Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan KBBI

PENGERTIAN KREATIF – Apakah pengertian kreatif itu? dan apa beda antara kreatif dan inovatif?

Kebanyakan dari kita pasti sudah banyak mendengar kata kreatif dan inovatif dalam kehidupan kita sehari-hari.

Entah itu di sekolahan, di kantor, ataupun di lingkungan rumah kita. Biasanya orang menghubungkan kata kreatif dengan sesuatu yang sifatnya ciptaan atau menciptakan.

Akhir-akhir ini juga ramai didengung-dengungkan tentang Ekonomi Kreatif yang menuntut suatu karya baru atau yang beda dengan yang lain.

Di kutip dari kamus besar Bahasa Indonesia, definisi kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan, sedangkan inovatif merupakan pengenalan terhadap hal-hal baru.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pengertian kreatif dari para ahli dan dari berbagai sudut pandang pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

einstein
pengertian kreatif | youtube.com

“Kreatif adalah skill untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, dan mengkombinasikan beberapa konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang berbeda” (James R. Evans, 1994)

“Kreatif adalah skill untuk menyelesaikan sebuah kasus yang memberi kesempatan kepada setiap personal untuk berkreasi untuk memunculkan ide-ide baru/adaptif yang memiliki fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

Pengertian Kreatif dan Inovatif dalam Ilmu Ekonomi

usaha kreatif roti pisang
pengertiak kreatif | bukanusaha.blogspot.com

Dalam ilmu ekonomi, kreativitas adalah proses timbulnya ide atau gagasan baru,  sedangkan inovasi adalah mengimplementasikan ide baru menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis atau yang bisa mengubah dunia.

Inovasi mengambil ide, menjadikannya suatu produk atau servis atau proses yang real dalam sebuah korporasi.

Baca juga : Pengusaha Catering Bandung yang Sukses dengan Kreatifitasnya

Kreatif dan inovatif berhubungan dengan kemampuan mencipta sesuatu yang baru, yang belum terfikirkan oleh orang lain pada umumnya, atau berbeda dengan apa yang sudah ada sebelumnya.

Biasanya, orang yang kreatif itu memiliki kecerdasan yang tinggi, akan tetapi, tidak semua orang kreatif itu kreatif. Salah  jika orang mengatakan bahwa kreatif itu bawaan dari lahir, karena kreatifitas bisa dilatih, diusahakan, dan ditingkatkan.

Pengertian Kreatif Menurut KBBI

gambar buku kamu bersar bahasa indonesia kbbi
pengertiak kreatif | goodnews.com

Pengertian kreatifitas yang dikutip dari situs kbbi.web.id, kreatif /kre·a·tif/ /kréatif/ memiliki arti sesuatu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan; menciptakan daya cipta atau bersifat (mengandung) daya cipta. Pekerjaan yang menuntuk imajinasi dan kecerdasan.

Manusia Kreatif dan Inovatif

gambar boneka danbo inspirasi
pengertiak kreatif | pinteres.com

Terdapat perbedaan antara manusia yang kreatif dan Inovatif dengan orang-orang biasa-biasa saya yang tidak mau berkreasi.

Hal itu bisa dilihat dari ciri-ciri fisik maupun tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ciri-ciri manusia kreatif dan inovatif.

Ciri-ciri Manusia Kreatif

1. Manusia kreatif menyukai tantangan

Bagi orang-orang yang memiliki kreatifitas, sesuatu problem bukanlah halangan, akan tetapi  selalu dianggap sebagai tantangan yang harus dilewati.

Jika mereka bisa mengatasi masalah tersebut, maka mereka akan mendapatkan kepuasan atas capaian yang sudah didapatkan.

Orang-orang kreatif selalu melihat sebuah permasalahan sebagai suatu hal yang menarik, dan mau menghadapi permasalahan tersebut.

2. Manusia kreatif memiliki rasa ingin tahu yang besar

Manusia kreatif selalu ingin mengetahui segala hal yang ada di sekelilingnya. Rasa penasarannya menjadi motivasi untuk melakukan sesuatu.

Manusia kreatif sering terlihat sibuk mencari tahu atau antusias dalam mengerjakan sesuatu.

3. Manusia kreatif berfikir dari berbagai macam sudut pandang

Kalau sistem berfikir yang berurutan atau runtut banyak dipengaruhi oleh otak kiri, maka orang yang berfikir out of the box  (kreatif) banyak menggunakan otak kanan dalam mencari sebuah pemecahan masalah.

Dengan menggunakan otak kanan, orang bisa mencari solusi atas suatu permasalahan dari berbagai macam jalan. Bagi orang yang kreatif, pemecahan masalah selalu terdapat pada setiap maslaah.

4. Manusia kreatif itu optimis

Orang-orang yang memiliki rasa optimis pada dirinya selalu meyakini bahwa setiap masalah pasti ada solusinya, dan tidak ada masalah yang besar baginya.

Hal ini bukan berarti orang-orang yang memiliki sifat optimis tidak pernah depresi atau tertekan, akan tetapi mereka tidak membiarkan berlarut-larut dan berdiam diri menghadapi sebuah permasalahan.

5. Manusia kreatif itu fleksibel

Manusia kreatif menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cara yang tidak biasa. Cara mereka menyelesaikan masalah terlihat tidak berbelit-beli, sederhana, dan tidak rumit.

Manusia kreatif memiliki imajinasi dan pemikiran yang flexibel sehingga berbagai peluang mudah terlihat.

Bagaimana, pasti kamu sudah punya gambaran kan tentang pengertian kreatif? Semoga pembahasan mengenai apa itu kreatif di atas bisa menambah pengetahuan baru untuk kamu.

Tinggalkan komentar