutama jika mengalami gusi berdarah setelah menyikat gigi. Jika masih juga mengalami gusi berdarah. Kamu diwajibkan untuk memeriksakan ke dokter dengan waktu yang berkala.

Selain apa yang dibahas tadi, mungkin ada banyak factor lagi lebih banyak penyebab lainnya seperti merokok, Stres, HIV dan lainnya yang dapat menjadi penyebab gusi berdarah dan hal ini juga harus cepat diidentifikasi dan diatasi.

 

Leave a Comment