pasar persaingan sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Lengkap dengan Ciri dan Contohnya

PENGERTIAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA – Sebelum lanjut ke pembahasan perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa itu pasar? Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi baik barang maupun jasa.

Menurut ilmu Ekonomi, pasar sangat berkaitan dengan kegiatan yang ada di dalamnya, bukan tempatnya. Ciri utama pasar yaitu adanya kegiatan jual-beli atau transaksi.

Sedangkan yang dimaksud pasar persaingan sempurna yaitu struktur pasar atau industri yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli, serta masing-masing penjual ataupun pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar.

Ciri-ciri Sistem Pasar Persaingan Sempurna

pasar persaingan sempurna
ekomicro . blogspot . com

Di Indonesia banyak pasar-pasar yang hampir menggunakan sistem persaingan sempurna, akan tetapi tidak menutup kemungkinan, ada beberapa cukong-cukong yang mengadopsi sisitem pasar persaingan yang tidak sempurna. Oleh karena itu, supaya lebih mudah dalam memahami dan membedakan kedua sistem tersebut, simak berikut.

Perusahaan Adalah Pengambil Harga

Pengambil harga atau biasa disebut price taker ini artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak bisa menentukan atau merubah harga pasar. Segala sesuatu yang dilakukan perusahaan dalam pasar niscaya tindakan tidak akan merubah harga lebih dari harga yang berlaku di pasar.

Harga barang di pasar ditentukan berdasarkan interaksi keseluruhan antara produsen dan konsumen. Seorang produsen mempunyai peran yang kecil di dalam pasar, sehingga ia tidak bisa mempergaruhi harga atau menentukan tingkat produksi di dalamnya.

Setiap Perusahaan Mudah Keluar dan Masuk Pasar

Apabila perusahaan mengalami kerugian dan ingin meninggalkan industri tersebut, maka hal ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Kemudian sebaliknya jika ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut maka si produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan yang inginkan itu. Kesemuanya itu tidak menimbulkan hambatan-hambatan, enak banget kan.

Menghasilkan Barang Serupa

Membedakan sekian banyak barang yang dihasilkan dari berbagai macam perusahaan tidaklah mudah. Dikarenakan barang-barang yang dihasilkan sangatlah mirip dan tidak ada perbedaan yang signifikan di dalamnya.

Barang-barang seperti ini diistilahkan sebagai barang identical atau homogenous. Konsumen tidak dapat membedakan antara barang yang dihasilkan oleh produsen 1,2, dan lainnya. Akibatnya adalah tidak bisa melakukan persaingan-persaingan promosi atau iklan.

Terdapat Banyak Perusahaan di Pasar

Ini adalah sifat yang mengakibatkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan dalam merubah harga. Sifat ini mempunyai dua aspek antara lain: Jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan relative kecil apabila dibandingkan dengan keseluruhan perusahaan di dalam pasar.

Dampak yang diakibatkan dari ciri yang satu ini adalah sedikitnya produksi suatu perusahaan dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut.

Pembeli Mempunyai Pengetahuan yang Sempurna Mengenai Pasar

Dalam pasar persaingan sempurna juga diibaratkan bahwa jumlah pembeli yang sangat banyak. Akan tetapi diibaratkan juga bahwa masing-masing pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai keadaan di pasar, meliputi harga dan perubahan-perubahan yang ada. Hal ini mengakibatkan produsen tidak bisa menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

pasar persaingan sempurna
vracarsa . blogspot . com

Ketika kita mengamati pasar terlihat sangat jelas bahkan jarang sekali ditemukan pasar-psar yang menerapkan sistem pasar persaingan sempurna. Yang ada hanya jenis pasar yang baru mendekati pasar persaingan sempurna.

Contohnya adalah pasar barang atau komoditi makanan pokok seperti pasar sayuran, buah-buahan dan pasar beras dll. Dalam pasar beras dapat diterangkan hubungan antara produsen dan konsumen bisa dibilang mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempurna.