Inilah Pekerjaan Luar Biasa yang Jarang Sekali Dicita-citakan Oleh Anak-anak

Dulu, waktu kamu kecil, suka nggak ditanya tentang cita-cita? Saat itu, mungkin kamu dan teman-teman yang lain akan menjawab kalau kamu ingin jadi dokter, pilot, arsitek, polisi, tentara dan pekerjaan-pekerjaan lain yang menurut sebagian besar orang merupakan pekerjaan yang keren dan dapat menghasilkan uang banyak.

Namun, di satu sisi, banyak juga lho pekerjaan luar biasa lainnya yang tidak dikenal anak. Kalaupun dikenal, namun tidak diminati oleh anak-anak. Hal ini mungkin saja terjadi karena pekerjaan-pekerjaan ini memang tidak dikenalkan atau dikenalkan dengan cara yang kurang tepat. Misalnya saja, anak hanya diperkenalkan sisi buruk dari pekerjaan ini.

Wah, penasaran nggak sih dengan pekerjaan-pekerjaan atau profesi yang dimaksud? Padahal  ya, kalau nggak ada orang yang mau menggeluti profesi ini, maka dunia akan mengalami masalah yang besar. Mau tahu jenis pekerjaan dan masalah yang akan kita hadapi? Yuk langsung kita lihat saja!

Petani

bangazul.com

Jika kamu tanya ke anak-anak apakah mereka ingin jadi petani atau tidak, maka sebagian besar anak-anak akan berkata tidak. Walaupun yang kita tanya adalah anak petani. Kenapa begitu ya? Ini dikarenakan, petani masih dianggap sebagai pekerjaan orang rendahan. Pekerjaan orang miskin atau orang-orang yang bodoh.

Namun, pada kenyataannya dunia pertanian membutuhkan orang-orang yang cerdas, sehingga negara kita bisa swasembada pangan. Pernah terpikir nggak sih di benak kita, apa jadinya jika generasi yang akan datang tidak ada yang mau jadi petani? Berarti tidak ada yang menghasilkan beras, sayuran dan bahan pangan produk pertanian lainnya dong!

Pedagang

fahrunsas.wordpress.com

Profesi kedua yang jarang juga di sukai anak dan jarang dianjurkan atau diperkenalkan oleh para orang tua adalah pedagang. Ini terbukti banyak mahasiswa yang setelah lulus kuliah berduyun-duyun mencari pekerjaan, sehingga tidak mengherankan kalau bursa pencari kerja itu selalu ramai pengunjungnya.

Fenonema ini berbanding terbalik dengan anjuran Rasulullah saw untuk berdagang, karena dalam sebuah hadist dikatakan bahwa 99% pintu rezeki itu datang dari dunia perdagangan. Apa yang menyebabkan banyak orang termasuk anak-anak enggan menjadi pedagang?

Apakah karena penghasilan pedagang yang tidak tetap? Ataukah karena pedagang nggak punya waktu libur khusus seperti pegawai? Tapi, nggak sedikit juga lho pedagang yang sukses dan kaya raya.

Peternak

beritadaerah.co.id

Nah, profesi yang satu ini sebelas dua belas dengan petani, jarang sekali anak yang menjadikannya sebagai cita-cita. Padahal banyak anak yang menyukai binatang dan tertarik untuk memeliharanya lho!

Tapi karena penanaman yang didapatkan dari orang tua dan lingkungan tentang bagaimana itu seorang peternak, sehingga pekerjaan ini kurang digemari apalagi dijadikan sebagai cita-cita.

Padahal ya, kalau kamu serius menekuni dunia peternakan, maka kamu punya peluang untuk menjadi orang yang kaya, selain itu kamu pun bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Lagipula, jika anak di negeri ini enggan jadi peternak, mungkin 15 atau 20 tahun ke depan, bisa-bisa daging dan produk peternakan lainnya yang ada di Indonesia adalah hasil impor dari luar negeri.

Nelayan

inkoneli.com

Kita semua tahu kalau ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kita pun sama-sama tahu kalau negara kita ini merupakan negara maritim yang kaya akan hasil perairannya, yaitu ikan. Tapi, untuk mendapatkan ikan, maka kita butuh para nelayan.

Namun, jika kamu bertemu dengan anak nelayan dan bertanya tentang cita-cita mereka saat dewasa nanti, maka kamu akan mendapati bahwa jarang sekali di antara mereka yang ingin jadi nelayan seperti orang tua mereka.

Pasalnya, orang tuanya saja dari kecil selalu bilang ke mereka, “Kalau sudah dewasa nanti, jangan seperti Bapak, jadi orang susah”.

Petugas Kebersihan

rri.co.id

Apakah kamu tahu siapa yang paling berjasa menjaga kebersihan di kota-kota besar? Mereka adalah petugas kebersihan. Tanpa mereka, maka kita akan menyaksikan tumpukan sampah di mana-mana, terutama di pasar.

Walaupun mereka adalah orang luar biasa dan bisa disejajarkan dengan super hero, namun tidak ada anak-anak yang ingin mengikuti jejaknya sebagai petugas kebersihan.

Leave a Comment