Merawat Gigi Berbehel

Kawat gigi atau behel kini bukan barang asing lagi. Banyak orang, terutama remaja, yang mengenakannya. Selain dapat merapikan gigi, kawat gigi juga dapat menambah gaya seseorang ketika tersenyum dan bicara. Fungsi utama kawat gigi adalah meratakan gigi dengan cara mendorong dan menahan pergerakan pada gigi.

Bagi pengguna baru kawat gigi, biasanya akan timbul rasa sakit seperti sariawan atau juga gigi yang terhimpit selama berhari-hari. Untuk mengatasinya, masukkan 1 sdt garam dalam air hangat lalu berkumurlah dengan air tersebut. Bila rasa nyeri dan sakit tidak tertahankan cobalah minum dan telan sebutir aspirin.

Bila Anda juga pengguna kawat gigi, perhatikan kondisi kesehatan gigi Anda karena perawatannya berbeda dengan gigi normal. Berikut adalah perawatan gigi berbehel yang disarankan.

1. Gunakan Sikat dan Pasta Gigi Khusus

Gunakan sikat gigi yang khusus untuk orthodontic. Sebab, sikat ini memiliki bulu yang halus dan baik untuk membersihkan gigi yang berbehel. Juga, gunakan pasta gigi dengan formula yang lengkap dan benar-benar baik untuk gigi berbehel. Sebaiknya, pilih sikat dan pasta gigi yang telah direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.

2. Gunakan Obat Kumur

Usai sikat gigi, bersihkan mulut dan gigi dengan berkumur. Berkumurlah dengan obat kumur yang berguna sebagai pembersih mulut. Ada banyak obat kumur yang dijual di pasaran.

3. Jauhi Permen Karet dan Makanan Keras

Penting bagi Anda yang giginya berbehel untuk menghindari konsumsi permen karet. Sebab, permen karet memiliki tekstur yang halus dan mudah melekat pada permukaan dalam mulut. Sebaiknya, hindari pula makanan yang bertekstur keras karena dapat membuat kawat gigi mudah lepas. Jika ingin memakan makanan bertekstur keras, sebaiknya potong kecil terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghindari rasa nyeri yang timbul.

4. Jauhi Karamel, Jagung Utuh, Es Teh, dan Minuman Bersoda

Makanan-makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan gigi Anda yang berbehel. Minuman bersoda memiliki kandungan yang dapat menyebabkan pembentukan plak didalam mulut khususnya sekitar kawat gigi.

5. Gunakan Benang Gigi

Gunakan sikat gigi tambahan khusus atau bila perlu gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sekitaran kawat gigi.

6. Rajin Periksa ke Dokter Gigi

Pemeriksaan kondisi terkini gigi kawat sangat dianjurkan bagi pengguna gigi berbehel. Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter gigi terkait kondisi gigi kawat Anda. Pantau terus perkembangan gigi kawat selama kurang lebih 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Akan lebih baik jika Anda melakukan check-up.

7. Sikat Gigi Berbehel dengan Benar

Caranya, sikat gigi bagian atas dengan menggunakan sikat dan pasta khusus. Lalu gosok dari arah kanan ke kiri. Sikatlah seperti biasa menyikat gigi. Akan tetapi lakukan secara merata dan perlahan agar kawat gigi tidak mudah lepas.

8. Selalu Sikat Gigi Setelah Makan

Jika Anda bepergian, sebaiknya bawa perlengkapan perawatan gigi seperti sikat gigi dan pasta gigi. Dengan demikian, Anda dapat selalu sikat gigi setelah makan. Hal ini agar sisa makanan tidak menempel dan tersangkut pada kawat gigi. Mulut pun lebih bersih dan segar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment