Pengertian, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Herpes Zoster

Herpes Zoster adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Virus herpes zoster ini menyerang saraf tepi. Oleh karena itu, jangan heran jika rasanya sakit sekali.
Selain menyebabkan rasa sakit saat masih terdapat luka, rasa sakit juga masih akan tetap bisa dirasakan oleh penderita meskipun luka telah kering dan sembuh.
Penyakit herpes zoster ini umumnya dialami oleh ara manula terlebih yang sudah berusia di atas 50 tahun. Herpes zoster oleh masyarakat juga dikenal dengan nama cacar air, yaitu varisela zoster.
Virus varisela zoster merupakan bagian dari penyakit cacar air yang menetap dalam tubuh yang sewaku-waktu dapat kembali aktif dan menyebabkan herpes zoster.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai seluk beluk penyakit herpes zoster. Yuk, simak dengan seksama.

 

1

Pengertian Herpes Zoster

bestonlinemd.com

Herpes zoster biasanya dialami para manula, terutama bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun. Penyakit ini dikenal dengan istilah cacar ular atau cacar api. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yakni varisela zoster.

Virus varisela yang berada di dalam tubuh bahkan sesudah cacar air sembuh, bisa kembali aktif karena penyakit herpes zoster.

Penyakit ini biasanya tidak mengancam jiwa, namun bisa mengakibatkan rasa sakit yang parah. Oleh karena itu, jika kamu merasakan gejala-gejalanya maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2

Virus Penyebab Herpes Zoster

rachmadsyarul.wordpress.com
rachmadsyarul.wordpress.com

Penyebab herpes zoster sama dengan cacar air, yakni virus varisela zoster. Perlu kamu ketahui, virus ini akan masih berada dalam jaringan saraf tubuh meskipun cacar air sembuh.

Adapun alasan dibalik virus yang aktif kembali hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor pemicu yang mengakibatkab hal tersebut terjadi. Antara lain sebagai berikut.

  • Usia. Penyakit ini biasanya menyerang manula (terutama ntuk yang berusia 50 tahun ke atas).
  • Pernah terkena cacar air.
  • Sistem kekebalan tubuh yang rendah. Contohnya karena terkena diabetes, memakai obat steroid jangka panjang, atau karena sedang menjalani kemoterapi.
  • Mengalami stress.
3

Gejala Herpes Zoster

gejala penyakit herpes zoster
balihealthdigest.com

Pengidap penyakit herpes tidak bisa menularkan penyakit ini kepada orang lain, tapi yang dapat ditularkan adalah penyakit cacar air.

jika orang yang belum pernah mengalami cacar air, kemudia melakukan kontak langsung dengan ruam dari herpes zoster maka oarang tersebut bisa terinfeksi virus varisela zoster dan kemudian akan terkena cacar air.

orang yang terkena herpes zoster yang pertama dirasakan adalah rasa sakit seperti menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Berselang beberapa hari kemudian akan muncul ruam. Ruam ini biasanya mengelilingi sisi kanan atau kiri tubuh.

ruam akan membentuk luka melepuh yang berisi cairan yang terasa gatal dan akan menjadi koreng setelah 3-7 hari.

Gejala-gejala yang awalnya terjadi jika terkena virus varisela zoster ini adalah demam serta menggigil di sekujur tubuh, tubuh terasa nyeri di semua bagian, dan orang tersebut akan merasakan sakit kepala.

4

Cara Mengobati Herpes Zoster

chuznattic.blog.com

Salah satu gejala herpes zoster berupa ruam dan rasa nyeri Karena itu, Oleh karena itu, biasanya diagnosis oleh dokter dilakukan dengan memeriksa bentuk dan lokasi ruam, serta rasa nyeri dan gejala-gejala lain yang sedang dirasakan. Dokter mungkin akan mengambil sampel kulit atau cairan ruam yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorium jika diperlukan.

Sama halnya seperti cacar air, tidak ada langkah khusus untuk mengobati herpes zoster. Adapun tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala hingga penyakit ini sembuh dengan sendirinya. Untuk masa penyembuhannya sendiri, rata-rata membutuhkan waktu sekitar 14-28 hari.

Langkah pengobatan medis yang bisa dilakukan untuk bisa mempercepat kesembuhan sekaligus bisa mengurangi resiko komplikasi adalah dengan pemberian obat antivirus. Misalnya, acyclovir & famciclovir.

Obat antivirus paling efektif jika diminum dalam tiga hari jika ruam sudah muncul. Kelompok orang yang biasanya membutuhkan obat antivirus meliputi manula dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, antivirus juga bisa diberikan pada orang yang terkena ruam atau nyeri yang sangat parah. Mengobati rasa nyeri sedini mungkin juga bisa menghindarkan pasien dari gangguan saraf yang bisa mengakibatkan rasa nyeri yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Rasa nyeri tersebut berlangsung ketika ruam sudah sembuh.

Untuk menangani rasa nyeri, biasanya ada beberapa jenis obat yang akan diberikan dokter. Antara lain sebagai berikut.

  • Obat pereda sakit. Contohnya aspirin, ibuprofen, kodein, dan parasetamol.
  • Obat antikonvulsan, contohnya gabapentin.
  • Obat antidepresan trisiklik (TCA). contohnya amitriptyline dan nortriptyline. Biasanya dokter akan meningkatkan dosis obat ini secara perlahan hingga rasa nyeri bisa teratasi.
  • Obat antidepresan dan antikonvulsan biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga keefektifannya bisa dirasakan pasien.
5

Cara Mencegah Herpes Zoster

lembarankehidupan.wordpress.com

Cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit herpes zoster adalah dengan menerima vaksin herpes zoster dan cacar air.

Meskipun tidak mencegah peluang terkena herpes zoster sepenuhnya, namun setidaknya vaksinasi ini bisa mengurangi tingkat keparahan rasa sakit yang dirasakan akibat gejala penyakit ini.

6

Akibat Jika Herpes Zoster Tidak Diobati

Herpes zoster jika tidak diobati
www.cbc.ca

Jika kita terkena herpes zoster dan tidak ditangani secara serius maka akan dapat menyebabkan komplikasi serius. Komplikasi tersebut di antaranya:

Postherpetic neuralgia atau Neuralgia pasca-herpes yaitu rasa myeri yang berlangsung selama berbulan-bulan meski setelah ruam sembuh.

Gangguan pada saraf, contohnya inflamasi pada otak, pendengaran, kebutaan, atau bahkan dalam keseimbangan tubuh.

Bercak putih karena bekas ruam. ruam dari herpes zoster dapat merusak pigmen pada kulit sehingga dapat meningglakan bekas bercak putih.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, penyebab, cara mengobati dan mencegah penyakit herpes zoster. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment