Mencegah Pencemaran Udara

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan pencemaran sebagai proses, cara, perbuatan mengotori atau pengotoran. Maka pencemaran udara adalah udara yang mengandung kotoran. Kotoran ini dapat berasal dari satu atau beberapa zat kimia yang jumlah konsentrasinya tinggi. Udara yang kotor jelas mengacaukan fungsi-fungsi organ tubuh manusia, hewan, bahkan tumbuhan.

Cara Mencegah Pencemaan Udara

Usaha-usaha untuk mencegah pencemaran udara harus dimulai dari diri Anda sendiri. Langkah-langkah berikut ini mungkin bisa membantu Anda

1. Berhemat dalam pemakaian bahan bakar fosil

Cara ini dapat dilakukan dengan penggunaan sepeda ketika bepergian. Anda juga dapat menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar atau menggunakan transportasi umum. Sebab, asap serta gas-gas polutan yang dikeluarkan oleh bahan bakae mencemari kebersiahan udara

2. Menyaring asap sebelum asap dibuang ke udara

Cara ini dapat dilakukan dengan memasang bahan penyerap polutan atau saringan.

3. Membuat cerobong asap yang tinggi

Jika Aktivitas di rumah Anda banyak memproduksi asap, cobalah membuat cerobong asap yang tinggi. Cara ini akan membuat asap dapat menembus lapisan inversi thermal sehingga tidak menambah polutan yang tertangkap di atas suatu pemukiman.

4. Menanam tanaman hijau

Lakukan cara ini terutama pada daerah polusi udara tinggi. Tumbuhan berguna sebagai penahan debu dan bahan partikel lain. Ada banyak jenis pohon yang cocok ditanam di daerah pemukiman. Misalnya pohon mangga, pohon tanjung, pohon beringin, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat Anda beli di pasaran.

Sebab udara yang segar akan berpengaruh baik bagi kesehatan manusia, sebaiknya jagalah kebersihan udara di lingkungan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment