writing_as_professional_pesantren_penulis

Mau Jadi Penulis? Siapin Modalnya Dulu Yuk!

Saat ini banyak orang yang tertarik jadi penulis. Selain bisa terkenal dengan jalan ini, menulis pun bisa memberikan sumber penghasilan. Walaupun ada juga sih yang menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi atau sekedar menyalurkan unek-unek semata. Tapi, satu hal yang perlu jadi motivasi utama ketika menulis, dengan menulis kita bisa menyebarkan kebaikan bagi pembaca.

Nah, karena tujuan yang mulia itulah, maka tidak perlu ragu untuk jadi penulis. Kalau masalah materi yang akan kita dapatkan, anggap saja itu bonus dari Allah. Tapi, agar tulisan kita banyak yang baca dan mempu menginspirasi, tentunya tulisan kita harus layak baca, mudah dimengerti bahasanya dan menggunakan sudut pandang yang unik atau yang nggak biasa.

Kenapa hal seperti itu perlu kita lakukan? Sebelum pertanyaan ini dijawab, mungkin kita perlu bertanya dulu kepada diri kita sendiri, kalau kit abaca tulisan yang nggak enak rasanya gimana? Masih mau lanjut baca? Jangankan bisa dapat kebaikan dari apa yang dibaca, lha bacanya aja nggak sampai tuntas.

Oleh karena itu, untuk jadi penulis kamu harus menyiapkan segala sesuatunya dulu, baik itu persiapan untuk masalah teknis ketika menulis maupun persiapan keterampilan menulis yang perlu kamu kuasai. Bahasa lainnya sih kamu butuh modal untuk jadi penulis. Mau tau apa saja sih modal penulis itu? Kita lihat bersama yuk!

Siapkan Perbendaharaan Kosakata

2persen.wordpress.com

Untuk bisa menciptakan tulisan yang tidak membosankan, kamu perlu menyiapkan perbendahaaraan kosakata. Hal ini diperlukan agar kata-kata yang kamu rangkai tidak melulu menggunakan kata-kata yang itu lagi-itu lagi. Bagaimana cara memperbanyak kosakata? Jalan satu-satunya untuk hal ini adalah dengan membaca.

Selain itu, kamu pun bisa menyediakan kamus besar Bahasa Indonesia. Baik itu untuk memahami kosakata yang baru kamu baca atau untuk mencari padanan kata. Supaya tidak banyak kata yang berulang dalam satu kalimat. Hal ini berlaku baik itu ketika kamu menulis tulisan non fiksi atau tulisan fiksi.

Pengetahuan EYD

porosilmu.com

Supaya tulisan kamu enak dibaca, selain kosakata kamu pun perlu membekali dirimu dengan pengetahuan EYD atau ejaan yang disempurnakan. Walaupun sebenarnya ini adalah ranahnya editor. Tapi tidak ada salahnya jika seorang penulis memberikan yang terbaik terhadap hasil karyanya.

Lagi pula, kalau tulisan kamu berantakan, kasian editornya. Apalagi kalau nggak jelas titik komanya ada di mana. Belum lagi kalau tulisannya kebolak-balik susunan katanya. Bisa-bisa editornya jadi pusing tujuh keliling. Bisa-bisa kamu nggak akan ditawarin nulis lagi kalau keseringan begitu.

Buatlah Perpustakaan Pribadi di Rumah

ideaonline.com

Modal berikutnya yang mau nggak mau perlu kamu keluarkan adalah modal untuk membeli buku. Untuk bisa melihat sudut pandang yang oke terhadap sesuatu, maka kamu perlu banyak baca dan mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam.

Laptop

bisnismoo.com

Nah, kalau modal yang ini lebih ke sisi teknis. Untuk bisa menulis, maka kamu butuh laptop. Tentunya spesifikasi laptopnya disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu hanya berkutat dengan tulisan, kirim email atau posting sesuatu yang sederhana di media sosial, tentunya spesifikasi laptop yang kamu perlukan pun cukup yang sedang-sedang saja. Jadi kamu nggak perlu keluar uang banyak.

Koneksi Internet

esoftload.info

Zaman internet cepat seperti sekarang, kamu bisa mendapatkan informasi atau ilmu tidak hanya dari buku, tapi bisa juga kamu dapatkan dari internet. Apalagi kalau kamu menulis untuk media online, maka kamu butuh koneksi internet yang bisa menunjang pekerjaan kamu sebagai penulis.

Waktu Menulis

osolihin.net

Selain keterampilan atau pun sarana untuk menulis, kamu pun perlu menyiapkan waktu untuk menulis. Kenapa kamu perlu menyediakan waktu? Karena untuk mendapatkan tulisan yang baik, maka kamu perlu memikirkan dengan baik apa yang akan kamu tulis, mulai dari mempelajari materi yang akan kamu tulis maupun waktu untuk merangkai kata-katanya.

Satu pemikiran pada “Mau Jadi Penulis? Siapin Modalnya Dulu Yuk!

  1. betul banget..EYD itu penting..Namun, juga tidak selalu menjadi yang terpenting ya. Adakalanya kita lepas dari EYD, jika memang tulisan kita memang menggunakan bahasa gaul..hehehe..

Tinggalkan komentar