pengertian kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Secara Umum

Pengertian kepemimpinan, kepemimpinan merupakan suatu kekuatan yang bisa menggerakkan suatu kegiatan atau perjuangan untuk menuju kesuksesan. Suatu kepemimpinan bisa diartikan juga dengan proses dalam mempengaruhi serta memberikan contoh dari pemimpin kepada kelompoknya dalam suatu organisasi demi mencapai tujuan bersama dalam kolompoknya.

Kata kepemimpinan berasal dari kata pemimpin, dan pengertian pemimpin adalah terjadinya suatu peranan ketua didalam sebuah sistem pada suatu kelompok atau organisasi. Sehingga kepemimpinan yang memang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain untuk bekerja demi mencapai suatu tujuan.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Luar Negeri dan Indonesia

pengertian kepemimpinan

Pentingnya suatu kepemimpinan bisa dilihat dari banyaknya para ahli yang sudah memberikan akan pendapat tentang pengertian kepemimpinan. Berikut ini berbagai pengertian kepemimpinan dari para ahli:

Kumpulan Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli dari Luar Negeri

pengertian kepemimpinan

  • Pengertian Kepemimpinan Menurut George R. Terry (1972:458): Kepemimpinan adalah suatu aktivitas yang bisa mempengaruhi orang-orang agar bisa diarahkan dalam mencapai suatu tujuan dalam organisasi.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Stoner: Kepemimpinan adalah suatu proses yang mengenai suatu pengarahan danjuga suatu usaha supaya mampu mempengaruhi suatu kegiatan yang bisa berhubungan dengan suatu anggota kelompoknya.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Jacobs dan Jacques (1990:281): Kepemimpinan adalah suatu proses untuk memberi arti terhadap suatu usaha yang kolektif yang mampu mengakibatkan suatu kesediaan dalam melakukan suatu usaha yang memang diinginkan demi mencapai suatu sasaran.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Hemhiel dan Coons (1957:7): Kepemimpinan adalah suatu perilaku yang berasal dari individu seseorang yang mampu memimpin suatu aktivitas-aktivitas pada suatu kelompok ke suatu tujuan yang hendak dicapai bersama-sama (shared goal).
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Ralph M. Stogdill: Kepemimpinan adalah sesuatu terjadinya proses untuk mempengaruhi suatu kegiatan-kegiatan yang berasal dari sekelompok orang yang memang terorganisasi di dalam suatu usaha yang mereka telah menetapkan demi mencapai suatu tujuan.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Rauch dan Behling (1984:46): Kepemimpinan adalah suatu proses yang mampu mempengaruhi suatu aktivitas-aktivitas yang berasal dari sebuah kelompok yang sudah diorganisasikan ke suatu arah dalam pencapaian suatu tujuan.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut Wexley dan Yuki (1977): Kepemimpinan adalah suatu hal yang mampu mempengaruhi orang lain agar orang lain tersebut lebih untuk berusaha dalam mengarahkan tenaganya dalam menjalani tugasnya atau juga merubah suatu tingkah laku dari mereka.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Indonesia

pengertian kepemimpinan

  • Kepemimpinan Menurut Wahjosumidjo (1987:11): Kepemimpinan adalah suatu hal yang memang telah melekat di dalam diri seseorang dalam menjadi pemimpin. Dan ia memiliki sifat-sifat tertentu seperti: kemampuan (ability), kepribadian (personality), dan kesanggupan (capability). Kepemimpinan telah menjadi rangkaian kegiatan (activity) daris eorang pemimpin yang memang tidak bisa dipisahkan dengan suatu kedudukan atau (posisi) dan juga gaya ataupun perilaku dari pemimpin itu sendiri. Kepemimpinan adalah suatu proses antarhubungan atau juga terjadinya interaksi antara pemimpin, pengikut dan juga situasi.
  • Kepemimpinan Menurut Sutarto (1998b:25): kepemimpinan adalah suatu rangkaian yang ada pada kegiatan dalam penataan yang berupa kemampuan yang bisa mempengaruhi akan perilaku dari orang lain dalam situasi yang tertentu. Hai itu supaya orang lain mau bersedia untuk bekerja sama demi tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan.
  • Pengertian Kepemimpinan Menurut S.P.Siagian: Kepemimpinan adalah suatu kemampuan serta keterampilan dari seseorang dalam menduduki suatu jabatan dalam menjadi pimpinan pada suatu pekerjaan. ia mampu mempengaruhi akan perilaku dari orang lain. Terutama perilaku bawahannya agar mereka mau berpikir serta bertindak sedemikian rupa. Sehingga dengan melalui suatu perilaku yang positif ini bisa memberikan sumbangan yang nyata dalam tujuan pencapaian di organisasi.
  • Kepemimpinan Menurut Moejiono (2002): kepemimpinan adalah akibat dari penagaruh yang berasal satu arah, sebab pemimpin yang mungkin telah memiliki kualitas-kualitas tertentu yang mampu membedakan akan dirinya dan pengikutnya.