Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial Beserta Jenis dan Fungsinya Lengkap

PENGERTIAN LEMBAGA SOSIAL – Hai sobat satujam! Ketemu lagi, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian lembaga sosial. Kenapa kita harus mempelajari dan memahami lembaga sosial? Karena, kalau kita hidup tanpa adanya lembaga sosial kita akan hidup bagaikan hidup bersendiri di bumi ini.

Nah, untuk itu, penting untuk kita memahami betul apa itu lembaga sosial. Supaya lebih jelasnya lagi, berikut pengertian dari lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial
media.licdn.com

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, kita harus memahami betul dan memperhatikan lembaga sosial. Pengertian lembaga sosial sendiri ialah suatu lembaga yang memegang suatu rangkaian tata cara dalam menjalankan hubungan antar manusia atau masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan adanya aturan-aturan hidup.

Dalam cakupan sistem norma dari lembaga sosial meliputi gagasan, tata cara, aturan, kegiatan serta ketentuan sanksi. Cakupan sistem norma tersebut sudah menjadi sistem yang terorganisasi teruji kreadibilitasiya dan terpercaya dari hasil proses yang dilakukan dan dialami secara berangsur-angsur.

Hal ini sebagaimana agama, yang mana terdapat padanya gagasan, tata cara beribadah, aturan dan juga keyakinan serta pedoman yang dianutnya supaya menyelamatkannya dan membawanya dalam kebenaran di dunia dan akhirat. Begitulah pentingnya dalam memahami dan menjalani kehidupan dengan lembaga sosial di keseharian kita.

Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga Sosial
arjoena.com

Suatu hal yang kita lakukan atau kita rencanakan pastinya ada tujuan yang kita harapkan, begitu juga suatu lembaga sosial. Fungsi yang didapat dari lembaga sosial adalah dapat  meningkatkan sebuah aktivitas manusia dalam bentuk memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam.

Sebab, kalaupun tidak ada suatu aturan atau tata tertib yang ada, maka manusia akan melakukan hal yang dapat merusak alam. Dan setiap dari jenis lembaga sosial yang berbeda memiliki fungsi tersendiri.

Jenis-jenis Lembaga Sosial

Jenis Lembaga Sosial
teropongsenayan.com

Kalimat ataupun kata lembaga sosial itu msihlah umum, lembaga sosial tersebut terdapat ataupun terbagi dalam jenis dan macam-macamnya. Adapun jenis atau macam dari lembaga sosial adalah.

1. Lembaga Sosial Keluarga

Dalam suatu lembaga sosial, keluarga merupakan lembaga sosial yang paling terkecil pada suatu masyarakat. Dalam suatu kekeluargaan, hubungan kekeluargaan akan diatur sesuai peran dan fungsi dari anggota keluarga tersebut. Misalkan seorang Bapak, ia menjadi kepala dan pemimpin yang berkewajiban memenuhi kebutuhan keluarganya.

Adapun Ibu berperan untuk mendampingi sang Ayah dalam menjaga keutuhan kekeluargaannya serta mengurusi pekerjaan rumah. Keluarga menjadi tempat sosialitas pertama untuk sang anak. Dari itulah anak belajar dan dilatih untuk mengenal bagaimana hidup bermasyarakat ataupun orang lain.

Sampai anak benar-benar siap hidup bermasyarakat dan diajari mengenai perilaku ataupun aturan dan nilai-nilai yang sudah berlaku dalam masyarakat.

2. Lembaga Sosial Pendidikan

Lembaga sosial pendidikan bisa dibilang lanjutan dari lembaga keluarga. Yaitu suatu tempat kegiatan belajar secara langsung dengan tujuan mengubah perilaku seseorang supaya menjadi lebih baik dalam lingkungan sekitar. Dalam proses lembaga pendidikan ini dari jenjang pra sekolah sampai perguruan tinggi.

Pada lembaga pendidikan inilah, seseorang ataupun sang anak akan dikenalkan lebih mendalam dan lebih luas mengenai hidup bermasyarakat. Entah itu pendidikan secara formal ataupun yang berpendidikan dalam pesantren. Selain itu, sang anak juga dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan, mengolah dan menghemat sumber daya alam di sekitar.

Dan masih banyak lagi yang akan didapat oleh seorang anak dalam menjalani lembaga kegiatan belajar.

3. Lembaga Sosial Ekonomi

Pada lembaga sosial ekonomi, merupakan bagian hubungan antar manusia dalam kebutuhan pokok. Dengan adanya lembaga perekenomian ini, akan mengatur pada bidang–bidang perekonomian untuk menuju kehidupan masyarakat yang sejahtera dan semua kebutuhan.

4. Lembaga Sosial Agama

Lembaga sosial agama merupakan suatu keyakinan dan sistem pengamalan dalam masyarakat. Pada dasarnya, dalam masalah agama adalah suatu hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Yang mana seseorang harus menjalani kehidupannya dengan mempertimbangkan untuk kebaikan di dunia dan akhirat.

5. Lembaga Sosial Politik

Lembaga sosial politik adalah suatu badan yang khusus yang bertugas untuk mengatur dalam pelaksanaan kekuasaan serta wewenang yang bersangkutan mengenai kepentingan masyarakat. hal ini dibentuk demi tercapainya ketertiban kehidupan masyarakat.

Mereka harus benar-benar menjaga dan melayani rakyat dengan aman dan tertib. Misal dari lembaga sosial politik antara lain adalah: DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), dan MPR (Majelis Perwakilan Rakyat).

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian serta fungsi dan jenis dari lembaga sosial. Sekiranya pembahasan mengenai pengertian lembaga sosial dan yang berkaitan tentangnya cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat untuk kita semua, wassalam.