pengertian kerjasama

Pengertian Kerjasama

PENGERTIAN KERJASAMA – Adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain.

Pengertian Kerjasama

http://www.jamilazzaini.com/wp-content/uploads/2016/12/Memaafkan-dan-Kerjasama-800x430-800x430.jpg
jamilazzaini.com

Kerjasama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerjasama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.

Adapun bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut:

1. bargaining yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok. Dalam pengertian lebih luasnya bargaining artinya adalah nilai awar. Bargaining dilakukan supaya proses kerjasama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah pihak.

2. Kooptasi yaitu proses penerimaan unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersngkutan.

3. koalisi yaitu gabungan atau kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.

4. Joint Venture, yaitu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/ proyek.

Kerukunan, mencakup gotong royong dan tolong menolong.

Jenis Kerjasama

Image result for kerjasama
okezone.com

Jenis kerjasama yang dilihat dari hubungannya dengan konsentrasi aktivitas manusia di masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Kerja sama ekonomi, yaitu kerjasama yang disebabkan oleh perampasan sumber daya ekonomi dari pihak-pihak yang bekerja sama.
  • Kerja sama politik, yaitu kerjasama yang dipicu oleh adanya kepentingan politik dan perbedaan dari pihak-pihak yang bekerja sama.
  • Kerja sama sosial, yaitu kerja sama yang disebabkan oleh persamaan dan perbedaan kepentingan sosial partai yang bekerja sama.
  • Kerja sama antaragama merupakan kolaborasi yang dipicu oleh sentimen keagamaan.

Jenis kerja sama yang terlihat dari pandangan Sosialis dengan konsentrasi kerja sama antar kelompok adalah sebagai berikut.

Perundingan, yaitu kerja sama individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan tertentu dengan kesepakatan pertukaran barang, jasa, kukuasaan, atau posisi tertentu.

Cooptation, yaitu kerjasama dengan cara mau menerima unsur baru dari pihak lain dalam organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari guncangan stabilitas organisasi.

Koalisi, yaitu kerjasama antara dua atau lebih organisasi yang memiliki tujuan yang sama, namun masih memiliki batas tertentu dalam kerjasama sehingga identitas masing-masing anggota koalisi dipertahankan.

Jenis kerjasama yang dilihat dari sudut manajemen dengan istilah kolaborasi adalah sebagai berkut:

  • Kerjasama antara pemimpin / manajer dengan staf
  • Kerja sama antar staff
  • Kerja sama sesama rekan kerja atau rekan kerja

Macam-macam Kerjasama Internasional

pengertian kerjasama
Lah Iya.com

1. Kerjasama Bilateral

Kerja sama bilateral merupakan bentuk kerjasama ekonomi antara dua negara. Kerja sama ini terjadi karena kedua negara saling menguntungkan atau kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik.

Misalnya, hubungan antara Arab Saudi dan Indonesia dalam ziarah, hubungan antara Malaysia dan Indonesia mengenai lapangan kerja, dan hubungan dagang antara Indonesia dan Jepang.

2. Kerjasama Daerah

Kerjasama regional adalah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Negara-negara di suatu wilayah. Contohnya adalah kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN, MEE, atau NAFTA.

3. Kerjasama Multilateral

Kerjasama mulitilateral adalah kerja sama antara dua atau lebih negara. Kerjasama jenis ini bisa di satu wilayah, atau bisa di daerah yang berbeda.

Misalnya adalah hubungan kerjasama yang ada di satu wilayah ASEAN, EEC, NAFTA. Contoh kerja sama di berbagai wilayah OPEC.

Demikian yang dimaksud pengertian kerjasama semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda mengenai pengertian kerjasama, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.