Menyembuhkan Demam

Sakit demam sering dialami oleh anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa terkena walaupun frekuensinya yang tidak terlalu tinggi seperti anak-anak. Salah satu penyebab sakit demam biasanya diawali dengan sakit kepala terlebih dahulu. Sewaktu masih kanak-kanak, Orang tua Anda akan sigap merawat Anda kapan saja. Tetapi tidak demikian saat Anda menjadi seorang mahasiswa atau seorang perantauan yang tinggal sendirian di daerah yang jauh

Cara Menyembuhkan Demam

Apabila Anda sendirian dan terserang demam, berikut beberapa cara untuk menymbuhkannya.

1. Mengkompres dengan kain basah hangat.

Cara mengkompres merupakan cara alami yang paling populer untuk mengatasi demam tinggi, anda bisa menggunakan kain atau spon yang telah dibasahi dengan air hangat yang diletakkan di atas dahi atau bisa juga di dada dan di perut, lakukan hal ini sampai demam turun, jangan menggunakan air dingin atau air es saat mengkompres karena dapat membuat tubuh menggigil.

2. Mandi dengan air hangat.

Biasanya orang-orang menyarankan penderita demam untuk tidak mandi saat demam, namun ternyata mandi dengan air yang hangat sangat baik untuk menurunkan demam anda karena setelah anda mandi maka tubuh menjadi segar dan demam pun akan semakin berkurang.

3. Usahakan suhu ruangan tetap sejuk.

Kondisi suhu ruangan yang terlalu panas justru kurang baik karena membuat suhu tubuh semakin panas, jika memungkinkan aturlah suhu ruangan agar tetap dingin dan sejuk, dengan kondisi ruangan yang nyaman maka dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

4. Olesi kaki dengan bawang putih.

Bawang putih selain dapat digunakan untuk bumbu masak merupakan obat alami yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi, caranya hancurkan bawang putih lalu campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan di telapak kaki anda sampai merata dan biarkan selama semalaman dan keesokan hari demam pun akan menurun.

5. Banyak beristirahat.

Untuk memulihkan kondisi tubuh banyaklah istirahat. Daya tahan tubuh akan meningkat sehingga sangat baik supaya demam cepat turun.

6. Jika perlu anda bisa meminum obat penurun panas agar demam bisa lebih cepat turun.

Apabilah demam Anda tidak turun segera periksakan ke dokter karena kemungkinan disebabkan oleh penyakit lain, jika demam terlalu tinggi sebaiknya anda waspada karena bisa jadi akan sangat berbahaya.

Jagalah masa sehat sebelum datang sakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment