Mitos-mitos Unik di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Mitos merupakan cerita rakyat yang menceritakan masa lampau. Mitos juga dapat disebut kisah dongeng, karena ceritanya fiktif dan dilebih-lebihkan. Terkadang mitos yang disebarkan di suatu daerah, benar-benar dianggap sebagai cerita nyata. Di Indonesia, negara yang mempunyai banyak suku dan budaya terdapat beragam mitos. ‘Pamali’ adalah sebuah kata larangan yang paling populer dalam mitos terutama di tanah sunda.

 

Duduk di Depan Pintu

whitesunhafida.blogspot.com
whitesunhafida.blogspot.com

Mitos ini sering kita dengar terutama ketika ada seseorang pemuda atau gadis yang masih jomblo duduk di depan pintu. Walaupun mitos ini terdengar sedikit konyol, namun jika dipikirkan lebih dalam, ada benarnya juga. Pintu memanglah bukan tempat untuk duduk. Karena akan menghalangi orang yang lewat keluar atau masuk rumah. Begitu juga yang biasanya duduk di depan pintu sambil bengong adalah ciri pemalas. Bagaimana akan dapat jodoh jika hanya duduk diam di depan pintu? Iya to?

Memakai Payung di Dalam Rumah

chollaball.net
chollaball.net

Memakai payung di dalam rumah akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Dampak yang ditimbulkan yaitu mendapat musibah dalam keluarga dan ‘dianggap’ mendoakan agar orangtua kita meninggal. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, memakai payung di dalam rumah memang tidak ada manfaatnya. Yang ada malah membuat ruangan menjadi sempit. Bahkan dapat merusak barang-barang di ruangan tersebut atau merusak payung itu sendiri.

Cermin Pecah

carmenwardvillota.wordpress.com
carmenwardvillota.wordpress.com

Mitos tentang cermin pecah memiliki banyak versi. Ada yang mengatakan jika cermin pecah secara tiba-tiba artinya ada keluarga yang sedang mendapat musibah. Ada pula yang mengatakan jika bercermin di cermin yang retak atau pecah akan mendapatkan musibah. Atau versi yang lain mengatakan, seorang perawan yang bercermin di cermin yang retak atau pecah maka di malam pertama pernikahannya wajahnya akan pucat. Mana yang kamu percayai dari mitos ini?

Nasi Menangis

wikipedia.org
wikipedia.org

“Dek, makannya diabisin ya. Nanti kalau tidak habis, nasinya nangis.” Kamu pernah mendengar kalimat seperti itu? Ya, itulah kalimat yang biasa diucapkan seorang ibu kepada anaknya. Mungkin maksudnya agar si anak makan hingga habis tanpa bersisa sehingga tidak mubazir. Namun hal ini tidak dibenarkan, karena ada unsur bohong.

Makan di Tempat Tidur

lilveggiepatch.com
lilveggiepatch.com

Di sebuah daerah ada yang meyakini jika makan di tempat tidur akan mendapatkan jodoh pemalas. Kalau dipahami dengan baik, mitos ini ada benarnya juga lho. Kita kan sering mendengar bahwa jodoh kita sesuai dengan diri kita. Nah makan di tempat tidur salah satu perbuatan orang yang malas. Sehingga jodohnya pun akan mendapatkan yang pemalas pula. Lagi pula, tempat tidur ya hanya untuk tidur. Kalau makan di situ kan bisa mengotori tempat tidur dan mengundang penyakit.

Keluar Rumah Ketika Akan Menikah

nailafithria.blogspot.com
nailafithria.blogspot.com

Menjadi calon pengantin adalah sesuatu yang menyenangkan. Namun, di beberapa daerah ada beberapa mitos tentang calon pengantin. Salah satunya larangan keluar rumah ketika akan menikah. Ini dipercaya akan mendapatkan musibah terhadap si pengantin tersebut. Memang kita pernah mendengar berita tentang calon pengantin yang terkena musibah, entah karena kecelakaan di jalan atau lainnya. Namun itu tidak serta-merta mitos ini benar. Karena sesungguhnya musibah hanya Allah yang tahu.

Menyapu Tidak Bersih

beritatrendz.blogspot.com
beritatrendz.blogspot.com

Menyapu tidak bersih dipercaya akan mendapatkan jodoh yang brewokan. Mitos ini ditujukan kepada gadis yang suka menyapu tidak sampai bersih atau setengah-setengah. Ya zaman dulu mungkin para gadis tidak mau menikah dengan yang brewokan, karena terkesan preman atau pelaku kriminal. Namun sekarang, sepertinya mitos ini tidak berlaku lagi. Karena banyak orang brewokan namun ganteng, seperti Zayn Malik.

Foto Bertiga

eskampiun.wordpress.com
eskampiun.wordpress.com

Sering mendengar jika foto bertiga, orang yang difoto di tengah akan meninggal lebih cepat. Kamu percaya dengan mitos ini? Ternyata ini bukanlah mitos asli Indonesia. Mitos ini berasal dari Vietnam. Mereka meyakini angka tiga merupakan angka sial. Sehingga muncullah mitos tentang foto bertiga ini.

Bulu Mata Jatuh

zonaomg.com
zonaomg.com

Katanya kalau ada bulu mata kita yang jatuh, ada yang sedang kangen dengan kita. Entah siapa yang pertama kali menyebarkan mitos ini. Yang jelas ini sangat menggelikan. Atau kamu pernah mengalami dan membuktikan mitos ini benar?

Berselimut Tikar

 anyamanpandan.blog.com
anyamanpandan.blog.com

Katanya orang yang tidur berselimutkan tikar akan meninggal digulung ombak. Mitos satu ini sangat sulit dibuktikan kebenarannya. Kalau pun ada, mungkin itu hanya kebetulan saja.

Bersiul Malam Hari

health.detik.com
health.detik.com

Bersiul di malam hari dipercaya dapat mendatangkan hantu. Katanya jika kamu bersiul di malam hari, maka ketika kamu tertidur akan ada suara siulan dari luar rumah yang dipercaya itu ulah hantu yang merasa terganggu. Tapi yang jelas, bersiul di malam hari memang tidak baik. Selain mengganggu orang lain juga tidak ada manfaatnya.

Duduk di Bantal

blog.ub.ac.id
blog.ub.ac.id

Duduk di atas bantal dianggap pamali bagi sebagian masyarakat. Katanya akan menyebabkan bisul di pantat. Tak ada kaitan ‘magis’ antara duduk di atas bantal dengan bisul yang tumbuh di pantat. Namun secara medis hal ini bisa saja terjadi. Itu disebabkan oleh bantal yang jarang dibersihkan mengandung kuman, bakteri atau kutu. Jadi sebaiknya memang tidak duduk di atas bantal, jika tidak ingin bisulan di pantat, hehe.

Mengantongi Batu

senirahmat.blogspot.com
senirahmat.blogspot.com

Konon jika seseorang kebelet ingin buang air besar namun dalam perjalanan atau di tempat yang susah menemukan toilet, disarankan untuk mengantongi batu. Dengan begitu orang tersebut akan dapat menahannya. Batu koral atau batu sungai loh, bukan batu permata apalagi batu akik. Kamu percaya dengan mitos ini? Atau pernah mempraktekkannya? 😀

  • emang unik banget, herannya mitos2 tersebut berlaku hampir di semua tempat di indonesial….nice sharing… 😉