7 Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Kita

Curcuma Xanthorriza atau yang akrab kita kenal dengan temulawak, telah dipercaya berkhasiat untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh sejak jaman nenek moyang kita dulu. Tanaman yang masih keluarga dengan jahe, kunyit dan lengkuas ini, adalah tanaman khas asia lho. kamu bisa menemukannya dengan mudah di belahan benua asia seperti cina, india, korea dan tentunya indonesia. Tidak hanya di Indonesia, di negara tersebut juga, temulawak digunakan juga untuk keperluan kesehatan, dan sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu.

Temulawak dikenal sebagai tumbuhan obat tradisional, seiring dengan perkembangan di dunia kesehatan, temulawak ini sudah terbukti juga secara klinis. Bahkan tanaman khas ketimuran ini terkenal juga lho di bidang kesehatan oleh dunia barat.

Pamornya temulawak sebagai tanaman herbal kelas dunia, dengan mudah bisa kita dapatkan di Indonesia. Apa saja sih manfaat tanaman herbal ini, yuk kita simak berikut ini:

 

Membersihkan Hati

gigisusu.net
gigisusu.net

Hati yang sehat adalah hati yang bersih. Kandungan katagoga dalam temulawak bermanfaat untuk merangsang hati memproduksi enzim pada empedu. Empedu berfungsi membantu tubuh untuk membuang limbah beracun sehingga mudah di proses dan dikeluarkan oleh tubuh.

Memperbaiki Pencernaan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Empedu dilepaskan ke usus dua belas jadi saat melakukan proses pencernaan. Seperti hal-nya kunyit, temulawak berkhasiat mengatasi perut kembung. Empedu juga berfungsi untuk menghancurkan lemak. Lemak yang berlebihan bisa menghambat proses pencernaan.

Menurunkan Kolesterol

www.fitbug.com
www.fitbug.com

Tidak semua kolesterol itu jahat. Kolesterol jahat yang kita kenal dengan LDL, sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menghambat aliran darah. Kolesterol jahat ini yang sering jadi pemicu penyakit jantung. Tapi ternyata ada kolesterol baik juga lho, biasa kita sebut dengan HDL. Zat kurkumain dalam temulawak bisa membuang kolesterol jahat keluar dari tubuh. Sehingga peran HDL lebih baik berperan dalam menjaga tubuh tetap seimbang.

Mengurangi Nyeri dan Radang Sendi

www.sehatfresh.com
www.sehatfresh.com

Semakin bertambah usia, sering kita mengalami radang sendi. Rasa sakit yang ditimbulkan luar biasa dan sangat mengganggu aktifitas. Kalau selama ini kamu menggunakan obat farmasi fenibuzaton untuk menghilangkan nyeri radang sendi, kini kamu bisa menggantinya dengan temulawak. Kandungan kurkumin pada temulawak sama khasiatnya dengan fenibuzaton 100mg. Tentu saja dengan temulawak tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Mencegah Kanker

everybody.si.edu
everybody.si.edu

Kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak terkontrol, sehingga kanker ini bersifat parasit. Tanaman herbal temulawak yang kaya akan antioksidan bisa mencegah pertumbuhan kanker yang berbahaya. Hasil penelitian dari University of Maryland Medical Center menjelaskan antioksidan pada tanaman herbal bisa mencegah pemasokan makanan kepada sel kanker, artinya sel kanker tersebut tidak bisa tumbuh menjadi jaringan.

Menyembuhkan Hepatitis

www.biospectrumindia.com
www.biospectrumindia.com

Temulawak dipercaya dan terbukti sebagai tanaman herbal penyembuh hepatitis sejak dahulu. Seperti yang dijelaskan pada poin kesatu, temulawak bisa membersihkan dan memperbaiki cara kerja hati. Caranya sangat simpel, rebus setengah liter air bersama temulawak ukuran 2 jari yang telah dikupas dan diiris. Campurkan dengan madu atau gula aren agar rasanya lebih nyaman di lidah. Lalu minum 2 gelas sehari untuk penderita penyakit hepatitis.

Mengurangi Resiko Penyakit Ginjal

deraskatresna.wordpress.com
deraskatresna.wordpress.com

Darah yang kotor membuat kerja ginjal semakin berat, zat yang harusnya dibuang oleh tubuh justru mengendap pada ginjal. Hal inilah salah satu penyebab terjadinya batu ginjal. Dengan khasiat temulawak yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, kamu bisa mempraktekkannya dengan mudah dirumah. Yaitu rebus 4 gelas air, campurkan 2 jari temu lawak, segenggam daun kumis kucing dan daun meniran. Untuk menghilangkan rasa pahit, bisa ditambahkan gula aren atau madu.

Leave a Comment