Menanam Dan Budidaya Kelapa

Kelapa adalah sejenis tanaman pohon yang menghasilkan buah berjumlah banyak dan dimanfaatkan baik buah maupun kayunya. Bagian kayu dari pohon kelapa biasa digunakan sebagai bahan mebel dan bahan bangunan. Sedagkan buahnya sering dibuat aneka produk olahan seperti nata de coco, santan, kopra, gula jawa, maupun minuman sari kepala. Bahkan buah kelapa tua akhir-akhir ini mulai di manfaatan sebagai minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Tentu hal ini dapat meningkatkan nilai jual dari olahan kelapa. Selain itu nira dari kelapa juga sering dipakai untuk industri pembuatan gula kelapa, nata de coco, asam cuka, minuman, substrat, dan alkohol yang juga mampu meningkatkan nilai jual dari kelapa. Hal inilah yang mampu Anda jadikan peluang usaha yang bisa Anda geluti. Jika Anda tertarik untuk memulainya, berikut adalah panduannya:

Pengolahan Media

Lakukan pengolahan tanah dasar dengan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang yang sudah ditumpuk pada beberapa titik yang akan dijadikan lubang, diamkan 2 minggu. Setelah itu buat lubang tanam dengan ukuran 0,9m x 0,9m x 0,9m. Atur jarak tanam 6 x 6 m.

Pembibitan

Pilih buah yang tua dan besar. Rendam atau taruh ditempat basah selama 2 minggu. Setelah itu kemudian semaikan bibit di bedengan agar sistem perakarannya bisa cepat muncul. Lakukan penimbunan dengan tanah sampai 2/3 buah dan atur jarak antar bibit 25cm x 25 cm, bibit akan berkecambah setelah 12-16 minggu. Namun jika lebih dari 5 bulan tidak muncul kecambah maka bibit sudah tidak bisa digunakan/mati. Setelah umur 30 minggu maka bibit akan mempunyai daun 3 lembar, selanjutnya mulai lakukan pemupukan dengan POC.

Penanaman dan Perawatan

Penanaman dilakukan dengan cara bibit dimasukkan pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Timbun dengan tanah dan padatkan serta basahi dengan air. Selanjutnya tanaman yang sudah tumbuh baik di pupuk pada awal musim hujan (September-Oktober) dan pemuukan selanjutnya di akhir musim hujan (Maret – April). Lakuakan pengecekan dan pengairan secara berkala. Jika ada hama atau penyakit segera tangani dengancepat dan tepat menggunakan pestisida dan obat pada dosis yang tepat.

Pemanenan

Kelapa akan berbuah pada umur 8-10 tahun dengan panjang umur antar 60-100 tahun. Jika ingin dipanen kelapa muda panen saat umur buah 7-8 bulan setelah berbunganya. Jika ingin dipanen untuk santan atau kopra sebaiknya umur 12-14 bulan setelah berbunga.

5 thoughts on “Menanam Dan Budidaya Kelapa

  1. بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sekedar berbagi pengalaman, bahwa selain pupuk/penyubur yang sudah biasa kita kenal ( alami dan kimia ), ternyata ada juga penyubur yang Allah ciptakan dari jenis tanaman juga.
    Pengalaman ini bermula dari sebuah pengamatan pohon kelapa didepan rumah saya yang buahnya menjadi banyak ( sampai 2 kali lipat ) dari biasanya. Buahnya petandan biasanya hanya 6, tetapi kemuadian menjadi 12. Ternyata hal itu terjadi karena dibawah pohon itu tumbuh pohon Sri Rejeki atau Aglaonema. Pohon itu sendiri tumbuh karena dipindahkan oleh ibu saya yang hobi berkebun.
    Dari pengalaman itu saya juga mencoba pada pohon pisang, ternyata buahnya juga menjadi lebih banyak dan lebih besar.
    Setelah pohon Sri Rejeki atau Aglaonema kita tanam dibawah pohon kelapa datau pisang, perlu waktu sekitar 3 bulan untuk melihat hasilnya.
    Untuk jenis pohon lain belum dicoba karena kebun saya hanya sedikit saja, sehingga belum mencoba untuk tamaman yang berakar seperti kelapa atau pisang, seperti pinang, kelapa sawit, kurma atau lainnya.
    Semoga pengalaman ini bisa disebarkan dan dimanfaatkan, selamat mencoba

Leave a Comment