Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

Tidak jarang orang merasakan kantuk setelah makan siang. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas Anda karena mata terasa berat ketika bekerja kembali. Harusnya, tubuh menghasilkan energi setelah makan siang, bukan malah kantuk yang mendera. Rasa kantuk merupakan pertanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Dengan kata lain, jika Anda merasa kantuk setelah makan siang maka ada yang tidak normal pada tubuh Anda.

Kantuk setelah makan dapat disebabkan oleh kekurangan enzim. Ibarat pekerja, enzim memecah makanan yang dikonsumsi tubuh agar menjadi unit yang lebih kecil sehingga mampu diserap tubuh. Saat makan enzim dalam tubuh bekerja sangat keras agar dapat mencerna makanan yang masuk. Itulah sebabnya tubuh merasa lelah jika Anda kekurangan enzim karena adanya gangguan penyerapan zat gizi dalam tubuh.

Jika kadar gula dalam tubuh terlalu banyak juga dapat mempengaruhi rasa kantuk setelah makan. Banyak sedikitnya kadar gula dalam tubuh akan mempengaruhi kerja neuron orexin. Neuron orexin berada di hipotalamus dan merupakan bagian dari otak yang mengatur proses hampir semua hormon. Jika kadar gula meningkat maka kerja neuron orexin terhambat. Itulah sebabnya tubuh akan merasa mengantuk jika kadar gula berlebih..

Cara Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang

Untuk menghindari rasa kantuk setelah makan siang, ikutilah beberapa pilihan menu makan siang berikut ini.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks memberikan glukosa pada tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar agar tubuh bekerja sesuai fungsinya. Sebaiknya pilih makanan seperti gandum, apel, wortel, kentang, brokoli, dan kacang kedelai karena dicerna lebih lambat sehingga tidak menaikkan gula darah.

Batasi Asupan Gula dan Lemak

Misalnya gulai kambing dan es campur. Menu makan siang seperti ini mengandung lemak dan gula yang akan membuat Anda ngantuk karena energi yang diberikan cepat habis. Lebih baik pilih buah atau sayur sebagai menu makan siang.

Porsi Makan Tidak Berlebihan

Penting bagi Anda untuk mengatur seberapa banyak porsi makan siang. Sebab, makan siang yang berlebihan akan membuat perut terasa berat dan gula darah melonjak sehingga membuat Anda ingin berbaring.

Konsumsi Buah dan Sayur

Sebaiknya makanlah buah-buahan segar sebelum mengkonsumsi makanan berat. Kandungan gula alami pada buah dapat memberi energi lebih tanpa membuat ngantuk. Sertakan pula sayuran hijau untuk menu makan siang Anda. Sayur dan buah akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga memberikan Anda lebih banyak energi.

Minum Air Putih

Untuk melengkapi menu makan siang, jangan lupa minum air putih. Bisa jadi, rasa kantuk Anda merupakan pertanda bahwa tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, sediakan selalu air putih di meja kerja Anda untuk mencegah tubuh dehidrasi.

Selain menu makanan di atas, sebaiknya Anda cukup tidur malam hari yaitu antara 8 jam. Jika Anda cukup tidur di malam hari, maka Anda akan terbebas dari ngantuk di siang hari saat bekerja.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment