Pengertian Seni Rupa Murni Beserta Contohnya

Pengertian Seni Rupa Murni – Menurut fungsinya, seni rupa terbagi atas 2 cabang yakni seni rupa terapan dan seni rupa murni. Jika ditinjau dari nilai estetikanya maka seni rupa murni lah yang dinilai cabang seni yang paling terunggul. Hal tersebut dikarenakan terkait proses pembuatannya, seni rupa murni hanya mementingkan faktor nilai estetisnya dibandingkan dengan faktor kegunaan dan nilai praktisnya.

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai lebih detail mengenai pengertian seni rupa murni. beserta jenis, fungsi dan contoh seni rupa murni dari berbagai ruang lingkup mulai dari daerah hingga mancanegara. Baiklah mari kita ikuti bersama-sama.

Pengertian Seni Rupa Murni

pengertian seni rupa murni
via blogspot.com

Berdasarkan buku seni rupa terbitan Erlangga kelas XII SMA memuat pengertian seni rupa murni yaitu seni rupa murni adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan berbagai maca karya dengan fungsi  sebatas untuk dinikmati keindahannya saja. Terkait langkah langkah pengerjaannya, seni rupa murni sama sekali tidak memperhatikan nilai dan fungsi praktisnya dari karya yang dihasilkan, namun lebih menonjolkan pada nilai estetikanya saja.

Fungsi Seni Rupa Murni

Dapat kita ambil kesimpulan dan inti sari dari pengertian seni rupa murni yang tadi dijelaskan, bahwasanya cabang dari seni rupa yang satu ini sekedar memiliki fungsi untuk hiasan dan pajangan saja. Berarti tidak bisa kita manfaatkan untuk memperingan keseharian kita, namun lebih terpaku pada pada keindahan belaka.

Contoh Seni Rupa Murni dan Gambarnya

Kita bisa menjumpai berbagai karya-karya yang dapat digunakan sebagai contoh seni rupa murni baik itu berupa 2 dimensi maupun yang 2 dimensi maupun dari daerah ataupun mancanegara.

Adapun beberapa contoh dari seni rupa murni 2 dimensi diantaranya yaitu kaligrafi, karya lukisan,kaligrafi, seni grafis dan seni fotografi.

Sementara contoh seni rupa murni 3 dimensi dapat kita temukan pada bentuk relief, patung, topeng, maupun seni keramik.

Seni rupa murni merupakan seni yang dibuat dengan tidak memperhatikan fungsi dan kegunaan, namun lebih hanya supaya dapat dinikmati tampilannya saja. Pembuatan seni rupa murni dilakukan dengan bebas dan pada umumnya mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Kegunaannya sekedar untuk pajangan dan tidak bisa dipakai untuk keseharian hidup kita. Diantara contoh seni rupa contohnya kaligrafi, lukisan, dan patung.

Sering kita jumpai karya seni rupa yang terdapat pada museum seni maupun di dalam bangunan yang hanya digunakan sebagai pajangan ataupun sebagai penghias ruangan saja.

1. Lukisan

Lukisan ialah karya seni rupa yang dibikin lewat menuangkan cat warna ke atas media canvas atau 2 dimensi. Lukisan dinilai termasuk dari seni rupa murni karena fungsi yang cuma sebagai hiasan dinding maupun pajangan.

2. Kaligrafi

Seperti halnya dengan lukisan, kaligrafi pula adalah contoh seni rupa murni 2 dimensi yang cuma dipakai sebagai peghias saja. Di masjid, mushola, maupun rumah-rumah orang muslim, karya kaligrafi tetap ditemukan sebagai pajangan dinding.

3. Seni Grafis

Seni grafis dikatakan juga contoh seni rupa murni dan juga bisa dikatakan seni rupa terapan. Bilamana dia hanya dipakai untuk hiasan, maka dia tergolong karya seni rupa murni, sementara bilamana digunakan hanya sekeda sarana ilustrasi, berarti dia tergolong karya seni rupa terapan.

4. Seni Fotografi

 

Seiringnya waktu, jenis seni rupa murni satu ini menjadi terus berkembang sejalan dengan kecanggihan teknologi kamera. Sekarang ini banyak sekali kalangan yang berminat dengan fotografi sebagai sarana mengekspresikan diri. objek objek yang ditangkap dengan memakai kamera menjadi lebih indah apabila dikombinasikan dengan seni yang satu ini.

5. Patung

pengertian seni rupa murni

Patung termasuk dari karya seni rupa murni 3 dimensi yang bahannya mulai dari batu, logam, kayu, karet dan fiber. Patung sendiri tidak terdapat aspek kepraktisan, cuma saja dipakai untuk hiasan maupun pajangan semata.

6. Relief

Relief sendiri merupakan seni pahatan yang mendeskripsikan suatu cerita dan suatu diorama. Dapat kita jumpai pahatan relief di bangunan bersejarah misalnya museum, candi, dan juga tugu peringatan. Kegunaannya cuma sebagai memberi keindahan pada bangunan saja.

7. Topeng

contoh seni rupa murni

Topeng tentunya dapat dipakai untuk pelengkap seragam tari dan sebagai pemenuhan kebutuhan yang lain. Akan tetapi, bilamana dia cuma digunakan sekedar pajangan di dinding, berarti fungsinya sudah yang lain.

Contoh seni rupa murni beserta gambarnya. Bilamana kamu ingin secara langsung melihat lihat karya karya yang termasuk dari seni rupa murni. Maka silahkan direncanakan liburan nanti untuk berkunjung ke museum seni pada daerah anda. Mudah-mudahan bermanfaat materi tentang pengertian seni rupa murni.

Tinggalkan komentar