6 Aksesoris Ini Harus Ada Pada Pakaian Adat Wanita Bali

Walaupun masing-masing daerah mempunyai berbagai perlengkapan dengan makna simbolis tersendiri, pada hakikatnya pakaian adat tradisional Bali mempunyai makna yang bersumber dari ajaran Sang Hyang Widhi, yaitu Tuhan yang diyakini memberikan kedamaian, kegembiraan, dan keteduhan bagi umat Hindu.

Secara umum, pakaian adat tradisional wanita Bali terdiri atas kamen, kebaya, selendang atau senteng, sanggul, bulang pasang, serta bunga sebagai penghias rambut. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perlengkapan pakaian adat wanita Bali. Yuk, simak dengan seksama.

 

Kebaya

trendbajukebaya.com

Pemilihan kebaya sebagai pakaian adat wanita Bali dimaksudkan untuk memperlihatkan kecantikan serta keanggunan wanita Bali. Pada prinsipnya kebaya yang akan dipakai hendaknya bersih, rapi, dan juga sopan.

Kamen

tokopedia.net

Dalam pakaian adat Bali kamen adalah kain berukuran lebar yang mempunyai fungsi untuk menutupi tubuh bagian bawah. Adapun cara penggunaan kamen ialah dipasangkan melingkar dari kiri ke kanan pada bagian pinggang. Hal ini bertujuan untuk bisa mempermudah pemakainya untuk berjalan atau melangkah.

Bulang Pasang

commons.wikimedia.org

Adapun yang dimaksud bulang pasang adalah selendang panjang yang dililitkan pada bagian pinggang yang berfungsi sebagai lambang penjaga rahim dan mengatasi segala hal yang bersifat buruk.

Sanggul

voanews.com

Sanggul adalah istilah yang mendeskripsikan penataaan rambut dengan bentuk dan gaya tertentu yang memberikin tanda khusus pada seseorang di suatu daerah. Untuk adat Bali sendiri terdapat berbagai variasi hiasan yang bisa membedakan status penggunanya.

Pusung tagel diperuntukkan bagi wantia yang sudah menikah atau sudah mempunyai suami. Sedangkan pusung gonjer diperuntukkan bagi wanita yang masih lajang atau belum menikah. Adapun pusung kekupu atau pusung podgala diperuntukkan bagi waniya yang menyandang status janda.

Senteng atau Selendang

balikebaya.wordpress.com

Dalam pakaian adat Bali penggunaan senteng atau selendang yang bisa diartikan sebagai simbol sakti yang diletakkan untuk tidak tertutupi oleh baju supaya selalu siap membenahi putra pada saat melenceng dari ajaran dharma.

Bunga

hmpspah.wordpress.com

Pemakaian bunga kamboja, cempaka kuning, dan cempaka putih yang dipasangka di telinga bukan hanya untuk memberikan kesan keindahan saja. Namun penggunaanya juga mempunyai maksud serat tujuan tersendiri.

Dalam penggunaan pakaian adat wanita Bali sering juga ditambahkan pelengkap lainnya seperti kipas dan alas kaki. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan, penggunaan pakaian adat bali harus rapi dan bagus bisa diartikan juga sebagai salah satu bentuk penghormatan seorang tuan rumah kepada tamu yang sedang berkunjung ke rumahnya. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

  • ragendra

    Untuk kamen.tidak ada belahannya…mohon di verifikasi gambar yang dipakai..
    Kamen yang digunakan biasanya yang lembaran…bukan yang jadi seperti gambar diatas

  • ragendra

    Dan kebaya yang digunakan berbeda antara untuk persembahyangan dengan yang digunakan untuk kegiatan adat atau pernikahan…

  • Tan

    gada contoh pakaian adat bali untuk laki-laki y?