penemu-facebook

Kegigihan Mark Zuckerberg Sang Penemu Facebook

Siapa yang tidak kenal Mark Zuckerberg sang penemu facebook yang sangat fenomenal. Alumni Havard University yang lulus pada tahun 2002 memulai eksperimennya saat masih mahasiswa. Mark terinspirasi dengan sebuah direktori di sekolahnya, dimana mahasiswa memiliki halaman tersendiri dan dapat mempublikasi seperti direktori foto dan pengalaman selama bersekolah. Para siswa dapat saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Awal mula dibuatnya facebook ketika Mark Zuckerberg iseng menciptakan situs bernama facemash.com yang memuat foto-foto mahasiswi Harvard, kemudian membandingkannya dan meminta pengguna untuk memilih mana yang menarik. Hal tersebut sempat membuat jaringan internet di Harvard hampir lumpuh lalu pihak kampus memblok situs buatan Mark Zuckerberg. Ia pun kemudian mendapat sanksi dari kampusnya karena ulahnya meretas server kampusnya.

Pada semester berikutnya, ia mulai menulis kode untuk membuat facebook belajar dari insiden facemash.com. Setelah selesai merancang dan menulis susunan kode untuk facebook. Pada tanggal 24 Februari 2004 Mark Zuckerberg resmi meluncurkan facebook dengan nama thefacebook.com.

Dalam menciptakan facebook, ia dibantu oleh beberapa rekan asramanya yaitu Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Andrew McCollum. Ada hal terjadi setelah beberapa hari thefacebook diluncurkan, banyak muncul tuduhan bahwa Mark Zuckerberg mencuri ide dari senior mereka yaitu Tyler Winklevoss, Cameron Winklevoss dan Divya Narendra yang menciptakan situs bernama Harvardconnection.com.

Dengan kegigihannya dan bantuan teman-temannya, Mark Zuckerberg berusaha melakukan promosi untuk memperkenalkan facebook kepada teman-temannya. Mulanya facebook hanya membatasi anggotanya yaitu khusus mahasiswa Harvard saja, namun beberapa bulan kemudian, perkembangan facebook semakin meningkat hingga Mark membuka keanggotaan facebook di berbagai kampus lain di Amerika.

Facebook yang terus berkembang pesat, menarik para pengusaha untuk menanamkan modalnya dalam mengembangkan facebook. Seperti: Sean Parker pencipta The Napster, Peter Thiel salah satu pendiri paypal dan lain sebagainya. Facebook lalu resmi menjadi perusahaan yang berkantor di wilayah Palo Alto, Amerika Serikat.

facebook
hamburg-news.hamburg

Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook banyak tawaran kepadanya yang ingin membeli perusahaannya tapi ia tolak. Seperti Yahoo ingin membeli Facebook senilai 1 miliar dollar, Friendster, bahkan Microsoft pun ingin membelinya. Sehingga kejadian tersebut membuat nilai jual facebook semakin tinggi hingga 15 Miliyar dollar US.

Lalu lintas para pengunjung di facebook meningkat dengan pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2010 jumlah pengunjung facebook bahkan sampai mengalahkan google dan berhasil menjadi jejaring sosial nomor satu di dunia mengalahkan friendster dan myspace. Facebook juga masuk kedalam tiga besar website di Amerika setelah Google dan Amazon.

Saat ini Mark Zuckerberg sendiri telah menjadi miliyader baru setelah facebook berhasil meraup ratusan juta pengguna. Kekayaannya semakin melimpah ketika facebook melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun 2012. Matk Zuckerberg lalu menjadi salah satu pemuda yang paling kaya di dunia berkat facebook ciptaanya.

Kini facebook menjadi jejaring sosial media paling besar di dunia dengan pengguna aktif mencapai 1,3 milyar setiap bulannya dan menjadi situs peringkat dua di dunia. Facebook saat ini telah memiliki beberapa anak perusahaan seperti WhatsApp, Instagram, Oculus VR dan PrivateCore dengan total jumlah karyawan sebanyak 11.996 di tahun 2015.

Pada tahun 2014 facebook memiliki pendapatan senilai 12,466 miliar dollar dan memiliki aset sebesar 40,184 miliar dollar. Menurut wikipedia Mark Zuckerberg memiliki kekayaan bersih senilai 35,7 miliar dollar pada tahun 2015.

Seiring perkembangannya facebook terus berinovasi menawarkan berbagai macam fitur menarik kepada para penggunanya. Saat ini pengguna setia facebook dapat fitur-fitur yang menarik seperti dapat berbagi gambar dan video dengan pengguna lain, berkomunikasi dengan para pengguna lain melalui fitur chat di facebook dan juga dapat melakukan video call sesama pengguna facebook.