7 Masjid Terindah di Dunia yang Menjadi Ikon Peradaban Islam

Salah satu amal terpenting dalam agama Islam adalah ibadah shalat, bahkan shalat pula yang menjadi garis identitas keislaman seseorang.

Maka masjid sebagai tempat untuk menunaikan shalat juga merupakan bagian penting dari pengamalan ajaran Islam. Pada sejarahnya masjid bahkan tidak hanya sebagai tempat beribadah, tetapi juga untuk aktivitas sosial seperti pendidikan, pemerintahan dan ekonomi umat.

Fungsi masjid saja bisa berkaitan dengan budaya manusia, apalagi pada bangunan arsitekturnya, yang juga tidak lepas dari perkembangan kebudayaan masyarakat.

Masjid kadang juga dianggap sebagai tolak ukur peradaban Islam, seberapa besar kualitas dan kuantitas umat muslim di suatu tempat.

Maka tak ayal jika umat muslim banyak yang menghendaki agar masjid-masjid yang menjadi ikon dibangun sebagus dan seindah mungkin.

Bukan bermaksud untuk bermegah-megahan semata atau bahkan untuk pamer kehebatan, semua ditujukan agar umat muslim semakin nyaman dan rindu selalu untuk beribadah ke masjid.

Penasaran seperti apa saja masjid terindah di dunia? Berikut ini adalah masjid paling indah yang sedunia itu.

Masjidil Haram, Mekkah

hambaallah.com

Siapa umat muslim yang tidak tahu masjid ini, semua muslim bahkan becita-cita untuk menunaikan ibadah di masjid ini. Ya, disinilah kiblat umat muslim Ka’bah berada.

Selain disebut sebagai masjid termegah, Masjidil Haram juga dianggap paling indah di dunia. Dengan menara pencakar langit dan 492 tiang yang indah dan kokoh, serta balutan marmer cantik.

Keindahan lain Masjidil Haram adalah ketika jutaan manusia beribadah memutari ka’bah atau ketika semuanya shalat menghadap Ka’bah. Satu-satunya masjid yang shalat jama’ahnya tidak lurus dan melingkar.

Masjid Nabawi, Madinah

gambaru.me

Seperti namanya yang berarti masjid Nabi Muhammad SAW, pastinya adalah masjid paling bersejarah dalam Islam. Masjid nabawi menjadi saksi dakwah Rasulullah menyampaikan risalah kepada para sahabat.

Masjid kedua yang dibangun umat muslim ini selain disebut masjid termegah, juga dianggap paling indah di dunia. Itu terlihat dari lantai, arsitektur bangunan dan menaranya. Paling menarik adalah 27 kubahnya yang bisa dipindahkan.

Masjid Hassan II, Casablanca, Maroko

gambaru.me

Masjid ini dibangun pada tahun 1982 oleh arsitek terkenal asal Prancis Michael Pinseau. Masjid ini yang dapat menampng 25.000 jamaah ini sangat indah seperti mengampung dalam lautan luas.

Masjid ini dibangun di tanah reklamasi di atas laut Atlantik. Dengan menara yang besar dan tingginya mencapai 210 meter, membuat masjid tampak seperti bangunan raksasa yang berada di laut.

Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

mosthdwallpapers.com

Dengan melihat gambarnya saja kamu sudah akan merasakan betapa indahnya masjid yang ada di ibukota Pakistan. Ini masjid dengan arsitektur modern baik eksterior maupun interiornya. Dirancang oleh arsitek kenamaan dari Turki, Vedat dalokay.

Keindahan masjid ini terlihat dari kubahnya yang berbentuk lancip, tidak mainstream. Makin indah lagi dengan 4 menara yang menjulang tinggi seperti pensil. Sisi lain keindahan ada pada desain interior dengan garis, lekukan, dan pencahayaan yang menarik.

Pantas saja jika sang arsitek dianugerahi penghargaan dari Aga Khan Arsitektur atas keberhasilan membangun Masjid Faisal ini.

Masjid Ahmed Camii, Instanbul, Turki

gambaru.me

Turki yang pernah menjadi pusat peradaban Islam selama berabad-abad, tentu saja turut menyumbangkan sejumlah karya arsitektur masjid terindah. Salah satunya adalah Masjid Ahmed Camii yang terletak di kota Instanbul.

Keindahan masjid ini terlihat pada bentuk kubahnya yang begitu besar dan tinggi. Luas diameternya mencapai 23 meter, sedangkan tingginya mencapai 43 meter.

Keindahan paling utama ada pada interiornya. Dengan dominasi warna biru yang indah di bagian interior, 230 jendela kaca yang memantulkan cahaya dengan apik, serta hiasan kaligrafi terbaik di Turki, membuat masjid yang berjuluk blue mosque ini dianggap sebagai masjid terindah di dunia.

Masjid Syeikh Zayed, Abu Dhabi, UEA

gambaru.me

Masjid ini memang betul-betul dirancang untuk menjadi masjid yang terindah di dunia. Dimulai dari menaranya yang tinggi, kubah cantik berjumlah 82 buah, serta lantai marmer pualam yang memiliki corak yang begitu indah.

Belum lagi di bagian interior kamu akan tersihir dengan karpet mewah, tiang-tiang berlapis marmer, serta 7 buah lampu kristal swarovski dari Jerman yang harganya sampai puluhan milyar.

Masjid Baiturrahman, Aceh, Indonesia

id.wikipedia.org

Keindahan masjid ini sudah diakui dan terkenal di Indonesia. Letak keindahannya bukan karena kemegahannya, bukan karena lapisan emas dan kristal. Justru letak keindahannya ada pada seni arsitekturnya yang begitu original dan mewarisi peradaban Islam di masa lampau.

Masjid yang memiliki 7 kubah ini makin disorot dan mengundang ketakjuban ketika terjadi bencana tsunami tahun 2004. Saat itu hampir semua bangunan luluh lantah disekitar c, namun masjid ini dengan kokohnya masih tegak bediri melindungi sebagian warga yang ada di dalamnya.

Tinggalkan komentar