pengertian pantai

Pengertian Pantai dan Jenisnya

PENGERTIAN PANTAI – Memahami pantai dan pesisir hampir semua dari kita mengenal pantai namun sering juga tidak mengerti apa definisi pantai, karena itu dari pemahaman kita banyak kekliruan, misal dengan membuat persamaan pantai dengan pesisir dan pantainya berbeda.

Pesisir adalah daerah pertemuan antar air laut dan tanah yang akhirnya terjadi yang dinamakan air pasang maupun air surut walau itu saat muncul badai.

Sedangkan Pantai merupakan daerah yang dimulai dari daerah pesisir hingga jauh ke daratan. Tidak ada batas yang pasti atau jelas mengenai luas wilayah pesisir namun jelas daerah pesisir merupakan bagian dari wilayah pesisir.

Pengertian Pantai

pengertian pantai
pantai.com

Definisi pantai merupakan bagian dari tanah yang berdekatan dengan laut, yang masih dipengaruhi oleh proses abrasi (erosi air laut), sedimentasi (sedimentasi), dan pasang surut air laut. Menurut bentuk pantainya bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu landai pantai dan pantai curam.

Jika kita pergi ke pantai dimana kita bisa langsung menuju air laut dan bisa berenang, bermain pasir dan bisa bermain dengan ombak di pinggir pantai kemudian disebut pantai landai.

Pengertian pantai landai tersebut berada di daerah dataran rendah sehingga masih mempengaruhi proses abrasi, sedimentasi, dan pasang surut air laut.

Sebaliknya, jika kita pergi ke pantai, dimana kita tidak bisa langsung menuju ke air, tidak bisa bermain pasir dan ombak di pinggir, tidak bisa berenang, tapi hanya bisa melihat dari kejauhan di atas bukit atau gunung maka pantai itu disebut pantai curam.

Pantai curam tidak terpengaruh oleh endapan dan pasang surut air laut, namun sangat terkena abrasi.

Sedangkan pengertian pantai adalah daratan yang berada di tepi laut yang membanjir saat air pasang dan mengering saat surut. Daerah pesisir lebih besar dari pada daerah pesisir. Daerah pesisir yang luas bisa mencapai antara 50 – 100 m.

Didataran pantai ada proses rembesan air laut, pasang surut laut, dan angin laut, sedangkan di perairan masih dipengaruhi oleh sifat tanah seperti sedimentasi dan aliran air tawar.

Pesisir merupakan daerah yang rawan terhadap proses abrasi dan kerusakan akibat aktivitas manusia. Oleh karena itu, kita wajib melindungi.

Perairan samudra merupakan fondasi perairan laut misal : Samudera Pasifik, kumpulan Laut Jepang dan Laut Cina Selatan.

Teluk adalah perairan laut yang masuk ke tanah misal : Teluk India Benggala, Teluk Meksiko dan Teluk Pacitan.

Selat adalah perairan laut yang terletak di antara dua daratan, pulau, atau benua misal : Selat Bali, Selat Malaka, dan Selat Bosporus.

Bentuk pantai bisa berubah dari waktu ke waktu. Perubahan bentuk ini disebabkan oleh :

  • Adanya pengaruh energi eksogen seperti ombak, arus laut, erosi pantai akibat pasang surut air laut.
  • Adanya pengaruh energi endogen seperti kenaikan atau penurunan lapisan bumi di pantai,
  • Adanya aktivitas manusia seperti menguras rawa, membuat pelabuhan dan pengerukan muara sungai.

Jenis Pantai

pengertian pantai
caragigih.id

Berdasarkan bentuknya pengertian pantai bisa dibagi menjadi empat yaitu:

Sebuah pantai landai adalah pantai yang topografinya hampir rata misalnya pantai parangtritis.

  • Pantai curam adalah topografi bergunung-gunung, seperti pantai barat pulau Sumatera.
  • Tebing pantai adalah pantai yang tebing terjal akibat proses abrasi dalam waktu lama. Jenis pantai ini juga dinamakan sebagai flown.
  • Pantai karang adalah pantai topografi yang ada karang atau pulau karang.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pantai semoga bisa menjawab pertanyaan Anda dano sekaligus menambah wawasan mengenai pantai lebih baik, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.