Ternyata Manfaat Daun Pandan Wangi Tak Hanya Sebagai Pewarna Makanan Saja

Pandan wangi merupakan jenis tumbuhan monokotil dari keluarga Pandanaceae yang mempunyai daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komposisi penting dalam tradisi masakan Indonesia maupun negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tumbuhan ini mudah ditemui di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan mempunyai akar tunggang yang menopang tumbuhan ini jika telah cukup besar. Daunnya panjang hampir mirip daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya hingga mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Sekarang sangat mudah untuk menemukan daun pandan wangi ini karena sudah banyak orang yang menanamnya di pekarangan rumah. Jika anda berminat untuk menanam tanaman pandan wangi di halaman rumah  untuk cara budidayanya tidak terlalu sulit, anda hanya cukup memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar.

dailymoslem.com
dailymoslem.com

Manfaat pandan wangi  ini adalah bisa berguna untuk zat pewarna alami makanan serta memiliki wangi yang khas. Pandan wangi biasanya digunakan sebagai bahan membuat kue, martabak, donat dan lain-lain.

Selain sebagai pewarna dan pewangi alami makanan, pandan wangi ini sekarang sangat berguna sebagai bahan obat tradisional. Pandan wangi dapat mengobati rematik, pegal linu, gelisah dan mengobati lemah saraf, serta berguna untuk menyehatkan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok dan mengatasi ketombe.

Itulah ulasan tentang manfaat pandan wangi, selain sebagai pewarna dan pewangi makanan ternyata tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Leave a Comment