3 Cara Bagaimana Merawat Kedua Orangtua dengan Baik

Sebagai anak yang sudah dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tuamu, sudah selayaknya kamu mengembalikan bakti dengan merawat orang tua kamu ketika sudah pada umur lansia. Biasanya ketika mereka sudah pada umur 60 tahun ke atas, kondisi tubuh mereka tidak akan seperti ketika masih muda. Mereka membutuhkan bantuan untuk melakukan beberapa hal yang dahulu ketika kecil kamu juga belum bisa melakukannya.

Karena itu ketika orang tuamu sudah mulai lemah, sekarang saatnya berganti peran. Saat itu adalah saat dimana kamu menjadi penolong bagi orang tuamu seperti mereka menolongmu ketika kecil dengan penuh ketelatenan. Proses penuaan tidak dapat dihindari di dunia ini. Semua manusia pasti akan menua, mulai dari kemampuan penglihatan yang mulai kabur, pendengaran yang berkurang, jantung yang membesar karena otot mulai mengendur, tekanan darah meningkat dan masih banyak lagi gejala dari penuaan. Ketika masa itulah kamu sebagai anak harus menggantikan peran dan mensupport kedua orang tuamu.

Bersikap Lembut

www.muslimah.or.id
www.muslimah.or.id

Usia lanjut membuat seseorang lebih mudah depresi, mereka mudah bersedih dan juka stress jika mendapati sesuatu yang mengganggu pikiran. Untuk itu kamu harus bersikap lebih lembut agar kedua orangtuamu merasa diperhatikan dan terus bahagia. Jika pendengaran orang tuamu mulai berkurang, setidaknya kamu berbicara dengan cara mendekat bukannya dengan membentak.

Olahraga Bersama

www.abiummi.com
www.abiummi.com

Ajaklah sesekali orang tuamu berolahraga. Olahraga yang ringan saja untuk menurunkan stress dan juga menjaga aliran darah lebih lancar. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan jalan–jalan, jogging atau juga bersepeda keliling kota.

Menemani Ketika Melakukan Hobi

www.anekdot-xtkj2.blogspot.com
www.anekdot-xtkj2.blogspot.com

Setiap orang biasanya mempunyai hobi, sampai tua biasanya hobi tersebut tetaplah dilakukan. Namun biasanya hanya tertinggal hobi yang ringan saja yang akan dilakukan ketika sudah pada usia tua seperti berkebun, menyulam dan memasak. Temani orang tuamu ketika melakukan hobi yang mereka sukai, mereka akan merasa sangat diperhatikan dan memperlihatkan senyum tulus mereka meskipun banyak sekali rasa lemah pada badan tua mereka.

Dari semua hal diatas, yang paling penting adalah ikhlas dan tulus dalam merawat orang tua. Setiap perbuatan yang kamu lakukan akan lebih terasa pada orang tua karena tingkat kepekaan akan semakin meningkat ketika umur menua. Jadi kamu lebih berhati – hati dalam bertutur dan bertindak ya.

Leave a Comment