10 Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Propolis lebah mempunyai sifat antioksidan yang tinggi. Bahkan sifat antioksidan pada propolis ternyta mengalahkan kandungan antioksidan pada buah-buahan lainnya. Tingkat perbedaan sampai beratus-ratus kali lipatnya. Bukankah hal ini begitu luar biasa?

Lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari propolis ini? Langsung saja, yuk mari kta simak dengan seksama.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com
tokoherbalacemaxs.com

Propolis mempunyai sifat perlindungan lebah dari bakteri. Adapun manfaat yang bisa diperoleh adalah berperan dalam menjaga tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Menurut seorang ilmuwan bernama John Diamond MD, propolis ini bisa menstimulus aktifnya kelenjar thymuts pada tubuh sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Mengatasi Penyakit Mulut dan Tenggorokan

harianlampung.co.id
harianlampung.co.id

Masalah mulut serta tenggorokan yang seringkali terdapat pada tumpukan bakteri dan virus ini bisa memicu berbagai macam penyakit yang menyerang mulut dan tenggorokan. Infeksi pada mulut dan tenggorokan merupakan salah satu indikasi adanya serangan bakteri. Tim riset Rusia memaparkan bahwa propolis memiliki kandunga mineral, vitamin, dan zat antibiotik alami yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah mulut dan tenggorokan.

Mengatasi Penyakit Jantung

www.hipwee.com
hipwee.com

Propolis memiliki sifat antioksidan yang mampu mengatasi penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Seorang dokter dari rumah sakit Lien Yu Chine bernama Dr. Fang Chu, dia menjelaskan bahwa propolis baik untuk penderita sakit yang disebabkan konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam darah. Contohnya seperti penyakit jantung.

Menurunkan Resiko Darah Tinggi

obatpenurundarahtinggialami.web.id
obatpenurundarahtinggialami.web.id

Penyakit lainnya yang sering diakibatkan oleh serangan radikal bebas adalah tekanan darah tinggi. Konsentrasi lemak jahat (LDL) dalam darah akan menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kemudian proses sirkulasi darah pada jantung menjadi terganggu. Hal ini membuat tekanan darah menjadi naik. Dalam propolis terdapat kandungan antikosidan lebah yang bermanfaat untuk menurunkan konsentrasi lemak yang tinggi.

Menghilangkan Rasa Nyeri

kompas.com
kompas.com

Dalam propolis terdapat kandungan bioflavonoid dan vitamin C yang efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul di kaki, tangan, dan punggung. Hal ini sangat baik bagi kamu yang mengalami cedera ketika berolahraga. Cedera yang diperoleh tentu menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa. Nah, dengan mengonsumsi propolis maka hal itu bisa diatasi.

Baik untuk Regenerasi Sel

Menjaga Kesehatan Tulang
quantumleapwellness.com

Kandungan asam amino, mineral, dan vitamin D dalam propolis bisa membantu regenerasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik. Artinya, kekuatan tulang dan gigi akan tetap terjaga. Sehingga kamu akan terhindar dari resiko terkena osteophorosis.

Suplemen Harian yang Alami

www.gilasport.com
gilasport.com

Kini propolis lebah banyak dijadikan sebagai suplemen yang dapat dikonsumsi setiap hari. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan alami yang sangat baik dan minim resiko. Contohnya seperti asam amino, vitamin, mineral, dan bioflavonoid membuat propolis sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kamu setiap harinya.

Mengatasi Thypus

ramepedia.com

Propolis mempunyai sifat antibiotik alami yang tidak memiliki efek samping. Propolis ini sangat baik untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan virus yang tertelan bersama makanan, misalnya penyakit thypus.

Obat Diare

legallyfabulous.blogspot.co.il
legallyfabulous.blogspot.co.id

Bakteri E.Colli yang menyebabkan diare ternyata dapat diobati menggunakan propolis. Kamu dapat mengonsumsi propolis dalam bentuk obat tetes untuk mengobati diare.

Mengurangi Bau Ketiak

lkc.or.id
lkc.or.id

Bakteri dan jamur yang berada pada lipatan ketiak bisa menyebabkan ketiak bau. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh propolis dapat digunakan untuk mengatasi ketiak kamu dari bakteri dan jamur. Salah satu produk propois yang sudah banyak diproduksi untuk mengatasi bau ketiak adalah sprei propolis.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat propolis. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

 

Leave a Comment