pengertian erosi2

Pengertian Erosi beserta Penyebab dan Proses Terjadinya

PENGERTIAN EROSI – Pada dasarnya sebuah erosi merupakan suatu kejadian alam yang murni atau alami. Tetapi semakin berkembang dan majunya zaman, manusia-manusia di bumi ini turut berperan atas terjadinya erosi ini. Aktifitas manusia yang kurang baik dalam menyikapi bumi seperti penggundulan hutan, pengelolaan lahan yang buruk membuat meningkatnya erosi yang terjadi menjadi lebih tinggi.

Terjadinya erosi bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negatif bagi lingkungan sekitar. Hal ini biasanya tergantung dimana terjadinya erosi. Jika erosi terjadi di lingkungan yang padat akan pemukiman manusia tentunya dampak yang terjadi merupakan dampak negatif.

Bicara tentang erosi, sudah tahukah kita pengertian dari erosi tersebut? Apa saja penyebab terjadinya erosi? Bagaimana proses terjadinya? Pada artikel ini kita akan membahas tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut. Untuk memperjelasnya, mari kita bahas lebih jauh lagi.

Pengertian Erosi

Pengertian erosi
Sumber: wikipedia.org

Erosi yaitu suatu kejadian atau peristiwa pengikisan padatan seperti tanah, batuan, sedimen, dan lainnya yang terjadi karena transportasi air, angin, es, hujan, pengaruh gravitasi, dan aktifitas makhluk hidup. Erosi bisa menyebabkan berkurangnya daya dukung tanah dan merosotnya suatu produktivitas tanah.

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa erosi pada dasarnya sebuah proses kejadian yang alami dan baik untuk ekosistem. Namun, erosi bisa juga terjadi karena aktivitas manusia yang kurang baik dalam menyikapi bumi ini.

Suatu kejadian erosi bisa terjadi apabila sudah melalui proses yang bertahap-tahap, dengan penyebab yang bermacam-macam. Di dalam proses erosi ada-3 tahapan utama yang pasti dilalui. Tiga tahapan utama tersebut yaitu Detachment, Transportation, Depotition atau Sedimentation.

Penyebab Terjadinya Erosi

pengertian erosi2
Sumber: aktual.com

Ada tiga faktor penyebab terjadinya erosi yang perlu kita ketahui, penyebab-penyebab tersebut bisa terjadi karena faktor alami, bisa juga karena faktor pengaruh dari aktivitas manusia.

– Faktor Iklim

Faktor iklim yaitu suatu faktor dari besar kecilnya suatu intesitas hujan, angin, badai, atau iklim lainnya yang terjadi dan menyebabkan terjadinya erosi.

– Faktor Geologi

Faktor penyebab erosi yang ini contohnya seperti tipe sedimen, batuan, porositas, permeabilitas, kemiringan, jenis dan sifat tanah yang bersangkutan.

– Faktor Biologis

Faktor biologis yaitu faktor dari makhluk hidup seperti perbuatan manusia yang kurang bertanggung jawab. Contohnya seperti penebangan hutan yang sembarangan.

Proses Terjadinya Erosi

Pengertian erosi3
Sumber: wikipedia.org

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa proses erosi ada-3 tahapan utama. Berikut ini adalah penjelasannya.

– Detachment

Detachment yaitu proses interaksi yang terjadi antara objek dalam bentuk padatan seperti tanah, dan lainnya dan penyebabnya atau subyeknya adalah angin, air, gelombang laut atau subyek lainnya yang berbentuk selain padatan. Interaksi antara subyek dan obyek ini menyebabkan pecah atau hancurnya objek menjadi partikel yang lebih kecil dan terlepas.

– Transportation

Setelah proses detachment terjadi, tahapan selanjutnya yaitu transportation. Yaitu proses pergerakan atau perpindahan partikel, yang sering djumpai yaitu dari tempat tinggi menuju ke tempat rendah.

– Depotition atau Sedimentation

Tahapan ini yaitu proses yang terjadi setelah proses transportation, yaitu partikel-pertikel yang berhenti di tempat tertentu lalu mengalami pengendapan pada tempat tersebut.

Mungkin jika kita selama ini melihat terjadinya erosi tidak sedetail sampai memperhatikan proses terjadinya, sehingga tidak tahu nama-nama proses atau tahapan tejadinya eosi tersebut.

Demikian pembahasan pada artikel ini tentang erosi, meliputi pengertian erosi, penyebab erosi, dan proses terjadinya erosi, semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam seperti erosi ini.