pengertian pembangunan ekonomi

Penjelasan Lengkap Akan Pengertian Pembangunan Ekonomi

PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI  ialah sebuah proses yang menimbuklan pendapatan perkapita akan penduduk sebuah masyarakat meningkat pada jangka panjang dengan adanya perubahan ciri-ciri penting pada suatu masyarakat, yaitu perubahan entah itu dalam hal pola pikir, teknologi, maupun kelembagaan.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

pengertian pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi menurut ahli Adam Smith adalah proses perpaduan antara tumbuhnya penduduk dan kemajuan teknologinya.

Sedangkan pengertian pembangunan ekonomi menurut Prof. Meier ialah sebagai proses naiknya pendapatan rill perkapita dalam jangka waktu yang panjang.

Unsur-unsur Pembangunan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi

  • Pembangunan merupakan suatu proses, maksudnya pembangunan merupakan tahap yang mesti dijalani oleh seluruh masyarakat atau bangsa.
  • Pembangunan sebagai suatu perubahan sosial. Masyarakat merupakan pelaku akan perubahan sosial tersebut, yang mana secara langsung ataupun tidak langsung. Perubahan sosial akan membuahkan hasil pada kelancaran pembangunan atau bahkan bisa menghambat sebuah pembangunan.
  • Pembangunan sebagai sebuah usaha dalam meningkatkan pendapatan perkapita. Sebagai usaha sebuah pembangunan termasuk tindakan aktif yang harus diperbuat oleh negara untuk rangka meningkatkan pendapatan perkapita.
  • Peningkatan pendapatan perkapita mesti berlangsung pada jangka panjang. Sebuah perekonomian dapat dibilang dalam keadaan berkembang jika pendapatan perkapita pada jangka panjang cendrung meningkat. Hal ini bukan berarti pendapatan perkapita mesti mengalami penaikan terus menerus.

Dampak Positif dan Negatif Pada Pembangunan Ekonomi

pengertian pembangunan ekonomi
abstraksiekonomi.blogspot.co.id

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  • Melalui adanya pembangunan ekonomi, pelaksanaan berbagai macam kegiatan perekonomian akan berjalan dengan lancar dan sanggup mempercepat proses tumbuhnya ekonomi.
  • Karena adanya pembangunan ekonomi bisa dimungkinkan terciptanya sebuah lapangan pekerjaan yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran.
  • Terciptanya lapangan pekerjaan dari sebuah pembangunan ekonomi secara langsung dalam memperbaiki tingkat pendapatan negara.
  • Dengan adanya pembangunan ekonomi dipastikan adanya perubahan struktur dalam ekonomi dari mulanya struktur ekonomi agraris menjadi ekonomi industri, sehingga pada kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh negara akan menjadi lebih beragam dan dinamis.
  • Pembangunan ekonomi membuat adanya tingkatan kualitas SDM sehingga akan memungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi berkembang pesat dan otomatis kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

Dampak Negatif Dari Pembangunan Ekonomi

  • Adanya pembangunan ekonomi yang sebalumnya tidak terencanakan dengan baik sehingga menimbulkan kerusakan pada lingkungan hidup.
  • Industrialisasi mengakibatkan lahan pertanian berkurang
  • Hilang atau tersingkirnya habitat alam entah itu alam hayati atau hewani
  • Tercramarnya air, udara, dan tanah dari akibat ketidak disiplinanya manusia

Faktor Pembangunan Ekonomi

pengertian pembangunan ekonomi
makalah-perpustakaan.blogspot.co.id

Beberapah macam yang berpengaruh dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tetapi pada dasarnya hal seprti itu bisa digolongkan menjadi dua, misalnya faktor ekonomi dan yang bukan ekonomi.

Hal-hal yang bisa mempengaruhi pembangunan dan juga petumbuhan ekonomi ialah SDM, SDA, kewirausahaan dan juga keahlian.

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang mencakup seperti, tanah, hasil hutan, keadaan cuaca atau iklim, hasil laut juga tambang sangat mempengaruhi dalam prtumbuhan industri pada suatu negara, yang paling utama dalam hal ketersediaan bahan baku produksi.

Keahlian dan kewirausahaan dibutuhkan sebagai bentuk pengolahan bahan mentah dari alam menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi (disebut juga sebagai sebuah proses produksi)

Sumber daya manusia juga sebagai penentu keberhasilan pembangunan sebuah negara lewat jumlah dan kualitas produk. Jumlah penduduk yang besar termasuk kesempatan dalam pemasaran yang sangat potensial untuk memasarkan hasil produksi, dan juga kualitas penduduk akan menentukan seberapa besar akan produktifitas yang ada.

Faktor non ekonomi atau yang bukan ekonomi sebagai penyababnya, meliputi kondisi sosial kultural budaya yang ada pada diri masyarakat, kelembagaan, keadaan sebuah politik dan juga sistem yang berkembang serta berlaku pada masyarakat.