Manfaat Senam Kegel

6 Manfaat Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

Senam kegel adalah salah satu olahraga yang melatih kontraksi kecil yang biasa terjadi di dalam otot dasar panggul. Karena diketahui dapat menguatkan uretra, rahim, kandung kemih, dan dubur. Senam kegel pertama kali dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel yang dikenal sebagai seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an.

Dimana pada pengembangannya, senam ini dilatar belakangi oleh pasien wanita saat proses persalinan yang kadang sering tidak mampu menahan keluarnya air seni. Melihat hal itu, timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami kembali hal yang sama.

Senam kegel ternyata tidak dikenal dan hanya bisa dipraktekan oleh wanita saja justru bagi para pria, merekapun bisa melakukannya. Entah itu yang sudah memiliki pasangan atau belum memiliki pasangan. Hal ini terjadi karena selain tujuannya dalam meningkatkan kualitas kehidupan seksual, juga mampu menyehatkan organ intim yang dapat membantu mengatasi gangguan saluran kemih. Adapun 6 manfaat senam kegel bagi pria dan wanita adalah sebagai berikut:.

 

Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga Kebugaran Tubuh
orkesnews.blogspot.com

Jika kamu sering melakukan pelatihan ini secara teratur, kebugaran pada tubuh akan selalu terjaga. Karena, dengan senam kagel otot kamu akan menjadi terasa lebih kuat khususnya pada bagian panggul. Sehingga, dengan memiliki otot panggul yang kuat akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan selalu terlihat bugar.

Mengurangi Masalah Inkontinensia Urine

nisrina.co.id

Senam kegel dipercaya dapat membantu mengurangi masalah inkontinensia urine, karena diketahui bahwa Inkontinensia urine adalah masalah hilangnya kontrol pada kandung kemih yang menyebabkan akan terjadi masalah ngompol akibat susah untuk menahan buang air kecil, jauh lebih parah jika usia semakin bertambah, baik itu pria dan wanita akan mengalami yang namanya inkontinensia urine yang dapat mengakibatkan lemahnya otot pada dasar panggul. Sehingga solusi untuk mengatasi seblum datang masa penyikt itu, seringlah melakukan latihan pemansan senam kagel.

Mencegah “Ngompol Kecil”

welsonfrekzinartaputra.blogspot.com

Terkadang saat sedang batuk atau tertawa, banyak dari wanita atau pun pria mengalami yang namanya “ngompol kecil” hal ini secara tidak sadar akan keluar begitu saja. Namu, jika senam kegel dipraktekkan atau dilakukan secara rutin, sehingga “ngompol kecil” pun dapat teratasi sekaligus dapat memperbaiki otot panggul begitu sangat erat kaitannya dengan kantung kemih.

Mencegah Ambeien Atau Wasir

buletinsehat.com

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang dikenal dengan melebarnya pembuluh darah (vena) di daerah sekitar dubur. Penyakit ini pun timbul karena kurangnya jumlah serat-serat alami yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan konsistensi tinjanya menjadi keras. Tentu jika kita rasakan, ini menjadi hal yang begitu mengganggu jika sampai terjadi pada kita. Maka dari itu, senam kagel adalah solusi yang tepat untuk menghindari sebelum datanganya penyakit yang takaan kunjung sembuh. Jadi resiko penyakit ambeien atau wasir dapat dikurangi dengan merutinkan senal kagel yang dapat menguatkan otot panggul.

Meningkatkan Kepuasan Berhubungan Intim

mykedaionline.com

Sudah tidak diragukan bahwa senam kegel dapat juga meningkatkan kepuasan pada saat berhubungan intim bersama pasangan. Karena daya otot mencengkeram bagi wanita akan semakin kuat termasuk meningkatkan daya tahan kelamin bagi kaum pria.

Memudahkan Proses Persalinan Normal

youtube.com

Senam kegel juga dapat memudahkan saat proses persalinan bagi Ibu yang akan melahirkan, karena senam ini mampu menguatkan otot-otot dasar pada panggul sehingga sirkulasi darah di sekitarnya (vagina dan dubur) berlangsung lebih lancar. Dengan menguatkan otot pada panggul, saat mengejan yang dibutuhkan oleh Ibu hamil ketika melahirkan akan terasa lebih singkat sehingga memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalannya lahir

Ini hanya sebagian dari manfaat senam kagel yang dilakukan, masih banyak beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat kamu melakukannya secara rutin bersama pasangan.

Leave a Comment