batalion cabang tni

Urutan Pangkat Tentara Republik Indonesia (TNI)

Kepangkatan di Tentara Nasional Indonesia (TNI), adalah susunan sebutan dan keselarasan jenjang pangkat militer dalam Tentara Nasional Indonesia yang terdiri atas TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara mulai dari tingkat tertinggi (Perwira), Bintara, sampai yang terendah (Tamtama). Setiap prajurit diberikan pangkat sesuai keabsahan wewenang serta tanggung jawab dalam urutan keprajuritan.

Jenjang pangkat TNI dimulai saat masih bernama Tentara Keamanan Rakyat. Dari saat dibentuk hingga saat ini, jenjang kepangkatan TNI telah mengalami beberapa kali perubahan nama pangkat juga jenjangnya.

Sejarah Pangkat TNI

setiawanedo99goblog.wordpress.com

Pengaturan Pangkat TNI sejak masik bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Berdasarkan surat perintah kepala Markas Tertinggi TKR (MTTKR) pada tanggal 5 November 1945 yang ditandangani oleh Letnan Jendral Oerip Soemohardjo sebagai Kepala Staf Markas Besar Umum, dikeluarkan sebuah maklumat yang mengatur dan mengistruksikan tentang segam dan tanda tanda kepangkatan Tentara Keamanan Rakyat.

Dikarenakan saat itu masih sangat kekurangan MTTKR memerintahkan para komandan di seluruh jawa dan Madura untuk melengkapi sendiri seragam-seragam untuk prajurit. Saat itu maklumat megatakan bahwa sragam tidak harus sama, tetap pangkat kemiliteran diwajbkan sama di seluruh barisan Tentara Keamanan Rakyat.

Saat itu tidak adaada pangakat Brigadir Jendral, baru ada setelah 21 Mei 1957 berdasarkan keputusan KASAD. Ketika itu pangakat tni tertinggi bintang satu disebut Djendral Major.

Pada tahun 1973 dikeluarkan Peraturan Pemerintah untuk mengatur Pangkat Pangakat Mliter TNI kala itu. Sejak dikeluarkan Peraturan Pemerintah tanda kepangkatan Militer Indonesia (TNI-AD, TNI-AL, dan TNI AU) serta polri disetarakan. Baru pada tahun 2001 Polri dipisahkan dari Tni dan memiliki tanda kepangkatan sendiri.

Pada peraturan pemerintah 29 September 1997, ditambahkan pangkat kehormatan perwira tinggi pada masing-masing angkatan yakni Jendral Besar untuk AD, Laksamana Besar untuk AL dan Marsekal Besar untuk AU, pangkat kehormatan ini tidak memberikan dampak wewenang dan tanggung jawab pada hirarki keprajuritan.

Jenjang dan Nama Pangkat TNI

Tentara Nasional Indonesia
http://bnn.lv/

Pangkat TNI yang masih berlaku saat ini berdarsarkan Peraturan Pemerintah 29 September 1997, yang didalamnya ditambahkan Gelar Kehormatan untuk masing masing angkatan. Berikut tabel hirarki kepangkatan Tentara Nasional Indonesia biar lebih jelas

Jenjang TNI Angkatan Darat TNI Angkatan Laut TNI Angkatan Udara
Perwira tinggi Jenderal Laksamana Marsekal
Letnan Jenderal Laksamana Madya Marsekal Madya
Mayor Jenderal Laksamana Muda Marsekal Muda
Brigadir Jenderal Laksamana Pertama Marsekal Pertama
Perwira menengah Kolonel Kolonel Kolonel
Letnan Kolonel Letnan Kolonel Letnan Kolonel
Mayor Mayor Mayor
Perwira pertama Kapten Kapten Kapten
Letnan Satu Letnan Satu Letnan Satu
Letnan Dua Letnan Dua Letnan Dua
Bintara tinggi Pembantu Letnan Satu Pembantu Letnan Satu Pembantu Letnan Satu
Pembantu Letnan Dua Pembantu Letnan Dua Pembantu Letnan Dua
Bintara Sersan Mayor Sersan Mayor Sersan Mayor
Sersan Kepala Sersan Kepala Sersan Kepala
Sersan Satu Sersan Satu Sersan Satu
Sersan Dua Sersan Dua Sersan Dua
Tamtama kepala Kopral Kepala Kopral Kepala Kopral Kepala
Kopral Satu Kopral Satu Kopral Satu
Kopral Dua Kopral Dua Kopral Dua
Tamtama Prajurit Kepala Kelasi Kepala Prajurit Kepala
Prajurit Satu Kelasi Satu Prajurit Satu
Prajurit Dua Kelasi Dua Prajurit Dua

 

Tanda Urutan Pangkat TNI

Penempatan tanda pangkat  untuk pakaian dinas lapangan, tanda pangkat disematkan pada kerah baju untuk jenjang bintara tinggi hingga perwira, sedangkan untuk bintara hingga tamtama tetap disematkan pada lengan baju. Sedangkan seragam dinas lain untuk jenjang bintara tinggi hingga pangkat kehormatan disematkan di pundak kemeja, berbeda dengan jenjang tamtama dan bintara yang disematkan di lengan baju.

Masing masing jenjang pangkat pada Tentara Nasional Indonesia memiliki tanda pangkat yang berbeda berikut tanda pangkatnya.

Pangkat TNI Tamtama
Pangkat TNI Tamtama
wikipedia.com
Pangkat TNI Tamtama Kepala
Pangkat TNI Tamtama Kepala
wikipedia.com
Pangkat TNI Bintara
Pangkat TNI Bintara
wikipedia.com
Pangkat TNI Bintara tinggi
Pangkat TNI Bintara tinggi
wikipedia.com
Pangkat TNI Perwira Pertama
Pangkat TNI Perwira Pertama
wikipedia.com
Pangkat TNI Perwira menengah
Pangkat TNI Perwira menengah
wikipedia.com
Pangkat TNI Perwira tinggi
Pangkat TNI Perwira tinggi
wikipedia.com