Indahnya Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, Si Cantik yang Tersembunyi di Balik Tebing Kapur

PANTAI PANDAWA – Bali memang memiliki pesona pantai yang tiada duanya, di pulau tersebut banyak sekali pantai yang akan menyambut kamu dengan pesona ombak biru dan hamparan pasir putih nan cantik menawan.

Bila kamu telah mengunjungi pantai populer di Bali seperti Pantai Jimbaran, Pantai Kuta Bali, Pantai Sanur Bali, Pantai Dreamland ada satu lagi pantai di Bali yang menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Namanya adalah Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh, Badung, Bali Selatan.

Dulu tidak banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini. Hanya sebagian peselancar saja datang di tempat ini. Padahal pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang bersih dan jernih. Letak pantai yang tersembunyi di balik tebing-tebing kapur raksasa sehingga masyarakat sekitar menjulukinya Secret Beach.

Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Pandawa agar liburan kamu makin berkesan.

 

Bersantai di Pantai

Bersantai di Pantai Pandawa
notarisngetrip.wordpress.com

Kawasan Pantai Pandawa sangat berbeda dengan pantai lain di daerah Bali. Di sini suasananya sangat tenang, jauh dari hiruk pikuk para wisatawan sehingga sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan pemandangan laut. Di sekitar pantai banyak tersedia warung-warung yang berjajar sepanjang pantai.

Di warung tersebut kamu bisa menikmati segarnya kelapa muda sambil menyantap janggung bakar. Harga makanan di tempat ini relatif lebih murah dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali. Bila kamu sudah bosan dengan suasana tersebut, cobalah untuk menikmati pijat refleksi di tenda-tenda yang berdiri sepanjang pantai.

Menikmati Pemandangan Perbukitan dari Penginapan

Pemandangan Perbukitan dari Penginapan di Pantai Pandawa
viva.co.id

Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Pandawa yang menawarkan suasan rileksasi maksimal. Salah satu penginapan tersebut adalah Villa Karang Putih yang ada di Jalan Karang Putih. Lokasinya juga cukup dekat dengan pantai, yakni sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, jadi sangat mudah untuk di jangkau.

Dari penginapan inilah kamu bisa melihat keindahan Pantai Pandawa dengan maksimal. Dari jendela kamar kamu akan dimanjakan suara deburan ombak, ditambah dengan pemandangan alam bukit hijau nan segar, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti bermain gitar disini.

Serunya Permainan Air di Pantai Pandawa

Serunya Permainan Air di Pantai Pandawa
nyomanhendrawan.wordpress.com

Seperti wisata pantai yang lain, Pantai Pandawa juga menyediakan berbagai wahana wisata olahraga yang sangat menarik. Arus air di Pantai Pandawa lumayan tenang sehingga kamu bisa berenang sepuasnya di sini, dan tidak usah takut terbawa arus ombak, karena memang sangat aman.

Wahana air yang banyak disediakan di tempat ini adalah kano, yakni sejenis perahu kecil yang dilengkapi dengan dayung. Kamu bisa berkeliling menikmati indahnya Pantai Pandawa dengan mengendarai kano. Biasanya kano disewakan dengan kisaran harga Rp 50.000 untuk yang berukuran besar dan Rp 25.000 untuk yang berukuran kecil.

Menikmati Eksotisanya Tebing Kapur

Eksotisnya Bukit Kapur di Pantai Pandawa
kaskus.co.id
Berfoto dengan Lima Pandawa
initempatwisata.com

Pantai Pandawa mendapat julukan surga di balik bukit, hal itu dikarenakan posisi pantainya yang berada di antara bukit-bukit kapur. Bukit-bukit yang mengelilingi pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena memiliki panorama yang eksotis, banyak wisatawan yang mengambil gambar disini karena terdapat patung pandawa.

Ketika perjalanan menuju pantai kamu akan melihat di kanan kiri jalan bukit kapur yang sudah dibentuk dengan rapi. Selain itu di tebing kapur ini terdapat beberapa patung Pandawa yang menjadi simbol dari pantai ini.

Melihat Keindahan Pantai dengan Paralayang

Melihat Keindahan Pantai dengan Paralayang
danditya.wordpress.com

Paralayang merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Pantai Pandawa dari ketinggian. Aktivitas ini memang membutuhkan keberanian lebih, tetapi kamu akan merasa terkesima ketika melihat indahnya pemandangan alam yang dihiasi dengan pasir putih dan deburan air laut biru yang sangat mempesona matamu.

Untuk pemula dalam olahraga ini sebaiknya menggunakan pilihan terbang tandem. Dengan terbang tandem berarti akan didampingi oleh pemandu paralayang yang sudah memiliki surat izin untuk melakukan aktivitas ini. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi karena mereka sudah teruji.

Rute Perjalanan ke Pantai Pandawa Bali

Rute Perjalanan ke Pantai Pandawa Bali
tribunnews.com

Perjalanan dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ke Pantai Pandawa hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa lewat daerah kuta, kemudian lanjut ke arah Garuda Wastu. Setelah itu belok menuju arah kiti menuju Bali Cliff atau Nusa Dua.

Ketika sampai di Nusa Dua kamu akan menjumpai petunjuk arah yang bertuliskan “Pantai Pandawa”. Kemudian ambil arah ke kiri hingga sampai ke perempatan dan terus ikuti saja sampai akhirnya sampai di kawasan Pantai Pandawa. Setelah berada di kawasan pandawa ini kamu akan menemui tebing-tebing yang kokoh terbelah.

Kegiatan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Pantai Pandawa

wisatamu.net
wisatamu.net

Selain bisa menikmati olahraga paralayang/paragliding dan kano, kamu bisa menikmati surfing di Pantai Pandawa. Ombak di pantai yang terletak di Desa Kutuh ini termasuk besar. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berselancar. Air lautnnya yang jernih dan bersih tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi para peselancar yang juga penikmat keindahan alam.

Berselancarlah bersama guru atau kawanmu yang sudah mahir jika kamu masih baru dalam tahap belajar. Hal paling penting adalah jangan meremehkan peringatan yang diberikan penjaga pantai dan perhatikan tanda-tanda yang ada. Tentu semua orang tidak ingin kejadian seorang turis asing asal Rusia yang hilang terseret ombak di Pantai Pandawa akibat tidak menuruti larangan penjaga pantai terulang kembali bukan?

Tiap akhir tahun rutin diadakan festival yang meriah di Pantai Pandawa. Festival diadakan sebagai bentuk promosi untuk menggaet lebih banyak pengunjung. Festival berisi banyak kegiatan menarik seperti pertunjukan Tarian Kecak Api, pagelaran Tari Ramayana Ballet, atraksi Tari Barong ngelawang dan pentas Tari Joged Bungbung.

Untuk melibatkan pengunjung, pihak penyelenggara juga mengadakan lomba melukis, lomba foto selfie, dan berbagai lomba lainnya. Siapa tahu kamu yang jadi pemenang lombanya. Jadi kamu bisa untung double deh, dapat liburannya dan dapat juga hadiah dari lombanya. Wisatawan akan semakin terhibur karena terdapat hiburan live music di panggung besar.

Bintang tamunya merupakan artis-artis nasional maupun lokal. Tak ketinggalan DJ-DJ ternama baik dari dalam maupun luar negeri turut memeriahkan acara ini. Rangkaian acara selama seminggu di Pantai Dewata ini tentu bisa kamu pertimbangkan menjadi tujuan wisatamu di akhir tahun.

Mengingat pantai-pantai populer seperti Pantai Kuta, Dreamland dan Sanur pasti dipadati puluhan ribu wisatawan. Pantai Pandawa memang belum sekondang pantai-pantai di Bali lainnya, seperti pantai Sanur, Kuta dan Dreamland. Namun kian lama popularitasnya kian menanjak, tentu media sosial sangat mempengaruhi peningkatan tersebut.

Keindahan objek wisata ini sangat pas untuk kamu jadikan lokasi foto prewedding. Siapa yang tak ingin mengabadikan momen bersejarah bagi tiap pasangan di pantai yang memiliki pemandangan menakjubkan ini. Melakukan pemotetran prewedding di pagi hari maupun senja saat matahari terbenam sama indahnya di pantai ini.

Pantainya memang indah, namun banyak juga spot-spot menarik lainnya di sekitar pantai yang bisa kamu jadikan lokasi pemotretan. Salah satu tempat yang keren adalah jalan masuk ke Pantai Dewata yang berada diantara tebing-tebing kapur tinggi. Karena letak Pantai Dewata memang ada di antara tebing kapur.

Sebaiknya lakukan pemotretan di hari kerja sehingga suasana jalan sepi. Karena di hari libur hampir tidak mungkin kamu bisa berfoto ria di tengah jalan masuk. Spot menarik selanjutnya adalah di sekitar patung Pandawa Lima. Ada Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima pahatan patung tersebut ada di sekitar tebing. Tentu sangat keren jika menjadikan mereka background fotomu.

Lokasi pemotretan terbaik menurut kami adalah di terowongan yang membelah tebing kapur. Terowongan yang cukup panjang ini menghubungkan jalan di sekitar tebing-tebing tinggi dengan Pantai Pandawa. Ketika kamu dan pasanganmu dipotret di dalam terowongan, maka terlihat secercah cahaya jauh dibelakang.

Cahaya tersebut merupakan sisi terowogan lainnya tempat Pantai Pandawa berada. Kamu dan pasanganmu tak akan bisa melupakan momen indah ketika melakukan pemotretan prewedding di Pantai ini. Ketika fotonya sudah terpajang di media sosial, dijamin teman-teman yang melihat foto preweddingmu akan iri dan tertarik untuk foto di tempat yang sama.

Pesona Pantai Pandawa yang Menggoda

instagram.com/ray.0207
instagram.com/ray.0207

Bali mempunyai banyak tempat wisata yang sangat eksotis khususnya sebuah pantai yang selalu dikunjungi oleh wisatawan asing. Selain Pantai Kuta dan Pantai Sanur, Pulau Bali ternyata sudah 5 tahun ini menyembunyikan keindahan pantai tersembunyi di Kuta bagian Selatan, Kabupaten Badung, yaitu pantai Pandawa.

Desiran ombak dan birunya lautan seakan-akan memanjakan siapapun yang datang berkunjung. Ya, Pantai Pandawa kini telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi para pelancong yang ingin menghabiskan masa liburan.

Manajer Area Pantai Pandawa, Bapak I Wayan kasim mengatakan, peningkatan wisatawan Asing yang berkunjung ke pantai Pandawa cukup tinggi. “Kalau wisatawan mancanegara bisa berjumlah 200 sampai 300 perhari. Sedangkan wisatawan nusantara bisa sampai 2.000 orang,” ucap I Wayan kepada VIVA.co.id, Pada hari Sabtu, 7 Agustus 2016.

Lalu bagaimana dengan biaya masuk ke pantai pandawa ini? I Wayan menyebutkan bahwa tarif yang ditawarkan tidak begitu mahal. “Domestik dewasa dikenakan biaya Rp. 8000 dan anak-anaknya Rp. 4000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp. 15.000 untuk orang dewasa dan anak-anak dikenakan Rp10.000,” ujarnya menambahkan.

Wayan mengatakan bahwa wisatawan yang datang tidak hanya melihat keindahan pantai saja, mereka dapat melihat budidaya rumput laut dengan lebih dekat. Wisatawan juga ditawarkan berbagai olahraga ekstrim seperti paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa. “Banyak yang dapat dilakukan wisatawan di sini.”

Pantai Pandawa Bali adalah salah satu pantai yang saat ini sedang naik daun. Pantai Pandawa ini begitu sangat ramai dikunjungi para wisatawan dan pamornya pun tidak kalah dengan pantai Kuta Bali. Jika anda sudah sering berkunjung ke pantai Kuta mungkin pantai ini harus anda kunjungi juga karena di pantai pandawa kita dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Pantai pandawa ini berlokasi di desa Kutuh kecamatan Kuta Selatan. Dari bandara anda harus menempuh perjalanan kira-kira 20 menit. Dulunya pantai pandawa ini disebut secret beach oleh para wisatawan karena keberadaannya yang belum banyak diketahui orang.

Ketika berkunjung ke pantai ini kita akan memasuki tebing yang terbelah dan disalah satu sisi tebing ada sebuah patung Pandawa dan Kunti. Jika Dari arah BTDC anda bisa menuju kearah jalan sekolah pariwisata STP Bali yakni jalan Darmawangsa. Lokasinya lumayan dekat dengan pantai Gunung Payung. Anda bisa naik taksi atau menyewa kendaraan untuk dapat menuju kesana.

Akses jalan untuk menuju pantai pandawa ini cukup bagus dan parkirnya pun juga luas dan tertata sangat rapi, Sehingga para wisatawan group yang menggunakan bus banyak yang berkunjung ke pantai ini. Di pantai ini anda dapat berenang dan menyewa kano.

Anda dapat menikmati berbagai keindahan pantai dengan pasir putihnya. Disini ada juga budidaya rumput laut sehingga anda dapat melihat indahnya rumput laut dari dekat. Jika mau belanja souvenir, ada beberapa artshop dipantai ini dan tentunya beberapa penjual makanan dan minuman serta ada juga restoran.

Ada sebuah bangunan yang menyerupai aula yang dapat dipakai untuk berteduh sejenak serta toilet yang dapat digunakan sebagai ruang ganti bagi wisatawan. Dari bawah kita dapat melihat pahatan tulisan Pantai Pandawa diatas jajaran patung-patung Pandawa.
Setelah anda puas berenang di pantai ini anda dapat melanjutkan dinner di Jimbaran atau menonton kecak di pura uluwatu.

Patung Pandawa di dinding kapur Pantai Pandawa

tempatwisatadibali.id
tempatwisatadibali.id

Jika kamu bertanya pantai di bali mana yang paling asyik untuk dikunjungi, maka jawabannya adalah semuanya. Yupss semua pantai di bali keren keren dan wow banget dah. Oleh karena itu ga salah juga banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang sengaja berlibur menikmati indahnya alam yang ada di Pulau Dewata Bali.

Terdapat beberapa nama Pantai Bali yang keidahanya sudah terkenal di berbagai negara diantaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Jimabaran dan Pantai Pandawa. Khusus nama pantai yang terakhir pasti kamu masih merasa asing kan.

Nama Pantai Pandawa memang tidak seterkenal pantai- pantai lainnya yang ada di Bali karena Pantai ini baru beberapa tahu belakangan ini resmi dijadikan sebuah objek wisata pantai. Namun Faktanya Pantai Pandawa semakin hari semakin terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

Ini wajar karena Pantai Pandawa sudah menyimpan sejuta pesona keindahan yang belum banyak terekspos dan masih terhimpit diantara barisan tebing batu kapur. Pasir putih yang terhampar luas dari ujung ke ujung, ombak biru yang menderu, pemandangan indah yang masih asri dan alami sehingga pantaslah kalau Pantai Pandawa ini terkenal juga dengan sebutan Pantai Perawan 🙂

Sebenaranya nama pandawa baru disematkan pada pantai yang tergolong masih sepi ini, pada kenyataannya pantai pandawa adalah sebuah desa kecil dengan penduduk yang mayoritasnya adalah pelayan serta penghasil dari rumput laut. Orang- orang sekitar lebih mengenal nama pantai ini dengan sebutan Pantai Kutuh, karena lokasinya yang berada di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali.

Di sekitaran daerah kutuh juga terdapat pantai lainnya yang bernama Pantai Green Bowl yang lokasinya berada di belakang Hotel Bali Cliff. Akses untuk menuju ke Pantai Pandawa masih membingungkan karena jalur jalannya yang masih berliku, ga jelas dan agak- agak susah gimana gitu untuk sampai ketepi pantainya.

Wajarlah namanya juga pantai perawan, belum ada jamahan- jamahan tangan manusia pada putihnya pasir yang terhamar indah. Meski jalur aksesnya seperti itu justru hal inilah yang menjadi daya tartik tersendiri dari pantai tersebut. Setelah sampai pada pasir putih pantai pandawa maka jalan penuh liku dan membingungkan yang telah ditempuh akan terlupakan dengan keindahan dari pemandangan alam yang terhampar luas disekitar bibir pantai tersebut.

Nah dipantai itu kamu bisa melakukan apa saja, sudah banyak fasilitas pendukung dari pantai tersebut. Kamu bisa surfing dengan ombak pantai yang gede- gede sekitar 10 m , bisa juga berjemur ria atau hanya berenang- renang tanpa arah tujuan di bibir pantainya.

Bila badan sudah terasa lelah, Kamu juga bisa berteduh dii bawah payung + kursi yang banyak disewakan di tepian pantai dengan harga Rp.30.000.- sepuasnya. Warung- warungan penjual makanan minuman pun sudah banyak berjejeran. Yang keren nya dari pantai Pandawa ini terdapat Patung yang jumlahnya 6 buah yang terdapat pada dua tebing besar.

Patung- patung ini berjejer rapi berurutan dari yang terbesar bernama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan yang terkecil Sadewa.

Keunikan Pantai Pandawa

bali-indonesia.com
bali-indonesia.com

Banyak sekali keunikan yang ada di pantai pandawa ini, salah satunya adalah bahawa pantai pandawa terletak di balik tebing yang sangat besar. Kamu akan takjub melihatnya karena jalanan menuju Pantai Pandawa di buat dengan membelah tebing yang sangat kokoh yang berada di sebelah kanan dan kiri kendaraan kita.

Karena ini pantai pandawa di sebut dengan secret beach, banyak orang yang menilai bahwa Pantai Padawa adalah surga tersembunyi, karena Pantai Pandai masih aman dari tangan-tangan jahil yang merusak keindahan. Di sepanjang perjalan menuju Pantai Pandawa kita akan menyusuri Tebing yang besar.

Di samping-samping jalan kita akan melihat ukiran-ukiran patung pandawa lima yang di ukir di pinggiran tebing. Tentu kita sudah tahu siapa saja pandawa lima itu, pandawa lima terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Meraka merupakan tokoh utama kisah Mahabrata.

Bukan tanpa alasan masyarakat atau pemerintah setempat membuat patung pandawa lima di sepanjang tebing tersebut. Keberadaan patung tersebut diambil dari salah satu kisah yang ada pada Mahabrata saat kelima pandawa menjalani kurungan di Goa gala-gala.

Akan tetapi Kelima Pandawa berhasil meloloskan diri setelah mereka membuat terowongan menuju hutan belantara. Di hutan inilah kemudian Kelima Pandawa Mendirikan kerjaan dengan naka Amertha. Kisah tersebutlah yang dijadikan filosofi oleh masyarakat, karena filosofi tersebut melambangkan Pantai Pandawa yang dulu tersembunyi di balik tebing.

Sekarang sudah dibuatkan jalur sehingga Pantai Pandawa telah memberikan manfaat yang seolah-olah menjadi keraan baru bagi masyarakat. Dahulu Pantai Pandawai di namakan Pantai Melasti, karena sering di gunakan untuk upacara Melasti. Upacara Melasti merupakan bagia dari upacara Nyepi bagi umat Hindu.

Upacara Melasti di lakukan di tepi pantai dengan tujuan untuk menghilangkan dosa atau mensucikan diri perbuatan buruk yang telah lalu. Di Pantai Pandawa juga terdapat beberapa tempat yang di sucikan oleh masyarakat sekitar. Ada 6 titik lokasi pengunjung tidak boleh memasuki area tersebut, yaitu tempat upacara Melasti, area batu cupid, sumur sumber minum masyarakat desa, Pura Dalem Segara, Sawan Wela dan Sawan Sambing.

Tak heran jika di area tersebut terdapat papan peringatan untuk tidak memasuki kawasan tersebut serta di larang melakukan aktivitas yang berbau seksual di Pantai Pandawa. Pantai Pandawa ini mempunyai pasir putih yang bersih yang akan membuat kita tak sabar untuk melepas alas kaki dan segera untuk bermain dengan pasir, dan juga airnya berwarna hijau kebiruan.

Sehingga terlihat sangat bagus, cocok di jadikan background bersama pasangan kita. Ombak Pantai Pandawa yang sedang sangat cocok untuk untuk snorkling, melihat keindahan bawah laut. Tak hanya itu saja, disini kita juga bisa menguji adrenalin kita dengan bermain paragliding dari atas Bukit Timbis dan turun kebawah sampai di Pantai Pandawa.

Untuk pemula, siapkan terlebih dulu pemandu atau guide yang dapat membantu kita saat terbang dari bukit kapur tersebut hingga mendarat dengan selamat di pantai dengan paragliding. Selain itu kamu juga bisa bermain Kano dan Surfing, cukup dengan membayar Rp. 50.000 kamu sudah bisa menikmati air pantai yang biru menggunakan Kano atau Surfing selama 1 jam.

Ada banyak keunikan yang lainnya yang tidak dapat kita rasakan sebelum kita datang sendiri ke Pantai Pandawa. Ada banyak kenangan yang akan di tawarkan di Pantai Pandawa, jadi berkunjunglah ke Pantai ini dengan mengajak keluarga di akhir pekan atau saat liburan.

Leave a Comment