Memperlancar Haid

Setiap bulan, seorang wanita mengalami haid atau menstruasi. Jika tidak, hal ini merupakan menjadi indikasi bahwa ada hal yang tidak beres dengan kesehatan tubuh dan reproduksinya. Ada beragam faktor yang menyebabkan siklus haid tidak teratur. Salah satunya adalah pola makan yang salah. Oleh karenanya, jika siklus haid seorang wanita tidak lancar, ia dapat mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Berikut adalah daftar makanan sehat dan enak yang dapat memperlancar siklus haid.

1. Daun Parsley

Daun parsley dipercaya dapat memperlancar siklus haid. Caranya, minum air rebusan daun parsley secara rutin agar membuat rahim berkontraksi sehingga siklus haid akan lancar.

2. Jahe

Jahe juga berkhasiat untuk memperlancar siklus haid. Caranya, cukup dengan meminum air jahe saja. Sebaiknya, minumlah teh jahe.

3. Seledri

Seledri atau batang seledri dapat merangsang aliran darah ke
pelvis dan uterus. Dengan demikian, hal itu akan menginduksi siklus haid.

4. Pepaya

Pepaya diyakini dapat memperlancar siklus haid. Buah pepaya menciptakan panas dalam tubuh. Selain pepaya, konsumsi pula mangga dan nanas.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon bersifat menstabilkan hormon dan meningkatkan siklus haid.

6. Kacang Almond

Kacang almond juga diyakini dapat melancarakan siklus haid. Kandungan nutrisi tinggi di dalamnya berguna untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

7. Biji Wijen

Bentuk biji wijen yang kecil, ternayta mampu menghasilkan panas tubuh. Sehingga siklus haid akan lancar.

Selain makanan di atas, yogurt, susu kedelai, tahu, serta telur juga baik dikonsumsi ketika haid karena akan mengurangi nyeri haid.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment